Sponsors Link

Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Buah Semangka untuk Vertigo

Sponsors Link

Kepala menjadi bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran sangat vital dalam setiap aktivitasnya. Berbagai bagian bagian kepala memiliki fungsi masing masing yang penting untuk membantu dalam menjalani setiap proses yang terjadi pada tubuh. Adanya permasalahan pada kepala dapat menyebabkan gangguan yang tentunya bisa menjadikan aktivitas harian menjadi terhambat. Setiap orang tentu pernah merasakan kondisi permasalahan kesehatan yang terjadi pada kepala, contoh paling umumnya adalah kondisi pusing atau sakit kepala.

ads

Jenis sakit kepala paling ringan seperti pusing itu saja dapat memberikan dampak yang cukup besar terasa oleh tubuh. Pusing menyebabkan rasa nyeri dibagian kepala yang menjadikan seseorang kehilangan kemampuan untuk tetap fokus, berfikir, berkonsentrasi lama, hingga lebih menginginkan untuk beristirahat dan tidak beraktivitas. Jika pusing saja menyebabkan hal tersebut, apalah jenis sakit kepala lainnya yang membutuhkan penanganan lebih seperti contohnya kondisi vertigo sebagai permasalahan kepala kronis yang dapat terjadi berulang dan kambuhan.

Vertigo dalam penjelasan yang ditulis di wikipedia adalah salah satu jenis sakit kepala di mana penderita akan mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya seperti gerakan berputar atau melayang yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Seseorang yang mengalami vertigo akan merasakan kondisi kepala yang pusing dengan sensasi kehilangan kesimbangan serta kebingungan dengan adanya gerakan benda disekitar. Untuk dapat mengatasi vertigo maka ada beberapa jenis tumbuhan atau tanaman yang memiliki manfaat positif bagi penderita vertigo yang salah satunya adalah semangka dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kandungan semangka

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang cukup favorit di masyarakat dan dapat dinikmati sepanjang tahun mengingat ketersediaanya yang melimpah. Semangka dengan bentuknya yang khas dan warna merah dagingnya, menjadi salah satu buah yang sangat menyegarkan serta kerap kali dijadikan bahan dalam berbagai macam bentuk olahan minuman seperti es buah dan jus buah. Selain enak dan menyegarkan, semangka ternyata memiliki manfaat yang positif bagi tubuh karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

Beberapa kandungan senyawa dan nutrisi yang terdapat di dalam buah semangka tersebut diantaranya seperti vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh, vitamin A, kalsium, magnesium, dan beberapa vitamin lain yang kadarnya tidak tinggi yakni vitamin B1. B5. B6. Selain kandungan yang ada diatas, buah semangka juga mengandung beberapa senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh serta manfaat lainnya yakni licopen, beta karoten, dan citrulline.

  1. Manfaat semangka untuk vertigo

Seperti yang sudah disinggung dalam pembahasan kandungan buah semangka diatas, ada beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh dari buah berair tersebut. Beberapa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh dari buah semangka diantaranya seperti menjaga kesehatan jantung karena kandungan licopen yang tinggi, membantu memenuhi beberapa nutrisi harian tubuh, menghidrasi tubuh dan membantu mengatasi demam, menjaga kesehatan rambut dan kulit, mengatasi nyeri otot, serta membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Selain manfaat yang disebutkan diatas, semangka juga merupakan buah untuk penderita vertigo untuk membantu mengatasi permasalahan vertigo. Dengan kandungan air yang tinggi pada buah semangka dapat membantu menjaga hidrasi tubuh yang baik sehingga mencegah terjadinya sakit kepala maupun vertigo. Nutrisi yang terkandung di dalam buah semangka juga dapat membantu mencegah permasalahan pada saraf pusat maupun perifer sebagai salah satu penyebab munculnya gejala vertigo. Semangka juga dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh yang akan menjaga kesehatan secara umum.

  1. Cara konsumsi semangka untuk vertigo

Setelah mengetahui manfaat dari buah semangka untuk vertigo diatas, maka agar dampak positif yang ada dapat dirasakan, konsumsi semangka harus dilakukan dengan benar. Cara konsumsi semangka untuk vertigo sebenarnya sangat sederhana namun tetap perlu ada beberapa hal yang semestinya dapat diperhatikan dengan baik. Berikut penjelasan mengenai cara konsumsi semangka untuk vertigo diantaranya seperti :

Sponsors Link

  • Konsumsi semangka yang segar dan matang

Untuk mendapatkan manfaat yang positif dari buah semangka maka pilihlah buah yang masih segar dan matang untuk dikonsumsi. Buah semangka dapat dikonsumsi langsung setiap harinya seperti mengkonsumsi buah pada umumnya. Dengan ukuran buah semangka yang besar maka usahakan untuk tidak menyimpan buah yang sudah dipotong dalam waktu lama di lemari pendingin.

  • Olah menjadi jus

Untuk memudahkan konsumsi buah semangka dalam jumlah yang cukup maka dapat diolah menjadi jus yang siap untuk diminum. Jus semangka yang dikonsumsi sebaiknya juga baru dibuat dari buah semangka segar bukan jus dalam kemasan atau jus yang terlalu lama disimpan di lemari pendingin.

  • Konsumsi setiap hari

Agar manfaat dapat dirasakan selalu, konsumsi buah semangka dapat dilakukan setiap hari. Asal tidak berlebihan, buah semangka yang dikonsumsi setiap hari tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Bahan lain untuk mengatasi vertigo

Selain buah semangka, ada bahan lain yang dapat dikonsumsi dan dikombinasikan dengan buah tersebut untuk membantu dalam mengatasi serangan vertigo atau mencegahnya untuk tidak kambuh. Beberapa bahan lain yang dapat bermanfaat untuk penderita vertigo tersebut diantaranya seperti jahe, yogurt, biji labu, pisang, dan teh hijau yang memang telah dikenal sebagai jenis teh dengan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah semangka untuk vertigo dan bagaimana cara mengkonsumsinya agar dapat mencegah terjadinya serangan vertigo. Seperti dalam ulasan diatas, buah semangka sebaiknya dikombinasikan dengan bahan lain untuk dapat memberikan efek dan manfaat yang lebih baik untuk penderita vertigo.

, , , ,
Oleh :