Sponsors Link

Bangun Tidur Pusing dan Mual

Sponsors Link

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya bagi kehidupan manusia. Pada kepala terdapat berbagai organ tubuh penting yang mendukung proses hidup dan berkembangnya manusia. Beberapa organ tubuh yang terlindungi oleh bagian bagian kepala tersebut diantaranya otak sebagai pusat syarat yang mengatur aktivitas gerak, sensor, dan sistem syaraf tubuh, mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, kuping sebagai indera pendengaran, mulut sebagai awal masuknya makanan, dan lidah sebagai indera perasa.

ads

Kepentingan kepala tersebut dalam menunjang kehidupan akan sangat berpengaruh ketika muncul berbagai permasalahan yang umum maupun cukup berbahaya bagi kesehatan di kepala. Kondisi permasalahan kesehatan dapat muncul dengan berbagai macam jenis sakit kepala dari yang ringan hingga yang dapat menimbulkan kondisi berbahaya pada kesehatan. Pusing atau sakit kepala menjadi salah satu kondisi yang sering dialami setiap orang dan tentunya akan menyebabkan kondisi yang kurang nyaman hingga menganggu setiap aktivitas yang dilakukan.

Salah satu keadaan yang dapat muncul pada setiap orang dan mungkin pernah dirasakan sebagian besar orang adalah keadaan dimana bangun tidur mengalami pusing dan mual. Bangun tidur pusing dan mual tersebut dapat terjadi pada semua orang dan pastinya akan menimbukan keadaan yang tidak nyaman serta berpengaruh pada aktivitas yang akan dijalani dikarenakan fungsi tidur untuk beristirahat tidak tercapai dan malah memunculkan keadaan yang sakit serta menganggu.

Penyebab Bangun Tidur Pusing Dan Mual

Ketika bangun tidur tentu rasa refresh dan kondisi tubuh yang fit pasti menjadi keinginan setiap orang ditengah kesibukan aktivitas hariannya. Kondisi bangun tidur pusing dan mual tentu akan menyebabkan gangguan pada kesehatan secara fisik maupun psikis sehingga setiap orang harus mengetahui penyebab dari keadaan tersebut. Berikut ini beberapa penyebab bangun tidur pusing dan mual yang diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Terbangun secara mendadak

Salah satu kondisi yang dapat menjadi penyebab ketika bangun tidur merasakan pusing atau sakit kepala dan mual adalah akibat dari kondisi terbangun yang secara mendadak. Bangun tidur yang mendadak tentu akan menimbulkan kondisi ketegangan yang menyebabkan sesorang mengalami pusing. Ada berbagai macam penyebab seseorang terbangun secara mendadak diantaranya akibat mimpi buruk atau terganggu oleh kondisi lingkungan.

  1. Hipotensi

Kondisi hipotensi atau rendahnya tekanan darah menjadi penyebab bangun tidur pusing dan mual. Kondisi hipotensi menjadikan aliran darah ke bagian otak dan kepala menjadi terhambat sehingga dapat menyebabkan munculnya sakit kepala atau pusing. Hipotensi pada saat bangun tidur dapat terjadi ketika seseorang kurang asupan makanan, dan memang punya riwayat hipotensi sebelumnya. Kondisi hipotensi biasanya ditunjukan dengan gejala kepala pusing saat melihat ke atas.

  1. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kondisi kekurangan kandungan gula di dalam tubuh. Kondisi kurangnya gula tersebut juga hampir sama penyebabnya dari keadaan hipotensi yang disebutkan sebelumnya yakni karena kekurangan asupan gula pada makanannya, stres, dan lain sebagainya. Kondisi hiplogikemia ini perlu diwaspadai karena bukan hanya pusing maupun mual yang dapat terjadi namun juga beresiko mengalami keadaan buruk lainnya.

  1. Cara tidur yang salah

Tidur merupakan masa dimana tubuh mengalami kondisi istriahat dan menjadi sebuah aktivitas wajib bagi tubuh. Kondisi tidur harus dijalani dengan benar dan perlu diperhatikan setiap orang karena bisa jadi dapat menyebabkan kondisi yang menganggu ketika terbangun dan salah satunya adalah keadaan pusing yang disertai dengan mual. Beberapa cara tidur yang salah dan dapat menyebabkan gangguan pusing maupun mual ketika terbangun tersebut diantaranya seperti waktu tidur yang terlalu singkat, tempat tidur yang kurang nyaman, dan posisi tidur yang tidak tepat.

  1. Beberapa gangguan kesehatan lainya

Penyebab bangun tidur yang dapat memicu munculnya pusing dan mual lainya adalah adanya keadaan gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh. Beberapa kondisi gangguan tersebut seperti dispesia atau peningkatan asam lambung atau mungkin yang paling mudah disebut sebagai penyakit maag, perubahan hormonal seperti saat menstruasi maupun tanda awal hamil, infeksi bakteri ataupun virus, dan anemia atau bahkan vertigo.

  1. Dehidrasi

Keadaan lainnya yang juga menjadi penyabab seseoarang mengalami keadaan pusing maupun mual ketika bangun tidur adalah kondisi dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan akibat kurangnya asupan cairan pada tubuh maupun karena terlalu banyak cairan yang keluar dari tubuh.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab bangun tidur menjadi pusing dan mual. Untuk mencegah maupun mengatasi keadaan tersebut diantaranya seperti banyak minum air putih, usahakan makan sebelum tidur, konsumsi nutrisi yang cukup melalui makan teratur, melakukan pola hidup sehat dan mengendalikan stres, hindari rokok dan konsumsi alkohol, sedangkan untuk mengatasinya maka dapat dilakukan dengan lebih banyak beristirahat, tidur dengan cara yang benar, mengkonsumsi obat obatan anti mual maupun anti pusing baik yang traditional maupun yang sudah tersedia di apotek.

, , , , ,