Sponsors Link

7 Penyebab Bayi Geleng-Geleng Kepala Saat Tidur

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami atau melihat kondisi yang satu ini, yaitu bayi menggeleng geleng kan kepala nya saat tidur? Jika memang pernah, hal tersebut merupakan proses alamiah yang iasa terjadi pada bayi pada umumnya. Namun pada beberapa gejala lain penyertanya, hal ini dapat menjadi indikasi dari beberapa penyakit tertentu. Oleh karena itu, disini akan dibahas mengenai penyebab bayi geleng-geleng saat tidur.

ads

Berikut ini ada beberapa alasan atau penyebab dari yang bersifat alami dan hanya memerlukan penanganan biasa dan tidak memerlukan penanganan khusus pada bayi geleng-geleng saat tidur, hingga penyebab yang memang karena adanya penyakit tertentu yang membutuhkan penanganan khusus :

1. Menenangkan diri

Penyebab pertama bayi geleng-geleng kepala saat tidur yaitu, pada saat ia ingin menenangkan diri. Ia biasanya akan melakukan geleng-geleng kepala ini tidak hanya saat tidur, bahkan detik-detik menjelang tidur, bangun tidur dan saat ia terbangun di malam hari. Karena faktanya gerakan geleng-geleng kepala pada bayi ini, mampu memberikan rasa nyaman dan tenang pada bayi Anda. Untuk mengatasinya yaitu cobalah Anda memberikan rasa nyaman pada bayi Anda, seperti mengelus-elus kepalanya dan juga punggungnya atau memberikan ia rasa nyaman dan tenang.

      2. Meredakan rasa sakit

Yang selanjutnya, yaitu, geleng-geleng kepala ini sebagai cara untuk meredakan rasa sakit. Oleh karena itu, pada saat bayi Anda geleng-geleng kepala saat tidur coba cek atau periksa lagi, apakah ada tanda-tanda lain yang menyertainya yang menyebabkan bayi merasa sakit atau tidak nyaman. Seperti contohnya saja, pada sakit peradangan pada rongga telinga atau flu dan sakit anggota tubuh lainnya sehingga bayi merasa tidak nyaman dan ia menggeleng-geleng kan kepala untuk meredakan rasa sakitnya. Saat bayi mengalami seperti ini, geleng-geleng kepala disertai dengan demam, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

      3. Menarik perhatian sekitar

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bayi membutuhkan kasih sayang dari lingkungan sekitarnya dan terutama pada orang tua mereka. Saat ia geleng-geleng kan kepala nya mungkin reaksi Anda pada saat itu menunjukkan rasa khawatir dan pada akhirnya akan memberikan perhatian yang ekstra pada bayi. Karena itulah secara otomatis ia pun akan melakukan nya dan mengulanginya. Untuk hal ini, cobalah Anda untuk memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup pada bayi Anda. Namun, jika ia tetap geleng-geleng kepala saat tidur, cobalah untuk tidak meresponnya. Maka secara perlahan usaha ia geleng-geleng kepala untuk menarik perhatian akan berhenti.

    4. Mengutarakan emosi

  Saat anak Anda masih bayi tentunya ia belum bisa mengutarakan emosinya dengan baik. Dan juga belum tau bagaimana cara mengekspresikan emosinya. Oleh karena itu, pada bayi biasanya akan mengekspresikan dan mengutarakannya lewat tangisan atau geleng-geleng kepala saat tidur ini. Jadi bayi geleng-geleng kepala saat tidur pada kasus ini merupakan salah satu cara yang dilakukan bayi Anda untuk mengungkapkan atau mengekspresikan emosinya. Untuk menangani kasus geleng-geleng kepala pada kondisi yang seperti ini, Anda dapat mengenalkan berbagai macam ekspresi emosi pada bayi Anda, baik itu pada saat senang, kesal, maupun sedih.

      5. Gangguan perkembangan

Pada kasus bayi geleng-geleng kepala saat tidur ini ada yang menyatakannya sebagai adanya gangguan perkembangan pada bayi. Oleh karena itu, perlu untuk dikonsultasikan ke dokter segera agar mendapatkan penanganan yang cepat dan juga tepat.

      6. Gangguan sensorik

Pada bayi yang memiliki gangguan sensorik ia akan memiliki kepekaan yang lebih terhadap segala hal seperti terhadap cahaya, suara, sentuhan, dan yang lainnya. Oleh karena itu, pada bayi yang memiliki gangguan sensorik ini salah satu gejalanya adalah bayi menjadi lebih peka terhadap suara atau cahaya dan semacamnya, sehingga membuat ia melakukan gerakan geleng-geleng kepala saat tidur.

      7. Kejang

Waspada kejang pada bayi geleng-geleng kepala saat tidur. Pada kasus lainnya yaitu, bayi mengalami kejang merupakan salah satu gejala dari bayi geleng-geleng kepala. Pada saat bayi kejang ia akan menggerakkan anggota badannya, khususnya kepala tangan dan juga kaki secara berlebihan. Biasanya pada kejang pada bayi disertai oleh demam. Dan karenanya, bila terdapat gejala tersebut segeralah untuk membawa bayi Anda ke dokter, karena pada kejang jika dibiarkan berlama-lama bisa berdampak buruk pada bayi.

Itulah tadi beberapa penyebab bayi geleng-geleng kepala saat tidur. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan setiap ada sesuatu yang tidak biasanya pada bayi Anda. Mengingat organ-organ pada bayi masih lah sangat rentan. Semoga bermanfaat!

, ,