Sponsors Link

Akibat Kepala Sering Terkena Pukulan Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian penting dalam tubuh manusia karena adanya organ dengan fungsi yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup dan segala aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Beberapa bagian bagian kepala yang sangat penting peran dan fungsinya bagi tubuh tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, kuping sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman, lidah sebagai indera perasa, dan yang paling penting otak sebagai pusat sistem syaraf.

ads

Setiap orang pasti pernah merasakan kondisi berbagai jenis sakit kepala baik yang ringan maupun berat. Kondisi sakit kepala menjadi salah satu permasalahan yang umum disebabkan oleh berbagai macam kondisi dari yang tidak berdampak bahaya seperti karena kelelahan hingga yang berbahaya seperti kanker, infeksi, dan lain sebagainya. Berbagai jenis sakit kepala yang dapat menyerang manusia tersebut perlu menjadi perhatian mengingat adanya organ penting di daerah kepala.

Selain berbagai permasalahan kesehatan yang dapat menyebabkan kondisi berbahaya bagi kepala tentu keadaan stres atau pukulan yang mengenai kepala juga dapat memberikan dampak berbahaya bagi kepala langsung maupun organ organ penting di dalamnya. Untuk dapat lebih menjaga kondisi kepala terhindar dari pukulan makan berikut ini penjelasan mengenai akibat kepala sering terkena pukulan dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang berat dalam uraian di bawah ini.

  1. Gegar Otak

Gegar otak merupakan salah satu akibat kepala sering terkena pukulan yang merupakan kondisi cedera kepala paling ringan. Kepala yang sering terkena pukulan memang patut untuk diwaspadai mengalami gegar otak yang dapat ditunjukan melalui beberapa gejala yang ada diantaranya seperti nyeri kepala, mual muntah, merasa kebingungan, mata yang tidak dapat melihat dengan jelas, kehilangan ingatan sesaat, telingga berdenging, dan beberapa kondisi lainya. Operasi gegar otak menjadi pilihan dalam mengatasi kondisi tersebut.

  1. Nyeri kepala

Selain gegar otak, kondisi yang dapat muncul akibat kepal yang mengalami benturan cukup sering dan keras adalah memicu terjadinya nyeri atau sakit kepala. Munculnya nyeri atau sakit kepala tersebut dapat menjadi pertanda adanya kondisi yang berbahaya di daerah kepala. Tempurung kepala memang memiliki tingkat pertahanan terhadap benturan yang cukup baik mengingat adanya organ penting yang perlu dilindungi namun ketika mendapatkan pukulan yang keras dan sering maka berbagai macam permasalahan dapat muncul.

  1. Luka memar

Kondisi lain yang juga termasuk dalam akibat kepala sering terkena pukulan adalah luka memar. Luka memar yang muncul dapat terjadi pada semua daerah tubuh yang mengalami cedera atau trauma. Kondisi memar tentu dapat terlihat dari daerah yang sering mendapatkan pukulan terlihat membesar atau bengkak dengan warna kemerahan bahkan hingga warna kebiruan dan disertai dengan rasa sakit atau nyeri. Kondisi luka memar di kepala tidak dapat disepelekan karena bisa jadi merupakan pertanda adanya pembengkakan pada otak.

  1. Patah tulang tengkorak

Sama halnya dengan semua tulang yang menyusun tubuh manusia memiliki resiko retak bahkan patah ketika mendapatkan tekanan yang terlalu keras atau kondisi tulang sendiri tidak dalam keadaan terbaik untuk menopang serangan yang ada. Pukulan yang terlalu sering dan cukup keras di daerah kepala tentu dapat memicu terjadinya patah maupun retak pada daerah tulang tengkorak. retaknya tulang tengkorak tersebut tentu perlu diperhatikan mengingat adanya bahaya dari keadaan yang terjadi tersebut. Tulang yang patah maupun retak pada daerah kepala perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat agar cepat teratasi karena dapat menyebabkan munculnya efek tulang kepala retak dengan dampak berbahaya.

  1. Pendarahan

Kondisi lain yang dapat muncul sebagai salah satu bahaya atau dampak negatif akibat kepala yang sering mendapatkan benturan keras adalah resiko terjadinya pendarahan di daerah kepala maupun pada otak. Resiko pendarahan tersebut dapat muncul lantaran adanya cedera kepala yang cukup serius sehingga menghasilkan luka terbuka yang dapat mengeluarkan darah pendarahan. Pendarahan di daerah kepala yang perlu sangat diperhatikan dan dihindari adalah ketika pendarahan terjadi pada daerah otak. Kondisi pendarahan di daerah otak tentu dapat menyebabkan berbagai macam penurunan fungsi otak yang akan berpengaruh pada kondisi tubuh dan aktivitas manusia.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menjadi resiko buruk atau dampak buruk akibat kepala sering terkena pukulan. Kondisi kepala memang perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik agar tidak mendapatkan pukulan maupun gangguan bentuk lainnnya mengingat adanya banyak bagian penting tubuh yang terdapat di daerah kepala meskipun ada tulang tengkorak kepala yang dapat melindunginya. Kondisi benturan atau pukulan baik yang tidak disengaja dan yang terpenting yang disengaja seperti saat ingin menghilangkan lelah perlu untuk dihindari mengingat berbagai dampak yang disebutkan diatas merupakan kondisi yang buruk bagi keadaan kesehatan manusia secara umum dan kesehatan organ organ di bagian tubuh atas yakni kepala.

 

, , , ,