Sponsors Link

Kenali Bagian Kepala Yang Tidak Boleh Dipijat

Sponsors Link

Memijat adalah kegiatan yang kelihatannya memang mudah untuk dilakukan. Hanya membutuhkan minyak urut dan kekuatan tangan saat memijat. Dengan begitu, segala lelah dan pegal dapat teratasi. Tak jarang banyak orang yang memilih pijat sebagai salah satu cara mengatasi segala penyakit atau gangguan yang dirasakan, termasuk cara mengobati sakit kepala yang tak kunjung sembuh.

ads

Tinggal pilih saja bagian tubuh manakah yang ingin dipijat. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja, pijat juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi jika dilakukan di bagian tubuh yang vital. Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang tidak ahli tentang organ dan syaraf-syaraf vital dalam tubuh manusia.

Jika sampai salah pijat maka akan mengganggu mekanisme kerja dari bagian tubuh yang dipijat. Misalnya saja seperti bagian kepala, seringkali orang yang merasakan sakit kepala mengatasinya dengan pijat namun tidak paham bagian-bagian kepala yang tidak boleh dipijat.
Bukannya membaik, hal ini malah akan berbahaya bagi tubuh anda dan anda dapat mengalami sakit kepala yang berkepanjangan dan berpindah-pindah.

Padahal ada beberapa bagian kepala yang tidak boleh dipijat. Dan jika dipijat, akan menyebabkan gangguan dan ketidaknyamanan. Memijat bagian vital seperti kepala dan tengkuk memang tidak dapat sembarangan. Dikarenakan organ tersebut sangat vital bagi tubuh dan ada banyak sekali syaraf-syaraf aliran darah yang menuju otak.

Jika sampai syaraf tersebut terjepit, maka aliran darah menjadi terganggu dan kinerja tubuh juga tidak akan berjalan baik, inilah yang sangat berbahaya. Banyak sekali tenaga pijat yang belum profesional hanya asal memijat kepala tanpa mengetahui teknik yang tepat. Misalnya dengan menggunakan tenaga berlebihan. Padahal memijat dengan tenaga yang berlebih tanpa mengetahui teknik yang benar hanya akan berdampak buruk.

Dan hal ini sangat tidak dianjurkan. Kekuatan bukanlah ukuran dalam memijat, namun kenyamanan serta ketepatan sentuhanlah yang menjadi kunci. Intinya adalah anda harus merasa rileks dan tidak perlu berlebihan. Sehingga jika anda merasakan kesakitan selama dipijat, maka segera beritahu si pemijat agar tidak berlebihan.

Selain bagian kepala yang tidak boleh dipijat, terdapat beberapa bagian tubuh lain yang juga tidak boleh dipijat. Menurut penjelasan Dr. Deasy Sp.KFR, dokter dari RS Awal Bros Bekasi menjelaskan jika pijatan dengan tekanan yang kuat pada bagian tulang belakang dapat memicu kelumpuhan. Tulang belakang dimulai dari bagian belakang leher hingga tulang ekor menjadi bagian yang sebaiknya tidak dipijat. Yang diperbolehkan adalah bahu dan bagian tubuh lainnya yang tidak terdapat tulang.

Ada beberapa kasus dimana seseorang bisa mengalami gangguan dan ketidaknyamanan setelah dipijat. Dilansir dari Ibtimes, seorang warga India mengalami sesak napas yang begitu hebat setelah dipijat pada bagian leher. Menurut informasi yang dikumpulkan, sesak napas tersebut diakibatkan karena keretakan tulang leher serta terganggunya syaraf yang terhubung dengan sistem pernapasan.

Secara medis, kondisi ini sebenarnya dapat dijelaskan yaitu hasil pijatan yang dilakukan menyebabkan diafragma lumpuh. Sehingga sepanjang hidupnya dibutuhkan alat bantu ventilator dikarenakan syaraf sangat jarang beregenerasi secara spontan. Keretakan yang terjadi pada leher dapat merusak syaraf frenikal yang memiliki kerja sangat penting dalam mengendalikan diafragma dalam pernapasan.

Selain kasus tersebut terdapat kasus lainnya seorang pria yang mengalami stroke mendadak setelah dipijat d bagian leher. Beberapa saat setelah dipijat, pria tersebut merasakan hal-hal berbeda di dalam tubuhnya, seperti badan lemas, pusing, bahkan hingga tidak bisa berjalan. Sehingga pria tersebut harus menjalani perawatan dan tindakan penyisipan tabung endotrakea.

Setidaknya beberapa titik pada bagian kepala yang diperbolehkan untuk dipijat untuk mengurangi sakit kepala leher kaku mual, antara lain adalah

  • Bagian Atas Leher, pijatan di bagian tersebut bisa menurunkan sakit kepala yang diakibatkan karena rasa tegang yang menekan di bagian leher. Anda bisa menemukan titik pijat tersebut dengan cara meraba di bagian dasar tengkorak yang terhubung dengan leher. Lakukan pemijatan ke arah bawah dari dua sisi leher dan ulangi hingga rasa sakit mereda.
  • Bagian Tengah Leher, Bagian leher yang satu ini juga bisa menghilangkan sakit kepala dan sangat ampuh untuk menyegarkan tubuh kembali. Apalagi bagi anda yang sering terserang sakit kepala akibat terlalu banyak tekanan dan stress.
  • Di Bawah Alis, lokasinya persis di bawah alias dan titik yang sangat baik untuk mengatasi penyebab sakit kepala yang terasa mengganggu. Pemijatan beberapa kali di bagian tersebut bisa membuat otot-otot mata menjadi lebih relaks.
  • Di Atas Alis, tak hanya di bawah alis, namun bagian atas alis juga menjadi bagian yang sering dipijat untuk obat sakit kepala yang berlebihan. Titik ini langsung terhubungkan dengan dahi dan tulang tengkorak kepala.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada bagian kepala yang tidak boleh dipijat dan ada pula yang boleh dipijat. Dari beberapa kasus diatas pijatan memang menjadi hal yang efektif untuk mengatasi badan pegal-pegal dan gangguan lainnya. Namun ada beberapa bagian tubuh yang perlu diperhatikan dengan hati-hati saat memijat karena banyaknya syaraf-syaraf lunak pada bagian tersebut.

Dan jika dilakukan terus menerus dan tidak ada perhatian khusus malah bisa menyebabkan cacat permanen hingga kematian. Dan tentu saja dibutuhkan pengetahuan tentang cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan yang tepat dan benar sehingga tidak menyebabkan permasalahan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan