Sponsors Link

Bagaimanakah Bentuk Kepala Bayi Cerdas?

Sponsors Link

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan adanya berbagai macam bentuk kepala bayi, dari mulai dalam rahim dari banyak atau sedikitnya air ketuban, kehamilan kembar hingga pada saat proses persalinan berlangsung, saat kepala bayi keluar melewati jalan lahirnya, ada yang dapat dengan mudah keluar, namun adapula yang mengalami berbagai macam kesulitan atau penyulit seperti panggul ibu sempit, ibu lemah dalam mengedan, bayi besar, adanya lilitan tali pusat, distosia bahu dan berbagai penyulit lainnya yang menyebabkan kepala bayi sulit keluar.

ads

Namun, tanpa kita sadari bahwa ternyata ukuran kepala bayi tersebut berpengaruh pada tingkat kecerdasan bayi, ada beberapa penelitian menyatakan bahwa ukuran lingkar kepala bayi dapat menjadi ukuran kecerdasan bagi bayi. Hal tersebut berpengaruh pula pada tumbuh kembangnya.  Otak bayi baru lahir itu seperti komputer baru yang super canggih yang masih memiliki banyak kapasitas untuk menyimpan berbagai macam ilmu dan pengetahuan.

Dan dalam kehidupannya yang pertama, otak bayi yang normalnya memiliki perkembangan yang cukup pesat. Dan sudah sejak lahir pula bayi memiliki indera penglihatan, pendengaran dan juga sentuhan. Sehingga ia dapat mendengar suara yang ada di sekitarnya, sentuhan hangat dari ibu serta melihat apa saja yang ada di sekitarnya. Pada saat memasuki usia tiga atau empat bulan, bayi mulai mengingat dan merekam apa saja yang dilihat dan didengarnya, seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa otak bayi ibarat komputer baru yang sangat canggih dengan kapasitas yang masih banyak yang siap untuk menyimpan banyak informasi dan apa saja yang ia lihat dan juga dengar.

Dan peran orangtua dalam usaha membantu perkembangan otak bayi di bulan – bulan awal ini adalah dengan cara sering mengajak bayi berinteraksi atau mengajak bayi mengobrol, bisa juga dengan membacakan cerita, bermain dengan bayi mainan apa saja yang dapat merangsangnya untuk terus berkembang dan yang sesuai dengan usia mereka. Selain itu juga jangan lupa untuk selalu memberikan makanan yang bergizi tinggi.

Setiap bayi yang dilahirkan umumnya memiliki kesukaan serta kecerdasan yang berbeda – beda, dan berikut beberapa kecerdasan bayi :

  1. Musik : Bayi yang memiliki kecerdasan musik, ia membeda – bedakan suara yang ia dengar. Biasanya bayi dengan kecerdasan musik ini senang jika diajak bernyanyi ataupun memainkan ketukan.
  2. Linguistik : Bayi dengan kecerdasan linguistik ini biasanya ia akan senang sekali dan juga terlihat unggul dalam membaca, menulis, bercerita. Anda dapat mengasahnya dengan lebih sering membacakan cerita untuk nya dan juga mengajaknya ngobrol.
  3. Logika – matematika : Bayi dengan kecerdasan logic math ini ia akan terlihat sangat baik dalam bereksperimen dan berbagai permainan yang menggunakan strategi. Mereka terlihat sangat tertarik untuk melakukan berbagai eksperimen dan melakukan permainan yang menggunakan strategi.
  4. Kinestetik : Pada bayi dengan kecerdasan kinestetik ia memproses pengetahuan melalui indera mereka. Dan mereka biasanya sangat tertarik dan suka dengan olahraga dan apapun yang menggunakan gerakan.
  5. Spasial : Bayi dengan kecerdasan spasial ini ia akan berpikir dalam gambar. Mereka biasanya sangat suka menggambar sesuatu dan menyusun puzzle menjadi suatu gambar yang utuh.
  6. Interpersonal : Jenis kecerdasan interpersonal ini mampu bergaul dengan cepat dengan teman sebayanya, dan mudah akrab.
  7. Intrapersonal : Bayi dengan kecerdasan intrapersonal ini ia biasanya terlihat pemalu dan sangat memahami akan keinginan dan kemauan diri sendiri.
  8. Naturalis : Bayi dengan kecerdasan naturalis ini ia sangat menyukai terhadap tumbuh – tumbuhan atau lingkungan.

Bagaimana bentuk kepala bayi cerdas ?

Umumnya pada bayi yang cerdas menurut sebuah penelitian menyatakan dapat diketahui dari lingkar kepalanya. Pada bayi dengan pertumbuhan lingkar kepala yang cepat pada bulan – bulan pertama kelahiran, cenderung memiliki kecerdasan lebih tinggi dari yang lainnya. Selain itu bentuk kepala bayi tersebut juga bulat. Para ahli dari

Universitas Adelaide Australia, telah melakukan percobaan pada kurang lebih 13.000 bayi baru lahir dan mengamati hingga bayi tersebut mengalami perkembangan, dan dari penelitian tersebut terungkap bahwa 40% dari bayi tersebut yang mengalami pertumbuhan lingkar kepala yang lebih cepat dan dengan bentuk kepala yang bulat mempunyai tingkat IQ yang lebih tinggi. Hal ini karena lingkar kepala yang cenderung bertumbuh cepat tersebut merupakan indikasi dari volume otak yang berkembang dengan cukup baik.

Itulah tadi pembahasan seputar bentuk kepala bayi cerdas. Semoga bermanfaat!

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan