Sponsors Link

Betahistin : Indikasi – Mekanisme Kerja – Efek Samping Obat

Sponsors Link

Permasalahan pada kepala tentu menjadi salah satu kondisi yang dapat memberikan dampak pada kesehatan maupun fungsi dan kinerja dari setiap bagian bagian kepala yang cukup vital. Bagian bagian dari kepala yang cukup vital tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera pengelihatan, hidung sebagai indera penciuman dan awal sistem pernfasan, mulut tepat lidah yang merupakan indera pengecap dan tempat dimana makanan pertama kali dicerna, serta yang paling utama adalah otak sebagai pusat kendali dan saraf manusia.

ads

Ada banyak jenis sakit kepala atau permasalahan pada kepala yang dapat terjadi dengan berbagai dampak serta penyebabnya. Salah satu kondisi sakit kepala yang dapat terjadi pada seseorang adalah vertigo. Vertigo secara definsi menurut wikipedia adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Vertigo dapat muncul dengan gejala mual muntah dan ketidakmampuan penderitanya dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Penyakit vertigo menjadi salah satu jenis sakit kepala yang dapat berlangsung terus menerus sehingga harus dapat diatasi dengan baik dan dicegah agar serangannya tidak kunjung muncul. Salah satu cara mengatasi kondisi vertigo adalah dengan mengkonsumsi obat obatan tertentu yang memeng dikhususkan indikasinya dalam mengatasi gejala vertigo tersebut. Betahistin merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit vertigo. Untuk lebih memberikan pemahaman terhadap obat betahistin tersebut berikut penjelasan mengenai obat betahistin untuk penyakit vertigo.

  1. Indikasi

Betahistin diindikasikan sebagai obat yang berguna untuk mengatasi kondisi penyakit meniere yang dapat menyebabkan munculnya gejala vertigo, gangguan pendengaran, dan telinga berdenging atau dalam istilah medis disebut sebagai tinitis. Jika melihat penjelasan tersebut maka sebenarnya betahistin tidak secara langsung atau spesifik digunakan untuk mengatasi vertigo namun lebih dalam dapat mengatasi salah satu penyebab terjadinya vertigo yakni penyakit meniere. Penyakit meniere sendiri dijelaskan sebagai kondisi gangguan kronis yang terjadi pada telinga bagian dalam.

  1. Mekanisme kerja

Mekanisem kerja dari betahistin sebagai salah satu obat vertigo di apotek ini memang belum dapat dijelaskan secara rinci. Cara kerja yang dapat dipahami dalam penjelasan yang umum yakni betahistin dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah pada telinga bagian dalam dan mengurangi tekanan di dalam telinga melalui zat kimia yang bernama histamin. Efek pelebarang pembuluh darah dan pengurangan tekanan di dalam telinga tersebutlah yang menjadikan obat betahistin banyak digunakan dalam pengatasan kondisi vertigo yang dialami penderitanya. Obat betahistin dapat diperoleh di apotek atas resep dari dokter baik generik maupun merek dagangnya seperti Kurtigo, Histigo, Betaserc, Betahistine, Mesylate, Lexigo Vesitab, Vertikaf, Vertigosan, Versyl, Versilon, Vercure, Vastigo, Rotaver, Mertigo, Meristin, dan Merislon. .

  1. Dosis obat dan cara mengkonsumsinya

Penggunaan betahistin perlu didasari atas rekomendasi dari dokter sebelumnya yang memastikan secara pasti keadaan pasien. Dosis betahistin yang diajurkan berbeda antara sediaan HCl dengan mestilat. Jika betahistine HCl dosisi awalnya 8 – 16 mg sebanyak tiga kali sehari sebagai dosis awal, sedangkan untuk dosis pemeliharaannya adalah 24 – 48 mg per hari. Untuk dosis penggunaan betahistin mestilat adalah sebesar 8 – 12 mg tiga kali sehari. Penggunaan untuk ibu menyusui dan hamil sebaiknya dihindari karena jenis obat ini belum pernah ada penelitian penggunaannya bagi ibu hamil atau menyusui. Penggunaan obat betahistin biasanya dalam jangka yang panjang dan sebaiknya selalu mengkomunikasikannya dengan dokter untuk memastikan kondisi pasien.

  1. Interaksi obat

Setiap obat tentu dapat bereaksi satu sama lain dengan jenis obat lainnnya. Betahistin dapat berinteraksi dengan obat antihitamin dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas, obat asma seperti salbutamol dan salmeterol dapat mengalami penurunan efek jika digunakan bersamaan dengan betahistin. Penggunaan obat betahistin tidak dapat mencegah datangnya serangan vertigo namun dapat membantu dalam mengatasi dan mengurangi dapat yang diberikan oleh munculnya gejala vertigo tersebut.

Sponsors Link

  1. Efek samping obat

Beberapa efek samping obat betahistin dapat muncul ketika memang penggunaannya tidak diawasi atau dilakukan dengan baik dan benar atau reaksi dari tubuh terhadap obat tersebut. Beberapa efek samping yang dapat muncul dari obat betahistin diantaranya seperti kulit yang gatal, munculnya ruam pada kulit, pembengkakan yang terjadi pada lidah, wajah, bibir, dan tenggorokan, sakit kepala, sesak nafas dan sulit untuk menelan, mual muntah, dan perut yang terasa sakit.

  1. Kontraindikasi

Penggunaan obat betahistin perlu diperhatikan bagi pasien dengan kondisi tertentu karena dapat menyebabkan kontraindikasi dan mengarah pada kondisi yang berdampak buruk.  Penderita kondisi feokromositoma dan hipersensitivitas terhadap suatu kandungan obat tertentu tidak boleh mengkonsumsi obat betahistin karena dapat menyebabkan terjadinya kontrasindikasi yang bukan menjadi manfaat malah menyebabkan dampak buruk. Selain itu, penderita vertigo yang sedang hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat betahistin mestilat kecuali ada saran dan rekomendasi dari dokter mengingat keparahan kondisi yang dialami. Untuk menghindari kontrasindikasi dan efek samping yang ada maka sebaiknya penggunaan betahistin hanya berdasarkan dari rekomendasi dokter melalui resep.

Itulah beberapa penjelasan mengenai obat betahistin untuk penyakit vertigo yang diulas dalam uraian diatas. Dalam penjelasan diatas diketahui bahwa betahistin dapat digunakan untuk mengobati vertigo terutama mengatasi salah satu penyebab terjadinya vertigo yakni penyakit meniere. Penggunaan betahistin sebagai obat keras harus digunakan atas rekomendasi dari dokter melalui pemberian resep. Betahistin dapat diperoleh dibeberapa apotek dan memang sudah sangat populer sebagai salah satu obat yang digunakan dalam mengatasi serangan vertigo. Dalam penjelasan diatas juga diketahui bahwa betahistin hanya digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan serangan vertigo dan bukan untuk mencegahnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan