Sponsors Link

20 Buah Buahan untuk Obat Sakit Kepala yang Berkepanjangan

Sponsors Link

Buah buahan untuk obat sakit kepala merujuk pada berbagai macam buah-buahan yang konsumsinya diketahui dapat mengobati sakit kepala. Sakit kepala banyak disebabkan oleh berbagai hal yang berpengaruh dengan nutrisi. Ternyata pencukupan nutrisi ini beberapa juga sangat berkaitan dengan konsumsi buah-buahan.

ads

Konsumsi dari buah-buahan diharapkan mampu mencukupi kebutuhan nutrisi seseorang dan mengobati sakit kepala. Sakit kepala yang dapat diatasi dengan buah-buahan sangatlah bermacam-macam jenisnya. Setidaknya terdapat 20 buah buahan untuk obat sakit kepala yang dapat anda konsumsi:

1. Semangka

Semangka dalam pengucapannya dikenal juga dengan nama tembikai. Nama latin dari semangka adalah Citrullus lanatus. Tanaman semangka masih termasuk ke dalam suku timun-timunan atau yang juga disebut sebagai Cucurbitaceae. Itulah sebabnya mengapa semangka adalah tanaman yang termasuk dalam tanaman yang merambat. Semangka disebut-sebut berasal dari daerah setengah gurun di negara-negara benua Afrika bagian selatan. Semangka merupakan buah yang baik untuk mengobati sakit kepala. Biasanya, semangka dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat menjadi jus.

Kandungan dalam semangka diketahui kaya akan kalori dan air. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan karbohidrat, mineral, protein, serat, dan berbagai vitamin. Kelebihan dari semangka adalah tidak adanya kandungan lemak dan kolesterol di dalamnya. Vitamin yang banyak terkandung dalam semangka adalah vitamin A, B, dan C. Semangka diketahui juga kaya akan kalium, zat besi, magnesium, dan fosfat. Itulah mengapa semangka baik untuk mengobati sakit kepala. Selain itu, semangka juga mengandung anti-oksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Sakit Kepala Cluster.

2. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah buahan untuk obat sakit kepala. Nama suku dari tanaman pisang ini adalah Musaceae. Tanaman pisang juga dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu Musa acuminataM. balbisiana, dan M. ×paradisiaca. Ketiganya memiliki fungsi untuk menghasilkan buah konsumsi. Buah ini tersusun dalam tandan yang kemudian mencakup juga kelompok-kelompok yang disebut sebagai sisir.

Warna dari buah pisang memiliki warna dominan yaitu kuning ketika sudah matang, selain itu ada juga beberapa yang berwarna jingga, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Kandungan dalam buah pisang diketahui sangat kaya akan berbagai nutrisi yang menjadi sumber energi. Beberapa jenis kandungan tersebut antara lain adalah karbohidrat, mineral, dan tentunya kalium. Kandungan kalium inilah yang bermanfaat untuk mengobati sakit kepala pada seseorang.

Baca juga: Jenis Sakit Kepala.

3. Melon

Melon merupakan satu lagi buah yang berasal dari keluarga Cucurbitacaea. Buah ini diketahui memiliki rasa yang lezat dan juga segar. Melon juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Beberapa manfaatnya adalah menyembuhkan sakit kepala, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, memelihara kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, menjaga kesehatan paru-paru, mencegah arthritis dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sama seperti Semangka, Melon diketahui berasal dari benua Afrika, negara Iran, dan juga India. Akan tetapi, saat ini melon telah menyebar hingga ke berbagai belahan dunia termasuk juga Indonesia. Buah Melon dapat tumbuh di mana saja dengan ciri-ciri buah yaitu ukurannya besar, bentuknya bulat, dan beratnya sekitar 500 gram per buahnya.

Kandungan dalam buah Melon yang termasuk ke dalam beberapa jenis makanan popular ini cukup banyak. Melon diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, Niacin, serat, dan asam folat. Konsumsi melon banyak digunakan sebagai hidangan pembuka ataupun untuk salad buah di akhir konsumsi. Daging melon yang lunak,  renyah, dan segar ini sangat menyegarkan jika dihidangkan pada saat cuaca sedang panas terik.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala.

4. Alpukat

Alpukat atau yang juga dikenal dengan nama apokat atau avokad merupakan buah yang konsumsinya cukup populer di Indonesia. Buah ini khususnya populer dengan cara penyajian sebagai jus. Rasa dari buahnya yang nikmat dan lezat, serta warnanya yang indah dan khas membuat buah ini menjadi idola konsumsi buah di Indonesia. Nama latin dari buah alpukat adalah  Persea americana. Buah alpukat diketahui merupakan satu dari buah untuk obat sakit kepala.

Buah Alpukat diketahui sangat kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dikenal dengan nama karetanoid. Kandungan karetanoid ini sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Selain itu, alpukat juga diketahui memiliki kandungan 25 nutrisi yang paling tubuh butuhkan. Berikut ini beberapa di antaranya, Vitamin A, B, C, E, dan K, magnesium, zat besi, fosfor, dan mineral lainnya.

Baca juga: Bagian Bagian Kepala.

Sponsors Link

5. Apel Hijau

Apel hijau adalah salah satu jenis buah apel yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Kandungan dari buah apel hijau pun diketahui menjadikan buah apel hijau sebagai buah buahan untuk obat sakit kepala. Buah ini pun diketahui mudah dan murah untuk dimiliki setiap orang. Apel hijau ini pun bukanlah buah musiman, sehingga dapat dinikmati pada musim apapun. Ciri-ciri dari buah apel hijau adalah terdapat pada rasanya yang lebih kecut dari apel pada umumnya, bentuk dari apel ini bulat dan ukurannya kecil, serta warnanya tentu adalah hijau.

Kandungan yang terdapat pada buah apel hijau ini sangatlah kaya. Beberapa kandungan utamanya mencakup beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, C, D, E dan K. Selain itu, apel hijau juga diketahui kaya akan serat, folat, kalium, kalsium, zat besi, dan natrium. Kandungan inilah yang menyebabkan apel hijau merupakan obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang.

Baca juga: Sakit Kepala Terus Menerus.

6. Jagung

Jagung adalah satu lagi dari jenis buah buahan untuk obat sakit kepala yang diketahui cukup ampuh khasiatnya. Buah dengan nama latin Zea mays ssp. Ini adalah salah satu hasil tanaman yang banyak dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat seseorang. Selain itu, jagung juga banyak dijadikan bahan baku berbagai jenis olahan makanan yang lezat juga nikmat.

Jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya untuk mengobati sakit kepala. Kandungan jagung inilah yang berperan dalam menghasilkan berbagai jenis manfaat tersebut. Seperti yang mungkin sudah diketahui, jagung mayoritas mengandung karbohidrat. Selain itu, jagung juga banyak mengantung protein, vitamin, dan mineral. Vitamin A dan B1 merupakan salah satu kandungan dari jagung dan kalsium dan fosfor pun merupakan kandungan jagung yang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala yang sering muncul.

Baca juga: Sakit Kepala di Ubun-Ubun.

7. Pepaya

Pepaya adalah buah yang memiliki nama latin Carica papaya. Jenis buah ini dikenal juga di Indonesia dengan nama betik. Asal mula buah pepaya ditemukan tumbuh di daerah Meksiko Selatan dan juga Amerika Utara. Pepaya diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Anda dapat mengonsumsi pepaya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi rujak dan salad.

Pepaya diketahui mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Beberapa nutrisi tersebut antara lain adalah vitamin, protein, mineral, dan senyawa fitokimia lainnya. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam pepaya antara lain adalah vitamin A, Vitamin B, Vitain C, Vitamin E, dan Vitamin K. Selain itu, pepaya juga mengandung magnesium, kalium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan kepala.

Baca juga: Sakit Kepala saat Hamil.

8. Kentang

Kentang dengan nama latin yaitu Solanum tuberosum L. adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari suku Solanaceae. Tanaman ini menghasilkan umbi batang yang dapat dikonsumsi dan dikenal dengan nama kentang. Umbi dari kentang atau buahnya tanaman kentang merupakan salah satu jenis makanan pokok yang utama bagi masyarakat Eropa. Kentang pun diketahui memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan manusia.

Kandungan dalam kentang diketahui sangat kaya akan berbagai nutrisi yang menjadi sumber energi. Selain karbohidrat, beberapa jenis kandungan kentang yang populer tersebut antara lain adalah vitamin, mineral, dan tentunya kalium. Kandungan kalium inilah yang bermanfaat untuk mengobati sakit kepala pada seseorang.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Tradisional.

Sponsors Link

9. Tomat

Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum. Tanaman ini masih bagian dari keluarga Solanaceae, yaitu tumbuhan yang berasal asli dari Amerika Tengah juga Amerika Selatan. Tomat pun diketahui banyak berasal dari Meksiko sampai Peru. Tomat memiliki siklus hidup singkat yang singkat. Dalam pertumbuhannya tomat dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 1 hingga 3 meter. Warna buah tomat ini bisa saja hijau, kuning, ataupun merah. Tomat juga mempunyai batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena kandungan Alkaloid di dalamnya.

Tomat diketahui kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya antara lain adalah protein, vitamin B1, B2, B3, dan C, kalsium, zat besi, natrium, kalium, fosfor, serat, dan air. Tomat juga diketahui mengandung senyawa karoten yang baik untuk membentuk provitamin A serta Lycoppen yang berfungsi untuk mencegah kanker menyerang. Kandungan kalium pada tomat adalah yang berfungsi untuk mengobati sakit kepala.

Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

10. Wortel

Wortel merupakan tumbuhan yang sering diperdebatkan apakah sayuran atau buah-buahan? Tumbuhan memiliki siklus hidup antara 12 – 24 bulan dengan melakuka penyimpanan sejumlah karbohidrat untuk mendukung pertumbuhan menjadi berbunga setelah tahun kedua. Batang dari bunga wortel ini dapat tumbuh hingga sekitar 1 m, warna bunga tumbuhan wortel adalah putih, dan buahnya berwarna oranye, sementara rasanya yang manis.

Kandungan dalam buah wortel sangat kaya akan berbagai nutrisi. Nutrisi tersebut antara lain adalah serat, mineral, dan antioksidan. Ciri khas dari wortel adalah warnanya yang oranye terang. Warna ini merupakan warna yang berasal dari beta-karoten. Karoten ini merupakan provitamin A yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Wortel sangat kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi, belum lagi kandungan sodiumnya. Untuk itulah wortel sangat disarankan menjadi konsumsi ketika sakit kepala.

Baca juga: Obat Vertigo Alami.

11. Anggur

Anggur adalah buah yang berbentuk perdu dan tumbuh merambat. Buah ini masih termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Anggur umumnya digunakan untuk dikonsumsi sebagai jus anggur, diolah menjadi jelly, ataupun minuman yang terbuat dari anggur. Tidak jarang juga anggur dikonsumsi secara langsung setelah dicuci. Anggur diketahui memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan dalam buah anggur kaya akan antioksidan. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup banyak. Mineral yang terkandung dalam buah Anggur antara lain adalah kalium, yodium, kalsium, mangan, seng, selenium, juga beberapa senyawa gula alami seperti dektrosa dan glukosa. Kandungan mineral inilah yang membuat anggur baik dikonsumsi saat sedang sakit kepala.

Baca juga: Vertigo.

12. Jeruk

Buah Jeruk merupakan salah satu buah-buahan yang bermanfaat menjadi obat sakit kepala. Buah dengan bentuk yang bulat ini, umumnya memiliki warna kulit oranye terang. Namun, tidak jarang juga ada jeruk yang berwarna kehijauan. Jeruk diketahui memiliki aroma yang khas yang dapat  memudahkan seseorang menebak buah jeruk walau tidak melihat wujudnya. Buah Jeruk memiliki rasa yang manis bercampur asam. Rasa ini sangat fresh untuk menghilangkan sakit kepala yang mengganggu.

Kandungan dalam buah jeruk di antaranya adalah vitamin B1, vitamin A, serat pangan pektin, folat, juga antioksidan flavanoid beta-karoten, zeaxanthin, beta cryptoxanthin,  dan lutein. Lebih lanjut, jeruk juga mengandung mineral seperti potasium, asam pantotenik, tembaga, dan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari sakit kepala.

Baca juga: Sakit Kepala pada Anak.

13. Kelengkeng

Kelengkeng (juga disebut lengkeng, longan, matakucing, dan Dimocarpus longan) masih merupakan keluarga dari Sapindaceae. Buah ini adalah buah berbentuk bulat kecil yang diperkirakan berasal dari daratan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

ads

Buah kelengkeng diketahui sangat manis karena mengandung berbagai macam gula seperti sukrosa dan glukosa. Selain itu, kelengkeng juga mengandung protein, vitamin A, dan vitamin B. Buah kelengkeng memiliki banyak manfaat seperti mengobati sakit kepala, menyehatkan usus, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengatasi keputihan dan hernia, dan memperbaiki proses penyerapan makanan.

Baca juga: Efek Sakit Kepala Sebelah.

14. Sawo

Buah untuk mengobati sakit kepala selanjutnya adalah Sawo manila dengan nama latin Manilkara zapota. Buah ini memiliki pohon yang umurnya sangat panjang. Buah ini berbentuk bulat dan memiliki warna kulit yang kurang menggiurkan dibandingkan buah-buah lain. Namun, rasa dari buah ini sangat lezat dan manfaatnya pun sangat banyak.

Buah sawo diketahui sangat kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dikenal dengan nama karetanoid. Kandungan karetanoid ini sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Selain itu, sawo juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya, Vitamin A, B, C, E, dan K, magnesium, zat besi, fosfor, dan mineral lainnya.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

15. Kiwi

Buah Kiwi adalah salah satu jenis buah beri yang dapat dikonsumsi. Tanaman ini tumbuh dengan merambat berkayu dan termasuk dalam genus Actinidia. Diperkirakan buah kiwi berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Bentuk buah kiwi ini normalnya adalah membentuk oval, tidak jarang ada juga buah kiwi yang berbentuk bulat. Ukuran normal dari buah kiwi kira-kira sebesar telur ayam.

Kandungan nutrisi dalam buah kiwi kaya akan vitamin A, B, C, dan E (atau dalam nama lainnya adalah niacin, vitamin B6, dan folat). Selain itu, buah kiwi juga mengandung kalium, serat dan magnesium. Kandungan buah kiwi ini sangat baik untuk menyembuhkan sakit kepala.

16. Pir

Pir adalah sebutan yang digunakan untuk menamai salah satu pohon dari genus Pyrus. Selain pohonya, buahnya yang dihasilkan pun diberi nama yang sama. Buah ini mengandung banyak air sehingga rasanya sangat segar juga manis. Kandungan dari buah pir juga baik untuk kesehatan.

Kandungan dalam buah Pir diketahui memiliki manfaat yang baik sebagai obat sudah cukup lama, yaitu selama ribuan tahun sebelumnya. Buah Pir memang mengandung banyak mineral, vitamin, dan kandungan senyawa lain yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari buah pir adalah untuk mengobati sakit kepala.

Baca juga: Sakit Kepala Bagian Depan.

17. Delima

Delima dengan nama latin Punica granatum adalah buah yang memiliki kemampuan bertumbuh tinggi hingga mencapai 5-8 m. Tanaman buah ini diperkirakan berasal dari negara Iran. Seiring dengan perkembangannya, buah pir sudah banyak ditanam di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kandungan dalam buah Delima antara lain adalah vitamin C, sejumlah 17% dari kebutuhan harian manusia. Selain itu, buah delima juga dapat memberikan asupan vitamin K, E, B kompleks bagi tubuh. Kandungan mineral dalam buah delima antara lain adalah potasium, fosfor, mangan, dan mineral lainnya.

Baca Juga: Sakit Kepala Belakang.

18. Mangga

Mangga atau merupakan sejenis buah yang memiliki pohon dengan nama yang sama. Mangga termasuk ke dalam keluarga Mangifera, dengan nama latin Mangifera indica. Buah mangga memiliki rasa yang lezat dan juga kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Mangga kaya akan kandungan vitamin A dan C. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin B6, E, dan K. Mangga pun kaya akan mineral seperti potassium, tembaga. magnesium, selenium, zat besi, kalsium, mangan, serta fosfor. Kandungan mineral ini sangat baik untuk mengobati sakit kepala.

19. Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang masih tergolong dalam jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini diperkirakan berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Akan tetapi, buah naga  saat ini sudah banyak dibudidayakan di beberapa negara-negara Asia termasuk juga Indonesia.

Buah naga diketahui sangat kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dikenal dengan nama karetanoid. Kandungan karetanoid ini sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Selain itu, aga juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya, Vitamin A, B, C, E, dan K, magnesium, zat besi, fosfor, dan mineral lainnya.

Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala.

20. Sirsak

Buah sirsak bukanlah termasuk dalam buah sejati. Ukuran dari buah ini cukup besar mencapai hingga 20–30 cm dengan berat sekitar 2,5 kg. Daging buah sirsak memiliki warna putih dan bijinya berwarna hitam. Buah ini sering diolah menjadi jus dan juga bahan baku es krim.

Buah sirsak memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak, khususnya karbohidrat jenis fruktosa. Kandungan lain dalam buah sirsak adalah vitamin C, vitamin B1, juga vitamin B2 yang cukup banyak. Bermacam-macam kandungan ini diketahui baik untuk mengobati sakit kepala pada seseorang.

Itulah tadi 20 buah buahan untuk obat sakit kepala yang dapat anda coba. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan kepala anda. Selamat mencoba dan miliki tubuh sehat anda.

, , , ,
Oleh :