Sponsors Link

6 Akibat Kepala Yang Sering Terkena Pukulan Benda Tumpul

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian tubuh penting dengan peran dan fungsinya tanpa mengesampingkan bagian tubuh lainnya. Pada bagian kepala, terdiri dari berbagai macam bagian bagian kepala yang penting dengan berbagai fungsinya masing masing yang secara utuh menjadi pusat dari kendali tubuh. Adanya bagian bagian kepala yang penting tersebut menjadikan setiap manusia perlu melakukan usaha tertentu untuk menghindari munculnya masalah pada daerah kepala yang dapat menganggu fungsi dan kinerja organ penting di kepala.

ads

Beberapa organ di daerah kepala yang menjadikan perlindungan pada kepala harus diperhatikan dengan baik diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman dan pintu masuk sistem pernafasan, kuping sebagai indera pendengaran, lidah sebagai indera perasa, mulut sebagai awal masuknya makanan ke dalam saluran pencernaan, dan tentunya otak sebagai pusat kendali dari sistem syaraf di seluruh tubuh serta fungsi lainnya.

Berbagai macam permasalahan atau sakit kepala dapat beresiko terjadi pada seseorang mulai dari yang ringan seperti pusing maupun jenis sakit kepala lain. Salah satu kondisi yang dapat berbahaya bagi kepala dan menimbulkan sakit atau permasalahan adalah adanya pukulan yang mengenai kepala baik dengan kondisi yang keras maupun terjadi sangat sering. Berikut ini beberapa akibat kepala yang sering terkena pukulan dan harus dipahami sehingga dapat dhindari agar tidak terjadi dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Nyeri atau sakit kepala

Masalah pertama yang paling ringan dari kondisi seseorang yang sering menerima pukulan dikepala adalah rasa nyeri atau sakit kepala tersebut. Meskipun sebagai gejala pertama yang paling ringan, kondisi rasa sakit dan nyeri tersebut harus diperhatikan dengan baik mengingat sakit kepala sebagai salah satu pertanda adanya permasalahan serius di kepala tentunya.

  1. Mual dan muntah

Kondisi sakit kepala akibat kepala yang sering terkena pukulan dapat menimbulkan kondisi lain jika memang terjadi dengna frekuensi yang sering. Beberapa dampak lain yang dapat muncul tersebut adalah mual dan muntah yang akan langsung terasa pada saat setelah pukulan tersebut terjadi. Mual dan muntah tentu menjadi salah satu pertanda adanya permasalahan serius pada kepala yang perlu diperhatikan.

  1. Gangguan fungsi otak

Otak sebagai pusat sistem saraf serta berbagai fungsi motorik maupun sensorik lainnya juga dapat terganggu jika mengalami masalah pukulan pada kepala yang terlalu sering. Beberapa bentuk gangguna fungsi otak yang dapat muncul efek dari pukulan diantaranya gangguan keseimbangan, kebingungan, kesulitan berkonsentrasi, gangguan berbicara, dan lain sebagainya.

  1. Cedera kepala

Masalah yang paling serius dari kondisi pukulan yang sering menimpa kepala adalah munculnya kondisi cedera maupun trauma kepala. Cedera kepala yang dapat muncul tersebut beragam tergantung dari besarnya atau kuatnya pukulan yang diterima. Beberapa jenis cedera kepala tersebut yang dapat muncul akibat adanya pukulan pada kepala diantaranya :

  • Luka dan memar

Kondisi cedera kepala yang pertama sebagai akibat kepala yang sering terkena pukulan adalah luka dan memar. Luka dapat muncul ketika pukulan terjadi dari benda benda tajam namun tidak menutup kemungkinan juga dari benda tumbul. Sedangkan memar akan lebih banyak muncul akibat pukulan dari benda tumpul.

  •  Gegar otak

Gegar otak menjadi salah satu jenis cedera kepala yang muncul akibat adanya benturan dari benda tumpul seperti cedera akibat kecelakaan, cedera pada saat olahraga, guncangan keras, dan termasuk pukulan. Gegar otak tersebut dapat menjadikan munculnya permasalahan pada fungsi fungsi otak. Gegar otak secara definisi adalah trauma kepala yang tidak disertai kerusakan jaringan otak dan menyebabkan pingsan selama tidak lebih dari 10 menit sesuai kondisi penjelasan wikipedia.com.

  • Pendarahan otak 

Cedera kepala lainnya yang dapat muncul akibat terjadinya benturan pada kepala terlalu sering adalah pendarahan otak atau dalam istilah medis disebut sebagai hematoma. Pendarahan otak menjadi kondisi permasalahan pada otak yang sangat serius karena dapat menyebabkan kerusakan otak dan juga hilangnya fungsi fungsi otak sehingga harus diatasi dengan segera agar tidak berdampak lebih buruk. Operasi pendarahan otak dapat diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

  1. Patah tulang tengkorak

Akibat lainnya yang juga dapat terjadi karena kondisi pukulan sering pada kepala adalah resiko terjadinya patah tulang tengkorak. Tulang tengkorak meskipun cukup kuat tentu dapat mengalami kerusakan ketika mengalami pukulan atau benturan yang cukup kuat seperti halnya dengan tulang tulang tubuh lain yang dapat juga mengalami kerusakan. Kerusakan pada tulang tengkorak akibat benturan tersebut dapat dimulai dari retak yang berkembang menjadi patah tulang. Keadaan patah tulang tengkorak dapat menyebabkan permasalah serius lainnya pada kepala maupun otak.

  1.  Kerusakan otak

Kerusakan otak menjadi salah satu kondisi yang paling parah akibatnya dari keadaan seseorang yang sering mendapatkan pukulan di kepala. Adanya kerusakan otak akan menyebabkan berbagai macam fungsi otak menjadi bermasalahan sehingga berdampak buruk bagi tubuh tentunya. Kerusakan otak dapat diketahui dari berbagai gejala yang muncul seperti pendarahan, hilangnya kesadaran, beberapa fungsi motorik dan sensorik tubuh yang tidak berjalan, serta hal hal lainya yang masih berkaitan.

Banyakanya akibat kepala yang sering terkana pukulan yang dijelaskan diatas dan adanya resiko resiko berbahaya tentunya menjadikan setiap orang harus menghindari munculnya benturan atau pukulan di daerah kepala oleh benda benda tumpul maupun tajam. Seseorang yang mengalami gejala berbahaya setelah mendapatkan pukulan di kepala yang cukup sering perlu segera dibawa klinik, dokter, puskesmas, atau rumah sakit dan jenis layanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan diagnosis yang tepat terta tindakan medis yang benar agar dapat menghindari dampak yang berbahaya.

, , , ,