Sponsors Link

8 Penyebab Badan Terasa Dingin Kepala Pusing dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Suhu tubuh manusia yang sehat umumnya normal atau sekitar 38 derajat celcius. Dalam kondisi ini biasanya tubuh terasa sehat dan tidak merasakan keluhan apapun. Suhu tubuh diatur untuk menjaga fungsi organ tubuh sehingga semua normal. Ketika suhu tubuh menurun maka itu menjadi indikasi penyakit atau tubuh mengalami gejala penyakit. Ketika suhu tubuh naik maka itu bisa menjadi pertanda infeksi virus atau sumber penyakit lain.

ads

Suhu tubuh sendiri diatur oleh bagian hipotalamus yang menjadi pengendali suhu tubuh. Ketika tubuh merasa panas maka hipotalamus akan membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga panas tubuh terlepas dari kulit. Ketika suhu tubuh menurun maka pembuluh darah akan mengecil agar panas tubuh tetap terjaga. Namun kondisi yang kurang normal bisa saja terjadi dengan beberapa alasan seperti suhu tubuh menurun dengan cepat yang membuat kepala menjadi pusing. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai penyebab badan terasa dingin kepala pusing dan cara mengatasinya.

1. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia yang bisa membuat tubuh menjadi lemah dan juga sakit kepala. Kondisi ini juga disertai dengan gejala yang jelas seperti kepala pusing saat melihat kebawah. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu produksi sel darah merah. Ketika zat besi berkurang maka proses aliran oksigen melewati darah akan tidak lancar. Kondisi ini yang membuat badan terasa sangat dingin. Kurang sel darah merah juga akan mengembangkan sakit kepala dan rasa lelah yang berlebihan.

Cara mengatasi:

  • Cobalah mengonsumsi suplemen zat besi atau suplemen penambah darah.
  • Konsumsi makanan seperti sayuran hijau yang kaya dengan zat besi.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat seperti timun dan semangka.

2. Aliran darah yang tidak lancar

Sakit kepala disertai dengan dingin di sekujur tubuh bisa jadi ada masalah aliran darah yang tidak lancar. Kondisi ini yang akan menyebabkan sirkulasi darah mungkin tidak bisa mencapai kaki atau kepala. Masalah ini paling sering terjadi pada orang yang menderita sumbatan pada arteri misalnya pada kondisi sakit kepala karena kolesterol tinggi. Pertama Anda harus periksa ke dokter untuk memeriksa apakah kadar kolesterol tinggi dan ada masalah pada arteri. Jika memang ada masalah pada sistem aliran darah yang tidak lancar maka bisa mengonsumsi suplemen omega 3 atau makanan yang tinggi omega 3 seperti ikan salmon dan minyak ikan.

3. Gangguan SAD

Gangguan SAD atau Seasonal Affective Disorder akan menyebabkan penderita mengalami depresi, lelah dan bosan. Penyakit ini paling sering terjadi pada penduduk di negara yang mengalami empat musim atau negara dengan cuaca dingin ekstrim. Penyakit ini bisa terjadi ketika kadar dopamin dalam tubuh sangat rendah akibat tubuh tidak terkena sinar matahari. Gangguan ini juga bisa muncul karena tubuh tidak bisa menyesuaikan dengan suhu dingin. Perawatan sebaiknya dilakukan setelah menjalani pemeriksaan oleh dokter. Biasanya dokter akan memberikan terapi dengan obat atau suplemen vitamin D. Selain itu penderita harus mencoba untuk mendapatkan sinar matahari secara langsung.

4. Efek kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menyebabkan kepala sakit disertai dengan menggigil. Kurang tidur akan menyebabkan suhu tubuh menurun dengan cepat. Kondisi ini terjadi karena kurang tidur akan menyebabkan dampak serius pada sistem syaraf yang mengatur suhu di bagian otak. Bahkan kurang tidur akan menyebabkan gangguan kerja pada sistem hipotalamus. Selain itu memang masih ada beberapa efek kurang tidur pada otak yang bisa menjadi kondisi yang cukup berbahaya. Hindari kebiasaan begadang yang bisa menyebabkan masalah ini. Cobalah untuk menghindari semua penyebab sulit tidur atau insomnia dan atur gaya hidup yang normal.

5. Kurang vitamin B12

Kurang vitamin B12 bisa memberikan efek yang sama pada tubuh seperti ketika kekurangan zat besi. Kondisi ini bisa terjadi karena kurang vitamin B12 juga akan menghalangi proses produksi sel darah merah. Vitamin B12 memiliki peran yang sangat penting untuk membantu tubuh bisa menyerap nutrisi sempurna. Sehingga kurang vitamin B12 bisa menyebabkan tubuh terkena malnutrisi. Efeknya maka akan mengalami sakit kepala dan suhu tubuh menurun dengan cepat. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi daging sapi, daging ayam, ikan, domba dan semua jenis produk susu. Kemudian jika defisiensi vitamin B12 sangat parah maka lebih baik untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Sponsors Link

6. Masalah gangguan kelenjar tiroid

Ketika ada gangguan pada hipotalamus yang menyebabkan kelenjar tiroid tidak berfungsi normal maka akan membuat sistem metabolisme menjadi sangat lambat atau cepat. Kondisi ini akan membuat proses pembakaran kalori menjadi lebih lambat. Selain itu juga bisa mempengaruhi metabolisme sampai kepala sakit dan badan menjadi sangat dingin. Biasanya gangguan ini paling sering terjadi pada wanita yang mengalami gangguan tiroid karena masalah hormon. Gejala gangguan tiroid juga bisa menjadi penyebab penyakit kepala goyang sendiri. Lakukan pemeriksaan medis ke dokter sehingga segera dirawat dengan tepat. Selain itu juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen selenium.

7. Kurang nutrisi

Orang yang kekurangan nutrisi ternyata juga bisa mengalami sakit kepala dan tubuh yang dingin. Hal ini karena tubuh kekurangan masa lemak sehingga bisa menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme. Kondisi ini bahkan bisa membuat tubuh tidak bisa mengatur suhu tubuh yang normal. Masalah ini paling sering terjadi pada orang yang sedang diet namun diet dilakukan dengan cara tidak tepat. Hentikan diet sementara waktu dan cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti lemak, protein, vitamin, mineral dan nutrisi lain yang lengkap sesuai kebutuhan tubuh.

8. Kebiasaan merokok

Merokok ternyata juga bisa meningkatkan risiko kondisi ini. Ketika merokok maka racun akan masuk ke dalam pembuluh darah dan akibatnya pembuluh darah akan rusak. Efek nikotin dalam rokok juga akan menyebabkan gangguan pada tekanan darah dan membuat pembuluh darah semakin mengecil. Hal inilah yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Berhentilah merokok dan lakukan konsultasi ke dokter agar bisa berhenti merokok.

Itulah daftar penyebab badan terasa dingin kepala pusing dan cara mengatasi. Anda bisa mencoba untuk menganalisa penyebab sesuai gejalanya dan segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan terapi obat yang diperlukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan