Sponsors Link

Benjolan Kecil di Kepala Tapi Tidak Sakit : Gejala – Penyebab – Pengobatan

Sponsors Link

Benjolan yang muncul di bagian-bagian kepala merupakan kondisi yang disebabkan oleh banyak kemungkinan. Penyebab yang paling mungkin adalah karena adanya cedera kepala. Cedera kepala yang terjadi karena benturan ataupun pukulan dapat menyebabkan munculnya benjolan di kepala. Benjolan yang terjadi akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu yang relatif singkat sekitar 2 sampai 3 hari. Selama tidak ada gejala lain yang menyertai, benjolan akibat benturan ini tidak membahayakan.

ads

Keberadaan benjolan pada kepala yang tidak diketahui penyebabnya tentu saja menimbulkan kekhawatiran. Benjolan yang muncul di kepala dan tidak kunjung hilang bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan mulai dari kondisi yang ringan hingga kondisi yang serius. Selain cedera kepala, beberapa penyebab yang mungkin menjadi penyebab munculnya benjolan adalah:

  • Lipoma
  • Trauma kepala
  • Kista ateroma
  • Tumor tulang kepala
  • Folikulitis
  • Kanker pada kepala
  • Klasifikasi tulang
  • Pembesaran kelenjar getah bening

Pengertian Lipoma

Apabila timbul benjolan kecil di kepala tapi tidak sakit, maka ada kemungkinan benjolan yang muncul di kepala anda adalah lipoma. Lipoma adalah lapisan lemak menumpuk secara perlahan di antara lapisan kulit dan otot. Lipoma ini merupakan jenis tumor jinak yang umumnya tidak berbahaya. Lipoma dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja. Lapisan lemak ini dapat tumbuh di leher, bahu, lengan, perut atau pun paha.

Penyakit ini umumnya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki. Penyakit ini bisa menyerang seseorang dalam berbagai usia, akan tetapi biasanya penyakit ini jarang terjadi pada anak-anak. Lipoma merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Lipoma merupakan jenis tumor jinak yang tidak memicu terjadinya kanker. Benjolan yang disebabkan oleh lipoma biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Penanganan diperlukan apabila lipoma dirasa mengganggu penampilan ataupun menimbulkan rasa sakit karena tumbuh menekan saraf.

Tanda-tanda dan Gejala Lipoma

Keberadaan benjolan dalam tubuh termasuk benjolan kecil di kepala bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui ciri-ciri dari benjolan yang muncul untuk memastikan penyebabnya. Ciri-ciri benjolan yang tumbuh di tubuh berbeda-beda tergantung penyebabnya. Sebenarnya, langkah yang terbaik untuk mengetahui penyebab munculnya benjolan di tubuh adalah dengan memeriksakannya ke dokter.

Adapun benjolan di kepala atau bagian tubuh lainnya yang merupakan penyakit lipoma maka benjolan tersebut terasa lembek dan lembut ketika ditekan karena terdiri dari lemak. Benjolan lipoma ini juga dapat digeser – geser dengan mudah. Ukuran lipoma bervariasi dengan diameter sekitar 1-3 cm, dan dapat tumbuh menjadi lebih besar. Namun biasanya ukuran lipoma ini tidak melebihi 8 cm. Untuk lebih pasti, Anda bisa melakukan CT scan kepala.

Ukuran lipoma biasanya tidak berubah atau membesar dengan cepat karena pertumbuhan lipoma cukup lambat.  Selain itu lipoma biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit dan tidak membahayakan. Akan tetapi dalam kondisi tertentu, lipoma dapat menimbulkan rasa sakit. Lipoma bisa menimbulkan rasa sakit apabila lipoma yang tumbuh mengandung banyak pembuluh darah ataupun menekan saraf.

Penyebab dan Faktor Resiko

Belum diketahui penyebab pasti lipoma, akan tetapi beberapa hal berikut ini diduga menjadi faktor yang dapat menyebabkan orang beresiko.

  • Faktor genetik: Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, akan tetapi diduga lipoma berhubungan dengan faktor genetika. oleh karena itu, orang yang memiliki riwayat keluarga lipoma, lebih beresiko untuk menderita lipoma.
  • Berada di usia lanjut: Meskipun lipoma dapat terjadi pada orang di berbagai usia, namun pada umumnya lipoma lebih banyak terjadi pada orang paruh baya. Orang yang berusia di atas 40an lebih beresiko terjangkit penyakit ini.
  • Sindrom Crowden: Sindrom crowden ini merupakan salah satu sindrom yang bisa memicu munculnya lipoma.
Sponsors Link

Cara Pengobatan Lipoma

Lipoma merupakan jenis tumor jinak yang tidak membahayakan bagi tubuh. Oleh karena itu sebenarnya tidak diperlukan penanganan khusus terhadap penyakit ini. Berbeda halnya apabila lipoma ini dirasa mengganggu penampilan. Maka anda bisa melakukan langkah penanganan tertentu untuk menghilangkan lipoma ini. Selain itu lankah penanganan perlu dilakukan apabila lipoma yang tumbuh menyebabkan rasa sakit karena menekan saraf.

Ada beberapa langkah penanganan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan benjolan yang disebabkan oleh penumpukan lemak ini. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan yang dilakukan untuk menghilangkan lipoma.

  • Operasi

Salah satu langkah pengobatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lipoma adalah dengan jalan operasi. Apabila lipoma tumbuh cukup besar maka kemungkinan langkah pembedahan lipoma ini yang disarankan. Biasanya lipoma tidak akan muncul kembali apabila dilakukan pengangkatan dengan jalan operasi.

  • Liposuction

Karena lipoma merupakan benjolan yang disebabkan oleh timbunan lemak, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan benjolan ini adalah liposuction. Prosedur liposuction akan dilakukan untuk menyedot lemak yang pada benjolan. Akan tetapi biasanya liposuction tidak mengangkat tumor secara menyeluruh, sehingga ada kemungkinan lipoma kembali lagi.

Sponsors Link

  • Penyuntikan Steroid

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengobati lipoma adalah dengan penyuntikan steroid. Namun, suntik steroid ini hanya membantu menyusutkan ukuran saja, tidak benar-benar menghilangkan benjolan.

Selain langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, ada cara lain yang mungkin bisa dijadikan langkah pengobatan lipoma. Langkah di atas hanya merupakan gambaran langkah penanganan lipoma yang umum dilakukan. Akan tetapi untuk menentukan langkah penanganan yang terbaik tentu saja anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, terutama untuk cara mengatasi benjolan di kepala bayi. Anda juga bisa mempelajari cara menghilangkan benjolan di kepala belakang.

Cara Pencegahan Lipoma

Meskipun bukan jenis penyakit (tumor) yang berbahaya, namun tentu saja anda pasti tidak ingin menderita lipoma. Pencegahan adalah pilihan terbaik untuk dilakukan daripada menunggu penyakit muncul dan membuat anda harus melakukan pengobatan. Pencegahan penyakit termasuk lipoma bisa diawali dengan mengubah gaya hidup, menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Contoh gaya hidup yang sehat adalah dengan memperhatikan pola makan dan asupan makanan anda. Asupan makanan merupakan salah satu penentu kesehatan tubuh anda. Konsumsilah makanan-makanan sehat, serta hindari untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak. Obesitas diduga juga merupakan salah satu faktor resiko yang meningkatkan resiko menderita lipoma. Oleh karena itu pastikan agar anda memperhatikan berat badan anda. Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan kebugaran.

Demikian pembahasan mengenai benjolan kecil di kepala tapi tidak sakit. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Apabila benjolan semakin parah, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

, , , ,