Sponsors Link

8 Penyebab Bagian Kepala Sakit Bila Ditekan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit kepala biasanya menyerang pada bagian kepala saja. Namun dalam kondisi tertentu memang sakit kepala bisa menjalar sampai leher, mata, dan bagian tubuh yang lain. Kepala kita memiliki struktur yang keras dan dilindungi oleh lempeng kepala. Namun ketika terkena pukulan yang keras maka sakit kepala bisa terjadi dengan cepat. Kemudian di atas kepala juga dilindungi oleh kulit yang ditutupi dengan rambut.

ads

Terkadang kita terbiasa untuk memeriksa kondisi kulit kepala, apakah normal atau tidak. Tangan kita akan meraba-raba apakah kepala normal atau tidak. Namun secara tidak sengaja terkadang saat menyentuh bagian kepala maka bagian kepala dalam terasa sakit dan tidak nyaman. Lalu pasti Anda sangat curiga dengan kondisi ini. Anda tidak perlu khawatir dan bisa mencoba melihat apa penyebabnya. Berikut ini akan diuraikan mengenai penyebab bagian kepala sakit bila ditekan dan cara mengatasi.

1. Efek dari migrain

Migrain menjadi penyakit yang sangat umum dan bisa terjadi pada semua orang. Ada beberapa jenis-jenis migrain yang biasanya menyebabkan gejala seperti ini. Setiap migrain bisa memberikan pusat rasa sakit yang berbeda. Migrain bisa muncul pada salah satu sisi kepala samping dan belakang. Kemudian jika sudah sangat parah maka migrain akan membuat semua bagian kepala menjadi sakit. Bahkan bisa saja dengan hanya menyentuh atau menekan ringan sudah menyebabkan sakit migrain.

Cara mengatasinya:

  • Cobalah untuk periksa ke dokter agar ditemukan penyebab dan obat yang sesuai dengan jenis migrain.
  • Dokter juga biasanya merujuk untuk melakukan CT Scan untuk mengetahui kondisi kepala.
  • Cobalah untuk mengurangi beban kerja dan mencoba istirahat teratur.

2. Vertigo

Vertigo juga akan menyebabkan bagian kepala menjadi sakit ketika ditekan bahkan hanya dengan penekanan yang ringan saja. Vertigo akan menyebabkan dampak yang serius karena penderita akan merasakan sakit yang berulang dan jangka waktu lama. Vertigo akan membuat kepala merasakan sensasi melayang dan berputar. Akhirnya bukan hanya sakit kepala tapi juga bisa mual, muntah dan pingsan.

Cara mengatasi:

  • Cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab vertigo dan mendapatkan resep obatnya.
  • Cobalah untuk istirahat ketika terjadi serangan vertigo agar tidak jatuh dengan cara berbaring dengan bantal yang tinggi atau tidak menggunakan bantal sama sekali.
  • Hindari pemicu vertigo termasuk penggunaan gadget.

3. Efek trauma kepala

Kondisi trauma kepala juga akan menyebabkan efek yang sangat serius untuk masalah kesehatan kepala. Biasanya trauma kepala yang memicu gegar otak ringan atau berat akan membuat kepala sakit dan mudah sakit ketika hanya ditekan ringan. Hal ini bisa terjadi karena pukulan atau hantaman yang keras ketika terjadi trauma kepala. Trauma kepala membutuhkan perawatan yang jangka panjang. Pemeriksaan medis secara terus menerus untuk melihat trauma dalam kepala. Kondisi ini membutuhkan perawatan dengan obat dan tindakan termasuk bedah pada otak.

4. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang membuat penderita merasa sakit kepala ketika bergerak sedikit atau bagian kepala ada yang ditekan. Sakit kepala tegang sering terjadi pada orang yang mengalami stres berat dan juga dalam kondisi tertekan. Hal ini bisa membuat nyeri kepala yang sangat berat dan hebat bahkan ketika sedang istirahat. Dalam kondisi yang darurat maka membutuhkan cara mengatasi sakit kepala tegang. Karena penyebab utamanya stres maka cara pertama adalah mengelola penyebab stres itu sendiri. Hindari terus merasa tertekan dan tidak nyaman karena stres yang berlebihan. Dan jika memungkinkan cobalah untuk cuti dari pekerjaan sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.

5. Gangguan organ dalam telinga

Sakit kepala yang terasa saat ditekan juga bisa terjadi karena masalah infeksi pada bagian dalam telinga. Misalnya seperti kasus otitis media yang membuat telinga bagian dalam sangat sakit. Bahkan penderita bisa merasa sakit kepala yang berat dan selalu merasa akan jatuh ketika bergerak. Sakit telinga bagian dalam harus dirawat oleh dokter spesialis THT. Dokter akan memeriksa penyebab masalah infeksi bagian dalam telinga dengan alat khusus. Obat yang bisa diberikan termasuk obat penghilang rasa nyeri, antibiotik dan vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sponsors Link

6. Gangguan penglihatan

Orang dewasa dan anak-anak yang menderita gangguan penglihatan juga bisa merasa sakit kepala ketika bagian kepala ditekan. Kondisi ini memang tidak menyenangkan karena ganggguan penglihatan termasuk rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme bisa menyebabkan sakit kepala sampai tembus ke mata. Bahkan tidak jarang ada yang sampai muntah-muntah hanya karena melihat objek benda bergerak. Anda harus datang ke dokter spesialis mata kemudian dokter akan memeriksa kondisi mata. Anda biasanya disarankan untuk menggunakan alat bantu seperti kacamata untuk membuat mata bisa melihat dengan jelas dan mengurangi sakit kepala.

7. Gejala tumor

Tumor juga bisa menyebabkan gejala seperti sakit kepala ketika hanya ditekan. Pertumbuhan jaringan tumor bisa saja terjadi di bagian dalam kepala sampai menonjol ke kulit kepala. Jika terjadi kondisi ini maka benjolan bisa ditemukan. Cobalah untuk pergi ke dokter karena benjolan tersebut harus diperiksa. Dokter akan melakukan pemeriksaan meliputi MRI, CT Scan dan biopsi jika diperlukan. Perawatan tumor harus dilakukan oleh ahli karena penyakit ini cukup berbahaya.

8. Infeksi jamur pada kulit kepala

Kondisi infeksi jamur pada kulit kepala atau Folliculitis biasanya juga akan membuat sakit kepala. Terlebih ketika bagian yang terkena infeksi disentuh atau ditekan maka rasa sakitnya bisa menjalar sampai bagian dalam kepala. Infeksi ini bisa berkembang karena folikel rambut ada yang tersumbat sehingga kulit bagian dalam mengalami iritasi. Iritasi menyebar sampai luar dan perih saat ditekan atau hanya dengan disentuh. Ingat bahwa kondisi ini juga bisa disebabkan karena kutu rambut. Infeksi jamur bersifat menular sehingga jangan berbagi barang pribadi dengan orang lain. Cobalah untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan lakukan pemeriksaan ke dokter kulit terdekat.

Itulah beberapa penyebab bagian kepala sakit bila ditekan dan cara mengatasi. Agar tidak terkena sakit kepala yang berlebiha, mari menjaga kesehatan dan membiasakan gaya hidup sehat.

,
Oleh :