Sponsors Link

10 Cara Melancarkan Oksigen ke Otak Secara Alami

Sponsors Link

Otak menjadi bagian yang sangat penting untuk tubuh kita. Di bagian otak ada banyak sistem syaraf yang bahkan ada yang memiliki fungsi untuk membantu kita membuat keputusan. Semua bagian otak membutuhkan nutrisi berupa darah yang kaya dengan oksigen. Darah akan didapatkan dari jantung lalu kemudian mengalir melalui pembuluh darah yang sangat banyak pada otak. Jika aliran darah tidak cukup maka bisa menyebabkan sakit kepala.

ads

Efek lain dari masalah aliran darah yang buruk di otak juga akan membuat konsentrasi menurun dengan cepat, tidak bisa respon dengan baik, kuku tampak lebih putih, kaki dan tangan sering dingin, dan sering kram pada kaki. Efek ini juga sangat tidak menyenangkan karena secara umum tubuh menunjukkan gejala sakit. Lalu bagaimana cara agar aliran darah ke otak cukup? Berikut ini adalah cara melancarkan oksigen ke otak paling alami.

  • Cukupi zat besi

Zat besi menjadi mineral yang sangat baik untuk membuat aliran darah ke otak berjalan lebih lancar. Ini karena zat besi akan membuat darah kaya dengan hemoglobin. Hemoglobin akan membuat darah kaya dengan oksigen dari sel darah merah sehingga proses aliran darah menjadi sangat lancar. Berbagai cara untuk mendapatkan zat besi seperti konsumsi suplemen zat besi, konsumsi makanan seperti sayuran hijau, brokoli, kubis, bayam. Juga bisa mendapatkan zat besi dari telur, rumput laut, dan makanan laut. Zat besi juga bisa menjadi mineral baik untuk mengatasi sakit kepala karena anemia.

  • Membuat tubuh tetap aktif

Cara lain yang sangat baik adalah dengan olahraga. Membuat tubuh aktif secara rutin akan membuat kadar hemoglobin menjadi lebih banyak. Gerakan akan mendorong sistem pembuluh darah bekerja secara normal. Hal ini karena ketika tubuh banyak bergerak maka jantung akan bekerja secara aktif. Jantung memompa darah ke semua bagian tubuh sehingga semua bagian tubuh mendapatkan aliran darah yang cukup, termasuk untuk bagian otak. Gerakan yang sangat baik untuk menjaga aliran darah seperti dengan jalan kaki, bersepeda, senam dan berlari. Atau jika Anda menguasai yoga maka bisa melakukan gerakan yoga untuk sakit kepala.

  • Makanan pedas

Jika Anda mengalami masalah gangguan aliran darah maka cobalah untuk mengonsumsi makanan pedas seperti makanan yang dimasak dengan cabai rawit. Rasa pedas yang sangat kuat dari cabai rawit bisa menyembuhkan masalah aliran darah yang lambat di otak. Perlu disadari bahwa peredaran darah yang lambat akan menyebabkan sakit kepala berdenyut hebat. Untuk itu makan pedas seperti cabai rawit akan membantu trombosit naik dengan stabil. Kemudian adanya bahan capcaisin dalam cabai rawit juga dipercaya bisa menjaga fungsi aliran darah agar normal dan mempengaruhi suasana hati karena sel otak yang menerima aliran darah dengan cukup.

  • Ginko biloba

Ginko biloba ternyata tidak hanya sebagai suplemen cara mengatasi sakit kepala tegang tapi juga untuk meningkatkan aliran darah yang cukup ke otak. Ginko biloba berfungsi untuk menjaga agar aliran darah stabil, sistem pembekuan dan pengenceran darah menjadi normal dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Efeknya tentu sangat baik karena suplemen ini juga akan membuat kerja otak menjadi lebih maksimal. Bahkan sangat penting untuk meningkatkan kapasitas memori otak.

  • Makan ikan salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan yang sangat baik untuk menjaga fungsi otak lebih normal atau kesehatan otak yang seimbang. Ikan salmon sangat kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 yang juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh menjadi normal. Ini menjadi bahan yang sangat aktif untuk menjaga sel-sel otak bekerja cukup baik. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 sangat penting untuk membuat pembuluh darah pada otak menjadi lebih elastis, menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

  • Hilangkan kebiasaan menyilangkan kaki

Kebiasaan menyilangkan kaki ternyata juga tidak baik untuk kesehatan peredaran darah. Namun kebiasaan ini sering dilakukan terutama ketika bekerja sambil duduk dalam waktu yang lama. Menyilangkan kaki sebenarnya tidak hanya buruk untuk pembentukan postur tubuh tapi juga bisa merusak sistem peredaran darah dalam tubuh. Di bagian kaki memang ada pembuluh darah balik vena yang akan membawa darah dari jantung ke kaki serta sebaliknya. Hambatan akibat kaki yang bersilang akan membuat aliran darah tidak lancar termasuk aliran darah ke otak.

Sponsors Link

  • Minum teh jahe

Jahe adalah sumber obat yang sangat alami dan tradisional. Tapi ternyata jahe sangat baik untuk menjaga aliran darah sempurna dan sehat. Jahe mengandung gingerol yang akan berfungsi untuk menstimulasi aliran darah yang lebih baik ke semua organ tubuh termasuk otak. Untuk mendapatkan manfaat ini maka sebaiknya minum teh jahe yang diseduh dari jahe segar dengan air hangat.

  • Makan coklat hitam

Coklat hitam adalah makanan yang mengandung kafein dan kaya dengan senyawa polifenol. Berlainan dengan kafein yang mungkin memicu reaksi buruk pada tubuh, ternyata polifenol bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Bahkan polifenol sangat baik untuk menjaga proses dilatasi di pembuluh darah semakin sempurna.

  • Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup sangat baik untuk membantu tubuh memiliki aliran darah yang lancar. Air mengandung mineral yang akan membuat kebutuhan mineral tercukupi. Kemudian air memiliki efek seperti membilas pada tubuh yaitu mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Akibatnya darah yang ada pada tubuh hanyalah darah yang bersih dan sehat. Tentu saja untuk mendapatkan manfaat ini maka sebaiknya air putih diminum dengan cara yang tepat. Tidak langsung minum banyak dan menjaga agar tubuh terhidrasi sebelum haus.

  • Berjemur di pagi hari

Efek panas dari sinar matahari pagi ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Hal ini ternyata juga didukung oleh vitamin D yang masuk ke dalam tubuh. Efek panas dari sinar matahari juga akan membuat kondisi otak seperti mendapatkan rangsangan secara langsung. Kemudian juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Itulah cara melancarkan oksigen ke otak paling alami. Dengan melakukan semua cara ini maka bisa membuat otak sehat dan terhindar dari masalah pada kepala seperti sakit kepala dan konsentrasi yang buruk.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup, Pencegahan