Sponsors Link

10 Bahaya Vertigo Akut dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Ketika semua orang mengalami rasa stres, kurang tidur maka akan berdampak pada rasa sakit kepala terus-menerus. Sakit kepala itu disebabkan karena hormon yang tidak teratur atau tidak stabil. Orang yang mengalami sakit kepala lebih mudah terserang beberapa jenis sakit kepala lainnya. Seperti migrain, sakit kepala berkepanjangan, sampai yang berbahaya yaitu vertigo. Sakit kepala vertigo merupakan penyakit yang menyerang kepala dan disebabkan oleh adanya infeksi telinga bagian dalam. Sebab telinga tidak berfungsi secara normal yang mengakibatkan penderita terkadang mengalami salah fokus.

ads

Sakit pada bagian kepala harus diwaspadai, karena banyak penyakit kepala yang berbahaya bahkan sampai merenggut nyawa. Tahukah Anda sakit kepala vertigo? Sakit kepala vertigo awalnya hanya sakit kepala biasa, namun jika tanpa perawatan yang tepat akan menjadi penyebab sakit kepala berkepanjangan dan menyebabkan vertigo akut. Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala vertigo yang perlu Anda ketahui:

  • Gangguan telinga dalam. Gangguan yang satu ini memiliki hubungan erat dengan informasi yang didapat oleh telinga tidak maksimal ke otak. Sehingga bagi penderita vertigo akan mengalami pusing berputar. Biasanya ini terjadi pada orang tua.
  • Infeksi telinga dalam. Hal ini juga dapat terjadi penyebab vertigo. Awalya hanya telinga bagian dalam saja tapi infeksi akan menyebar hingga ke dalam otak yang membuat gagal fungsi otak.
  • Trauma kepala, ini juga dapat dikategorikan sebagai penyebab sakit kepala belakang dan akan menyebar menjadi vertigo.
  • Migrain. Ternyata migrain juga dapat menjadi penyebab sakit kepala berlebihan.

Itulah beberapa penyebab terjadinya vertigo. Lantas, kira-kira apa ya bahayanya? Sakit kepala apapun itu pasti memiliki bahaya tersendiri dari masing-masing jenisnya. Nah berikut ini bahaya vertigo akut yang perlu diwaspadai dan pengatasannya:

  • Mengancam nyawa penderita. Ini tentu sudah pasti, karena orang yang mengalami vertigo akan mengalami sakit kepala seperti kesetrum. Bahkan sampai berputar-putar. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam perjalanan, sebaiknya minggir dan segeralah meminta pertolongan jangan sampai membahayakan diri Anda sendiri dan pengguna jalan yang lainnya.
  • Menyebabkan penyakit lain. Nah berawal dari vertigo penderita dapat mengalami komplikasi sakit kepala seperti sakit kepala sebelah kiri belakang telinga sampai yang paling parah yaitu tumor otak.
  • Kehilangan pendengaran. Orang yang udah menderita vertigo akan mengalami hal ini jika tidak ditangani dengan tepat dan aman. Apalagi penyebab vertigo pada anak yang harus diwaspadai. Sebab anak merupakan aset keluarga yang masih memiliki jenjang ilmu yang lebih tinggi.
  • Kehilangan aktivitas. Ini sudah tentu pasti dialami oleh penderita vertigo. Sebab saat vertigo kambuh penderita akan mengalami kehilangan aktivitas.

Bagaimana cara mencegah vertigo agar tidak kambuh dan terhindar dari bahaya vertigo akut yang paling ampuh? Banyak cara untuk mengatasi vertigo, seperti:

  • Olahraga teratur. Untuk aktivitas yang satu itu tidak boleh dilakukan secara sembarangan sebab ada cara olahraga untuk penderita vertigo dan tips melakukannya. Sehingga penderita vertigo tidak melakukan aktivitas olahraga secara sembarangan.
  • Kemudian istirahat yang cukup ini juga salah satu aktivitas yang dapat membantu kesehatan Anda. Tapi bagi penderita vertigo ada cara tidur orang vertigo yang harus diperhatikan. Sehingga tidak perlu lagi khawatir untuk salah posisi. Jika vertigo kambuh saat di rumah, ada cara penanganan vertigo di rumah saat kambuh.
  • Hindari makanan penyebab vertigo kambuh, rutinlah mengkonsumsi buah-buahan untuk vitamin. Bagi penderita vertigo ada buah untuk penderita vertigo yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Jadi lebih aman lagi dalam mengkonsumsi buah-buahan.
Sponsors Link

  • Selain itu cobalah gunakan manfaat paracetamol untuk sakit kepala yang sering mengganggu. Tapi sebelumnya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kira-kira obat apa yang perlu diminum. Jangan sampai salah pengobatan dapat membahayakan diri sendiri.
  • Jika Anda enggan mengkonsumsi buah-buahan secara langsung, Anda dapat menjadikan jus buah untuk penderita vertigo.Nah sudah tidak ada alasan lagi Anda malas mengkonsumsi buah-buahan. Padahal buah sangatlah banyak manfaatnya untuk kesehatan. Apalagi buah yang memgandung banyak vitamin C. Pembentuk sistem imun juga dapat dari buah-buahan lho.
  • Rutinlah juga makan makanan yang bergizi dan ubahlah pola hidup Anda jika dirasa sangat tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan makan makan junk food atau makanan cepat saji juga dapat menjadi salah satu pemicu lunturnya kesehatan pada diri Anda. Karena banyak mengandung minyak tak jenuh dan membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda. Pastikan selalu Anda mengkonsumsi makanan yang terbaik.

Jika bukan diri sendiri yang menjaga kesehatan, siapa lagi? Itu sebuah slogan yang pas untuk diri kita agar dapat selalu menjaga dan menghargai tubuh ini. Sebab tubuh juga memerlukan waktu yang pas untuk ia beristirahat. Jika Anda diserang sakit, berarti itu merupakan hukuman dari diri sendiri sebab Anda tidak mendengarkan insting yang sudah diberikan oleh tubuh untuk beristirahat. Yuk kita jaga kesehatan sedini mungkin untuk menghasilkan kinerja dan kualitas hidup yang lebih baik lagi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan