Sponsors Link

5 Akibat Benturan Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Setiap bagian bagian kepala merupakan salah satu organ yang penting dan harus dijaga kondisinya agar tidak mengalami berbagai macam bentuk pemasalahan. Kondisi ini dikarenakan kepala merupakan bagian yang terdiri dari beberapa organ dengan fungsi utama dan penting dalam setiap aktivitas manusia. Di dalam tengkorak kepala terdapat otak yang berperan sebagai pusat sistem syaraf dan kecerdasan manusia yang mengontrol segala aktivitas manusia setiap harinya.

ads

Selain otak, masih ada organ penting lainya diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, mulut sebagai awal masuknya pencernaan kedalam tumbuh manusia guna pemenuhan nutrisi dan makanan untuk kehidupan, hidup sebagai indera penciuman dan alat penafasan, kuping sebagai indera penderangan manusia, dan berbagai organ lainnya. Adanya permasalahan pada daerah kepala seperti sakit kepala dan kondisi lainya tentu dapat berpeluang menimbulkan resiko yang lebih berbahaya pada kesehatan tubuh.

Salah satu kondisi berbahaya yang sebaiknya dihindari oleh setiap orang karena bisa jadi berdampak buruk pada kondisi kepala maupun keadaan kesehatan tubuh secara langsung adalah adanya benturan yang terjadi pada daerah kepala secara langsung. Meskipun kepala memilik struktur tulang yang kuat, tetap saja ada batasan benturan yang dapat diterima. Kondisi benturan pada posisi tertentu dapat menimbulkan akibat tertentu juga. Berikut ini salah satu akibat yang akan dibahas dalam artikel berikut yakni mengenai akibat benturan kepala sebelah kiri yang dijelaskan dibawah ini.

  1. Benjolan pada kepala sebelah kiri

Hal pertama yang dapat muncul sebagai akibat benturan kepala sebelah kiri adalah munculnya kondisi benjolan pada kepala yang terbentur tersebut. Benturan pada kepala yang dapat menyebabkan munculnya benjolan biasanya akibat dari kondisi kecelakaan, terjatuh, maupun terpukul benda benda tumpul baik disengaja maupun tidak. Benjolan pada kepala tersebut merupakan kondisi fisik dari adanya pendarahan dibawah kulit akibat robeknya pembuluh darah. Pendarahan dibawah kulit ini tidak akan membahayakan karena secara normal dapat diserap sendiri oleh tubuh. Meskipun begitu tetap saja diperlukan pemeriksaan untuk menghindari resiko terjadinya bahaya pendarahan otak.

  1. Pusing dan kebingungan

Kondisi lain yang juga dapat menjadi akibat benturan kepala sebelah kiri adalah munculnya rasa pusing disertai keadaan tubuh yang serasa kebingungan atau bahkan berputar putar. Jika tidak adak kondisi berbahaya yang menyertai maka kondisi pusing dan kebingungan ini akan sembuh dengan sendirinya beberapa saat setelah terjadinya benturan tersebut.

  1. Pendarahan di dalam tengkorak

Benturan pada kepala sebelah kiri dapat menyebabkan masalah yang lebih serius tergantung dari tingkat keparahan benturan tersebut. Kondisi permasalahan serius yang dapat muncul tersebut salah satunya adalah resiko terjadinya pendarahan di dalam tengkorak kepala. Pendarahan di dalam tengkorak dapat menyebabkan penekanan jaringan otak di dalam tengkorak akibat struktur tulang tengkorak yang keras. Pendarahan di dalam tengkorak tersebut harus segera diatasi agar tidak merusak jaringan otak yang ada. Pendarahan di dalam tengkorak dapat diketahui melalui pemeriksaan CT Scan dan terlihat dari gejala trauma kepala yang ditunjukan seperti mual dan muntah, nyeri atau sakit kepal yang hebat, serta hilangnya kesadaran.

  1. Tulang tengkorak yang patah atau retak

Trauma kepala seperti benturan di daerah manapun pada kepala tentu beresiko menimbulkan kondisi patah atau retaknya tulang tengkorak sebagai pelindung bagian kepala. Kondisi tulang tengkorak yang patah atau retak biasanya dapat ditunjukan melalui beberapa tanda diantaranya seperti munculnya rasa sakit dan nyeri di daerah kepala yang terbentur, memar yang tak kunjung membaik, mual dan muntah, linglung, mengalami gangguan pada sistem indera baik penglihatan maupun pendengaran, keluarnya pendarahan dan cairan bening, serta beberapa keadaan lain. Jika kondisi tersebut terjadi maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

  1. Munculnya beberapa kondisi gangguan pada kepala lainya

Selain beberapa kondisi yang dijelaskan diatas, benturan pada kepala sebelah kiri juga dapat menyebabkan resiko munculnya gangguna kepala lain yang bisa jadi merupakan kondisi yang berat maupun keadaan yang ringan. Beberapa gangguan yang dapat muncul akibat benturan tersebut diantaranya seperti terganggunya memori otak sesaat, memicu munculnya vertigo, kepala yang terasa sangat berat, memar, tidak sadarkan diri, mual dan muntah, gangguna penglihatan, gangguna pendengaran, munculnya luka terbuka, dan beberapa kondisi lain yang harus selalu diperhatikan agar tidak muncul keadaan yang lebih parah.

Meskipun terkadang mereka yang mengalami benturan tidak menunjukan gejala berbahaya namun sebaiknya pemeriksaan medis tetap dilakukan terutama jika benturan yang terjadi sangat keras. Pemeriksaan medis tersebut perlu dilakukan meskipun penderita merasa tidak mengalami gejala berbahaya diperlukan untuk mencegah terjadinya akibat benturan kepala sebalah kiri yang disebutkan diatas. Mereka yang mengalami benturan pada kepala sebaiknya beristirahat dengan cukup, tidak langsung beraktivitas, menghindari stres, mengkompres bagian yang terkena benturan, dan yang paling tentu segera menghubungi dokter terdekat.

, , , ,