Sponsors Link

17 Bagian Bagian Kepala Manusia dan Fungsinya

Sponsors Link

bagian bagian kepalaBagian bagian kepala dan fungsinya menurut pengamatan belum diketahui dengan jelas oleh para manusia. Padahal kepala adalah organ terpenting pada tubuh yang melindungi otak. Otak diketahui merupakan organ tubuh yang mengatur seluruh sistem dalam tubuh. Mulai dari sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, dan juga sistem ekskresi dalam tubuh manusia. Keberadaan otak di bagian kepala ini dilindungi oleh tengkorak. Tengkorak ini terdiri dari berbagai macam jenis tulang yang memiliki ciri khas dan fungsinya masing-masing. Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja bagian bagian kepala dan fungsinya dalam tubuh seseorang.

ads

Seperti yang terlihat pada gambar tersebut, tergambarkan bahwa rangka kepala ternyata mencakup banyak bagian-bagian yang memiliki fungsinya masing-masing dalam tubuh manusia. Pada rangka bagian kepala secara umum terdapat 6 tulang penyusun, sedangkan pada rangka bagian wajah terdapat sekitar 9 tulang penyusun. Ingin tahu apa saja jenis tulang penyusun tersebut dan fungsinya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Tulang Dahi

Informasi Umum:

Tulang dahi dalam bahasa latin dikenal dengan nama Os. frontale. Bagian kepala yang satu ini berlokasi di dahi sesuai namanya, dan lokasi tepatnya berada di daerah depan kepala. Secara sederhana, tulang dahi pun dapat diketahui sebagai tulang yang berlokasi dekat dan berada di atas tulang pelipis. Ciri-ciri dari tulang dahi yang paling mencolok adalah berada di depan kepala dan kemudian melebar hingga mencapai bagian tengah kepala. Jumlah dari tulang ini adalah 1 buah dan bentuknya pun adalah bentuk yang membentuk tengkorak depan bagian kepala.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang dahi ini adalah untuk melindungi otak depan yang ada di bagian depan. Otak bagian depan ini memiliki nama dalam bahasa latin yaitu Diencephalon.

Baca juga: Sakit Kepala Bagian Depan.

2. Tulang Baji

Informasi Umum:

Tulang baji memiliki nama lain dalam bahasa latin yaitu Os. sphenoidale. Letak dari tulang baji ini adalah berada di antara tulang pelipis dan tulang dahi. Sebagai tulang yang diketahui memiliki posisi tepat di antara tulang pelipis dan tulang dahi, maka ukuran tulang baji ini diketahui cukup kecil. Ciri-ciri dari tulang baji dapat dijelaskan dalam beberapa informasi berikut ini, bentuk dari tulang baji adalah pipih, ukurannya tidak terlalu besar/lebar. Jumlah tulang baji ini hanyalah 1 dan agar cekung ke dalam.

Fungsinya:

Fungsi yang dimiliki oleh tulang baji ini tentunya berkaitan dengan otak. Seperti diketahui, otak adalah bagian penting dalam kepala yang perlu dilindungi dari berbagai sudut. Dari sisi sampingnya, otak dilindungi dengan keberadaan dari tulang baji ini.

Baca juga: Sakit Kepala Terus Menerus.

3. Tulang Pelipis

Informasi Umum:

Tulang pelipis dalam bahasa latin dikenal dengan nama Os. temporale. Bagian kepala yang satu ini berlokasi tepat di daerah yang ada di belakang juga di samping dari dahi dan mata. Secara sederhana, tulang pelipis pun dapat dijelaskan memiliki posisi di sisi atas dari tulang pipi (yang membentuk lengkungan yang dinamakan zigomatik) dan di depan telinga. Ciri-ciri dari tulang pelipis yang paling mencolok adalah berada di sisi samping kepala dan sering disalah artikan sebagai tulang baji. Jumlah dari tulang ini adalah 2 buah yaitu di masing-masing sisi kepala, bentuknya pipih, dan ukurannya pun cukup lebar.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang pelipis secara umum adalah untuk melindungi saraf juga otak. Sedangkan, secara khusus, tulang pelipis berfungsi sebagai pelindung lobus froto-temporal. Bagian lobus froto-temporal ini merupakan bagian depan samping dari otak besar, Selain itu, tulang pelipis juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot atau musculus temporalis dan musculus-musculus ekstrinsik.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala.

