Sponsors Link

10 Bahaya Koreng di Kepala Akibat Tidak Diobati

Sponsors Link

Koreng di kelapa bisa menjadi dampak akibat kondisi penyakit kulit yang terus menerus. Sering kali kulit di kelapa bisa luka karena digaruk terlalu keras. Misalnya jika menderita ketombe yang berat maka akan membuat kulit kepala berkerak putih. Ketombe akan terasa panas sehingga bisa membuat kulit kepala sangat gatal. Masalah lain yang membuat kulit kepala bisa terkena koreng adalah ketika menderita kutu atau memiliki banyak kutu di rambut kepala. Kutu bisa menyebabkan beberapa gejala yaitu kulit kepala seperti ada yang bergerak.

ads

Gigitan kutu yang buruk bisa menyakiti sehingga membuat luka koreng. Koreng yang sudah membusuk akan membuat kulit terluka, mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan sangat menyakitkan. Jika tidak diobati maka akibatnya sangat fatal. Berikut ini adalah beberapa bahaya koreng di kepala akibat tidak diobati.

  • Sepsis

Sepsis adalah kondisi yang bisa mengancam nyawa karena infeksi yang menyebar ke darah bisa membuat racun menyebar ke semua bagian tubuh. Biasanya sepsis terjadi ketika luka pada koreng tidak diobati sehingga bisa membuat komplikasi yang sangat buruk. Sepsis awalnya terjadi karena adanya zat kimia yang bisa membuat peradangan menyebar ke semua bagian tubuh. Peradangan yang menyebar semua bagian tubuh akan menyerang organ tubuh secara merata. Kemudian organ yang terkena infeksi tidak akan berfungsi secara normal sehingga akhirnya menyebabkan kegagalan organ. Bahkan jika sepsis sudah mencapai otak maka bisa memicu adanya sakit kepala belakang.

  • Komplikasi pada mata

Luka koreng pada kepala yang tidak diobati bisa menyebabkan masalah yang sangat serius. Misalnya jika luka pada kulit kepala disebabkan oleh penyakit psoriasis dan sudah sangat lama maka mata bisa terkena blefaritis. Penyakit ini akan menyebabkan kondisi mata mengalami pembengkakan, peradangan, mengeluarkan kotoran terus menerus dan sulit untuk diatasi. Dalam kondisi tertentu ketika sudah tidak bisa diobati maka kerak akan terus menumpuk dan membutuhkan perawatan yang sangat intensif. Kerak pada mata juga bisa memicu kondisi yang buruk termasuk penyebab sakit kepala berlebihan.

  • Kondisi sindrom metabolik

Infeksi pada koreng di kepala juga bisa sangat berbahaya karena memicu masalah sindrom metabolik. Ini bisa menyebabkan kondisi organ dalam tubuh tidak bekerja secara normal. Hal yang paling sering terjadi termasuk penyakit tekanan darah tinggi, kadar insulin yang sangat tinggi, kolesterol tidak normal dan detak jantung yang tidak teratur. Beberapa masalah ini juga bisa menjadi pertanda bahwa infeksi dari koreng sudah menyebar ke beberapa organ dan kemungkinan akan menjadi sepsis.

  • Gangguan jantung

Koreng bisa memicu gangguan jantung yang mungkin tidak pernah Anda duga. Jika sudah seperti ini maka bisa menyebabkan jantung berdebar, kepala pusing, badan lemas. Koreng mengandung banyak bakteri atau virus yang terus berkembang. Bakteri atau virus bisa masuk ke aliran darah yang kemudian juga akan sampai ke jantung. Inilah yang membuat kerja jantung menjadi tidak normal. Sebenarnya ini kondisi yang sangat berbahaya karena semua darah dalam tubuh akan diedarkan oleh pembuluh darah yang awalnya masuk ke jantung.

  • Dampak psikologis

Masalah koreng di kepala memang bisa sangat berat. Penderita bisa mengalami masalah psikologis karena koreng menyebabkan tekanan di lingkungan sosial. Penderita biasanya akan merasa malu untuk keluar karena merasa tidak nyaman. Saat koreng sudah menyebabkan infeksi dan mengeluarkan nanah sampai berbau maka akan membuat kulit kepala tidak nyaman. Selain tidak percaya diri karena ada koreng maka juga bisa kepala terasa sangat gatal. Jika ini terjadi pada anak-anak maka mereka bisan mengalami tekanan sosial yang sangat berat.

  • Gangguan tidur

Masalah koreng juga bisa membuat penderita tidak bisa tidur dengan nyaman. Ini karena koreng menyebabkan rasa sakit, panas dan gatal. Terkadang koreng yang gatal akan membuat tangan menggaruk tanpa sadar sehingga menjadi lebih parah. Penderita juga merasa tidak nyaman saat tidur sehingga selalu terbangun. Anak-anak yang menderita masalah ini biasanya menjadi tidak konsentrasi saat di sekolah. Orang dewasa juga bisa menyebabkan yang sama sehingga menggaggu waktu kerja.  

  • Demam

Demam adalah gejala yang sangat wajar untuk penderita koreng. Demam menjadi tanda ketika tubuh berusaha melawan infeksi pada koreng. Koreng mengandung banyak bakteri dan virus. Sumber penyakit ini terus membuat koreng menjadi lebih dalam sehingga membuat darah dan nanah keluar dari koreng. Demam ketika memiliki koreng bisa muncul kapan saja. Terkadang demam bisa menjadi tanda berkembangnya sepsis sehingga sangat berbahaya.

Sponsors Link

Koreng juga bisa menyebabkan sakit kepala yang sangat akut. Koreng yang ada di kulit kepala memberi efek seperti pada efek cedera. Koreng akan membuat kondisi kulit di sekitarnya menjadi bengkak, merah dan sakit saat disentuh. Rasa sakit bisa berkembang sampai dalam sehingga kepala berdenyut dan sakit terus menerus.

Jika sudah seperti ini maka koreng harus diatasi dengan cara yang tepat. Koreng harus dirawat sampai kering kemudian bisa mengelupas dan sembuh. Obat dokter sangat diperlukan agar koreng segera sembuh dan tidak berkembang menjadi infeksi.

  • Tidak percaya diri

Orang yang memiliki luka atau koreng di kepala biasanya juga menjadi tidak percaya diri. Hal ini karena koreng menyebabkan luka menjadi bau dan pasti merasa tidak nyaman. Koreng juga tidak bisa ditutupi karena semakin rapat maka semakin kuat baunya. Akhirnya koreng akan membuat penderita tidak mau keluar dari lingkungan dan merasa sangat menderita. Inilah yang akhirnya memicu depresi dan menyebabkan kondisi yang tidak normal. Masalah ini tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga anak-anak yang terkena koreng.

  • Risiko penyakit ginjal

Ternyata koreng yang sudah lama dan tidak dirawat juga bisa menyebabkan penyakit ginjal. Awalnya gangguan ini terjadi dari koreng yang menjadi infeksi sehingga kemudian bakteri masuk ke aliran darah. Aliran darah ini juga sampai ke ginjal sehingga ginjal menampung banyak racun. Akhirnya terjadilah infeksi atau peradangan pada ginjal.

Itulah bahaya koreng di kepala akibat tidak diobati. Karena adanya beberapa bahaya yang sangat buruk ini maka sebaiknya jika ada koreng di kulit kepala maka sebaiknya segera diobati.

, , ,