4. Tulang Tapis

Informasi Umum:

Tulang tapis memiliki nama lain dalam bahasa latin yaitu Os. ethimoidalis. Letak dari tulang tapis ini adalah berada di sebelah depan dari tulang baji dan di antara tulang mata. Sebagai tulang yang diketahui memiliki posisi tepat di antara tulang mata, maka ukuran tulang tapis ini cukup kecil. Ciri-ciri dari tulang tapis dapat dijelaskan dalam beberapa informasi berikut ini, bentuk dari tulang tapis adalah pipih, ukurannya tidak terlalu besar/lebar. Jumlah tulang tapis ini ada dua dan banyak fungsinya.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang tapis adalah dalam membentuk dinding belakang lekuk mata. Selain itu, tulang tapis pun diketahui bermanfaat untuk memiliki peran penting dalam orbita, serta untuk menjaga kesehatan rongga nasal.

5. Tulang Kepala Belakang

Informasi Umum:

Tulang kepala belakang dikenal dengan nama lain Os. Occipitale. Tulang ini merupakan membran yang memiliki bentuk seperti cawan yang terposisikan di bagian belakang juga bagian bawah dari tempurung kepala. Bagian ini adalah bagian yang berbentuk trapesium dalam  mungkin juga berbentuk melengkung pada dirinya sendiri. Keberadaan tulang ini dapat ditembus oleh aperture oval besar juga foramen magnum. Bagaimana bisa terjadi? Adalah dengan melalui rongga tengkorak yang berkomunikasi dengan terusan vertebral.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang kepala belakang adalah untuk dapat melindungi otak dari sisi belakang. Selain itu, tulang kepala belakang ini dapat melindungi juga telinga bagian dalam. Keduanya intinya berfungsi untuk menjaga keselamatan kita kemana pun berada.

Baca juga: Sakit Kepala Belakang.

6. Tulang Ubun-ubun

Informasi Umum:

Tulang ubun-ubun dikenal juga dengan nama latinnya yaitu Os. occipitale fonticuli. Tulang ini terletak pada bagian tengah atas dan melebar hingga pada setengah bagian ke belakang dari kepala. Tulang ubun-ubun pada bayi diketahui tidak boleh dipegang-pegang. Hal ini dilatarbelakangi fakta bahwa tulang ubun-ubun sangatlah rentan dan dapat mengubah masa depan anak Anda.

Sponsors Link

Fungsinya:

Fungsi tulang ubun-ubun tentunya akan mirip dengan fungsi tulang secara umum yaitu sebagai penopang badan atau sebagai pelindung organ dalam vital. Itulah mengapa  letak dari tulang ubun-ubun sendiri adalah sangat penting. Jika Anda tidak hati-hati dengan maka tulang ubun-ubun tidak dapat menjaga otak tengah dan belakang seseorang.

Baca juga: Sakit Kepala di Ubun-Ubun.

Selain 6 bagian kepala tersebut, terdapat juga 9 bagian lain dalam kepala yang berada pada rangka wajah saja. Berikut ini daftar tulang-tulang penyusun rangka wajah Anda.

7. Tulang Air Mata

Informasi Umum:

Tulang air mata memiliki nama latin yang lebih familiar untuknya, nama itu adalah Os. lacrimale. Keberadaan dari tulang air mata ini dinamakan seperti itu akibat terdapatnya suatu celah yang dipergunakan untuk menjadi lintasan dari duktus lakrimal. Tempat ini pun diketahui menjadi tempat dari proses pengaliran air mata ke rongga nasal berjalan dengan sempurna.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang air mata adalah untuk melekatnya saraf, otot, serta kelenjar air mata. Selain itu, karena tulang air mata memiliki rongga, maka rongga ini diketahui berfungsi sebagai celah air mata berada sebelum dialirkan ke mata. Jadi dapat disimpulkan bahwa tulang air mata memiliki fungsi yang sangat erat dengan proses keluarnya air mata, sesuai dengan namanya.

8. Tulang Mata

Informasi Umum:

Tulang mata memiliki nama lain dalam bahasa latin yaitu Os. laximale. Letak dari tulang mata ini adalah berada di antara tulang air mata dan rongga mata. Sebagai tulang yang diketahui memiliki posisi tepat di antara kedua tulang tersebut, maka ukuran tulang mata ini diketahui cukup kecil. Ciri-ciri dari tulang mata dapat dijelaskan dalam beberapa informasi berikut ini, bentuk dari tulang mata adalah pipih, ukurannya tidak terlalu besar/lebar. Jumlah tulang mata ini ada 2 dan agak menjorok ke dalam

Fungsinya:

Fungsi tulang mata tentunya berkaitan erat dengan keberadaan dari bola mata. Menurut penelitian dan studi yang telah dilakukan, tulang mata merupakan tempat melekatnya bola mata. Selain itu, tulang mata juga diketahui berfungsi sebagai pelindung bola mata dari pukulan dan serangan berbahaya lainnya.

Baca juga: Sakit Kepala saat Hamil.

9. Tulang Rongga Mata

Informasi Umum:

Tulang rongga mata dikenal juga dengan istilah kedokteran yaitu orbital. Keberadaan dari orbital ini diketahui membentuk empat sisi yang membentuk rongga mata itu sendiri. Letak atau posisi dari tulang rongga mata berada pada daerah di sekitar bola mata itu sendiri. Seringkali tulang rongga mata pun dikira merupakan tulang mata.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang rongga mata masih juga berkaitan dengan keberadaan bola mata dan saraf-sarafnya. Bola mata diketahui memiliki banyak sekali saraf dan otot yang mendukung fungsi. Pada rongga mata inilah banyak melekat saraf serta otot dari bola mata itu. Selanjutnya, tulang rongga mata pun diketahui memiliki fungsi sebagai penyangga dari bola mata dan melindunginya dari berbagai serangan.

10. Tulang Hidung

Informasi Umum:

Tulang hidung dikenal dengan nama Nasal Bone. Tulang ini merupakan tulang yang berbentuk lonjong serta ukurannya kecil. Akan tetapi, bentuk dan ukuran dari tulang ini dapat memiliki keragaman bergantung pada ukuran tubuh dari individu itu sendiri. Tulang ini ada dua jumlahnya. Kedua tulang tersebut memiliki posisi yang saling berdekatan juga berdampingan, yaitu berada di bagian tengah dan atas wajah. Tulang hidung berperan sebagai persimpangan antara kedua tulang tersebut. Itulah sebabnya, tulang hidung dikenal juga sebagai jembatan yang terbuat dari hidung.

Sponsors Link

Fungsinya:

Tulang hidung memiliki fungsi yang berkaitan dalam proses perlindungan dari tulang hidung itu sendiri. Hidung yang rentan akan benturan-benturan kecil diketahui dapat dilindungi dengan keberadaan dari tulang hidung ini. Selain itu, tulang hidung pun diketahui merupakan penyangga yang dapat membuat hidung terlihat lebih indah.

Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

11. Tulang Kering dalam Hidung (Tulang Rawan dan Tulang Nasal)

Informasi Umum:

Tulang kering dalam hidung didukung oleh keberadaan 2 jenis tulang yang letaknya saling terpisah. Kedua tulang ini dikenal dengan nama tulang rawan dan juga tulang nasal. Tulang rawan memiliki posisi yang berada di ujung bagian hidung. Tekstur dari tulang rawan ini sangat lunak juga bisa digerak-gerakan. Selanjutnya, tulang nasal memiliki posisi yang berada di antara tulang rawan dan juga dahi. Keberadaan kedua tulang ini pada petinju atau para atlet bela diri biasanya akan dioperasi dan dihilangkan. Hal ini dilakukan agar kedua tulang tersebut tidak membahayakan atlet ketika sedang bertanding dan mengalami pukulan.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang ini secara umum tentunya merupakan bagian dari indera pembau. Selain itu, fungsi tulang-tulang kering ini adalah sebagai jalan di mana terjadinya pertukaran udara dalam sistem pernafasan.

12. Tulang Lengkung Pipi

Informasi Umum:

Tulang lengkung pipi dalam bahasa latin dikenal dengan nama Os. arcus zygomaticus. Bagian kepala yang satu ini berlokasi di pipi sesuai namanya, dan lokasi tepatnya berada di daerah depan pipi. Secara sederhana, tulang lengkung pipi pun dapat diketahui sebagai tulang yang berlokasi dekat dan berada di atas tulang pipi. Ciri- ciri dari tulang lengkung pipi yang paling mencolok adalah berada di depan pipi dan kemudian melengkung membentuk pipi seseorang. Jumlah dari tulang ini adalah 2 buah dan bentuknya pun adalah bentuk yang membentuk tengkorak dari depan pipi seseorang.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang lengkung pipi ini adalah dalam kaitannya dengan bentuk pipi. Lengkung pipi seseorang sesuai namanya akan membentuk lengkung yang mengikuti bentuk dari tulang lengkung pipinya. Oleh karena itu, tulang lengkung pipi diketahui memiliki manfaat sebagai pembentuk tulang pipi.

Baca juga: Sakit Kepala Cluster.

13. Tulang Pipi

Informasi Umum:

Tulang pipi memiliki nama latin yaitu Os. zygomaticum. Tulang ini berada pada bagian rangka wajah yang kemudian diketahui sangat amat memiliki peran dalam menentukan bentuk serta garis wajah seseorang. Penampilan wajah dari seseorang memang sangat dipengaruhi oleh bagaimana bentuk dan seberapa besarnya ukuran dari tulang pipi ini.

Fungsinya:

Tulang pipi ada dua jumlahnya, masing-masing di sisi kanan dan kiri wajah. Kedua tulang ini diketahui sangat berfungsi dalam membentuk karakter wajah seseorang. Selain itu, keberadaan kedua tulang ini pun memiliki fungsi perlindungan yang sangat penting. Bersama dengan tulang pelipis, tulang pipi diketahui memiliki manfaat dalam melindungi mata dan bola mata.

14. Tulang Rahang Atas

Informasi Umum:

Tulang rahang atas memiliki nama latin yang dikenal sebagai Os. maxilla. Keberadaan rahang atas ini dapat diidentifikasi dengan lokasinya yaitu di rahang sebelah atas seseorang. Secara sederhana juga dapat dijelaskan bahwa tulang rahang atas memiliki posisi di antara tulang rahang bawah dan tulang hidung seseorang. Rahang atas diketahui juga merupakan bagian penyusun dari tulang hidung dan tulang langit-langit dalam mulut manusia.

Fungsinya:

Keberadaan tulang rahang atas diketahui memiliki sangat banyak fungsi. Fungsi yang pertama adalah berkaitan dengan keberadaan gigi. Rahang atas diketahui memiliki fungsi dalam menyokong gigi-gigi yang berada di bagian atas mulut. Selanjutnya, rahang atas juga diketahui berfungsi dalam menjaga bentuk tulang hidung tetap ideal. Keberadaan dari tulang rahang atas ini diketahui juga merupakan penyokong dari keberadaan tulang langit-langit.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

ads

15. Tulang Langit-langit

Informasi Umum:

Tulang langit-langit terdiri atas dua buah tulang yang diketahui terletak untuk dapat memisahkan rongga yang ada diantara mulut juga rongga hidung. Tulang ini memiliki nama latin Os. palatinum. Langit-langit ini berlokasi di dalam mulut, namun melebar hingga kemudian dapat memotong saluran mulut dan hidung menjadi dua bagian terpisah. Oleh sebab itulah, tulang langit-langit diketahui merupakan salah satu jenis tulang dalam rangka kepala yang sangat penting manfaatnya.

Fungsinya:

Fungsi dari salah satu tulang dalam bagian bagian kepala dan fungsinya ini adalah untuk menjadi tulang penyusun dari beberapa bagian dalam rongga hidung. Selain itu, tulang langit-langit pun berfungsi sebagai bagian atas atau atap dari rongga mulut seseorang.

16. Tulang Lidah

Informasi Umum:

Tulang lidah merupakan salah satu bagian bagian kepala dan fungsinya yang penting untuk diketahui. Keberadaan dari tulang lidah ini diketahui sangat penting dan mungkin tidak banyak yang mengetahui di mana letak serta posisinya. Letak dari tulang lidah adalah pada bagian dasar mulut yang dilakukan oleh frenulum lingua. Tulang ini tersusun atas otot rangka rangka yang melekat pada tulang hyoideus juga tulang rahang bawah. Berdasarkan informasi ini kemudian dapat diketahui bahwa lidah memiliki tulang.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang lidah ada banyak macamnya. Pertama, tulang lidah memiliki fungsi sebagai alat yang membantu seseorang dalam berbicara. Selanjutnya, tulang lidah diketahui memiliki peran penting dalam upaya mengucapkan kata-kata tertentu. Selain itu, tulang lidah diketahui sangat bermanfaat dalam proses mengunyah, tulang ini dapat mengatur letak makanan selama seseorang sedang menguyah.

Baca juga: Sakit Kepala pada Anak.

17. Tulang Rahang Bawah

Informasi Umum:

Tulang rahang bawah memiliki nama latin yang dikenal sebagai Os. mandibulla. Keberadaan rahang bawah ini dapat diidentifikasi dengan lokasinya yaitu tepat berada di bawah rahang atas seseorang. Secara sederhana juga dapat dijelaskan bahwa tulang rahang bawah adalah tulang yang memiliki tulang pembentuk dagu. Rahang bawah diketahui juga merupakan satu-satunya bagian rangka kepala yang dapat bergerak dengan bebas, karena menempel pada sisi belakang tengkorak bagian temporal.

Fungsinya:

Fungsi dari tulang rahang bawah cukup banyak jenisnya. Fungsi yang pertama dari tulang rahang bawah ini tentunya adalah sebagai alat yang membantu seseorang dalam berbicara. Selanjutnya, tulang rahang bawah diketahui juga memiliki peran penting dalam upaya mengucapkan kata-kata tertentu. Selain itu, tulang rahang bawah diketahui sangat bermanfaat dalam proses mengunyah, tulang ini dapat mengatur letak makanan selama seseorang sedang menguyah.

Baca Juga:

Beberapa Penyakit yang Menyerang Daerah Kepala

Setelah mengetahui berbagai bagian kepala dan fungsinya, maka menjadi penting mengetahui apa saja penyakit yang dapat menyerang daerah kepala manusia. Berikut ini delapan penyakit pada kepala manusia yang harus diwaspadai keberadaannya.

  1. Vertigo: Vertigo merupakan jenis sakit kepala yang menyerupai pusing, namun rasanya lebih sakit, seperti berputar-putar dan terkadang disertai mual, bahkan bisa menyebabkan penderitanya pingsan.
  2. Parkinson: Parkinson merupakan penyakit yang ditandai dengan tremor (gemetar), sikap yang agak kaku serta penderita mengalami gangguan saat berjalan.
  3. Kanker Otak: Kanker otak merupakan penyakit kanker yang menyerang otak. Penyakit ini diketahui sangat berbahaya karena otak adalah bagian terpenting manusia.
  4. Hidrosefalus: Hidrosefalus merupakan penyakit yang terjadi akibat penumpukan cairan di dalam tengkorak sehingga otak membengkak.
  5. Migrain: Migrain merupakan rasa sakit kepala yang disertai dengan mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya meningkat.
  6. Alzheimer: Alzheimer merupakan penyakit yang ditandai dengan hilangnya intelektual dan kemampuan sosialisasi yang cukup parah dan mempengaruhi kehidupannya sehari-hari.
  7. Stroke: Stroke merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya gangguan pembuluh darah yang menuju otak sehingga beberapa jaringan otak mengalami kematiadrn.
  8. Meningitis: Meningitis merupakan radang yang terjadi pada membran pelindung sistem saraf pusat yang disebut meninges.
  9. Epilepsi: Epilepsi merupakan kelainan yang disebabkan oleh terbentuknya sinyal listrik di dalam otak yang menyebabkan timbulnya kejang-kejang secara mendadak.

Baca Juga: Obat Vertigo AlamiObat Sakit Kepala Tradisional.

Demikianlah 17 bagian bagian kepala dan fungsinya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam menjaga bagian bagian kepala Anda. Bagian kepala yang terjaga diketahui sangat baik untuk menjaga umur panjang seseorang. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kepala Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi