Sponsors Link

5 Cara Memijat Kepala Agar Rileks dan Tidak Sakit Lagi

Sponsors Link

Tak jarang karena aktivitas yang padat dan pekerjaan yang menumpuk setiap harinya membuat otot-otot di dalam tubuh tegang hingga menyebabkan sakit kepala yang tak tertahankan. Jika dibiarkan terus menerus, tentunya ini akan sangat tidak nyaman dan mengganggu fokus anda saat sedang melakukan pekerjaan. Cara mengobati sakit kepala yang tak kunjung sembuh sebenarnya bisa dilakukan tanpa mengkonsumsi obat-obatan.

ads

Apalagi perlu anda ketahui jika terdapat efek terlalu banyak minum obat sakit kepala yang perlu diperhatikan. Anda bisa mengatasi sakit kepala dan otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks dengan cara pijat. Bahkan cara ini bisa anda lakukan sendiri di rumah, asal anda mengetahui teknik yang tepat. Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara memijat kepala agar rileks dan mengurangi stress.

1. Pijat Bagian Tengah Kepala

Anda bisa memposisikan ujung jari anda di atas kepala tepat di bagian tengah dan posisi ibu jari berada di sisi sebelah telinga. Setelah itu lakukan gerakan memutar perlahan, mulai dari atas sampai ke bagian belakang kepala selama beberapa kali. Selanjutnya anda bisa meletakkan ibu jari di bagian tulang pipi serta jari telunjuk dan jari tengah diantara telinga dan mata.

Pijat dengan gerakan memutar pada bagian tersebut selama beberapa menit secara perlahan. Anda bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali.

2. Pijat Kedua Mata

Anda bisa beralih memijat kedua mata anda untuk membuat kepala merasa lebih rileks dan tidak tegang. Untuk memijat mata, anda bisa menekan perlahan di kedua area mata, tepatnya di bagian dalam yang berdekatan dengan hidung. Gunakan kedua ibu jari dan lakukan cara ini selama beberapa detik. Setelah itu lanjutkan pijatan dengan gerakan memutar ke area mata bagian luar atas perlahan.

Dengan gerakan yang sama, anda bisa menggunakan jari telunjuk dan posisikan di bagian bawah mata. Kemudian usapkan kedua tangan sembari menutup kedua mata sehingga anda bisa mendapatkan sensasi hangat dan mata menjadi lebih rileks. Hal ini juga bisa mengatasi mata kunang-kunang kepala pusing perut mual.

3. Pijat Lembut Di Kulit Kepala

Cara memijat kepala agar rileks lainnya bisa anda lakukan ketika mandi. Ambil sedikit shampo dan kemudian usapkan ke rambut yang sudah dibasahi sebelumnya. Gunakan shampo yang memiliki aroma yang dapat membuat kepala terasa rileks serta sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut.

Pijat dengan perlahan untuk mengurangi tegang dan stress di kepala anda. Pijat rambut ini juga dapat membantu untuk menguatkan rambut dikarenakan peredaran darah menjadi lebih lancar. Rambut juga akan lebih sehat dan terangsang untuk lebih panjang lagi. Lakukan cara ini kurang lebih 10-15 menit.

4. Pijatan Di Wajah

Pijatan di wajah juga bisa anda lakukan untuk membuat kepala menjadi lebih rileks. Sembari membersihkan wajah, anda bisa melakukan pijatan yang lembut ke atas wajah. Kemudian lanjutkan pijatan ke samping mata hingga ke atas kening, dagu, sampai ke atas pipi.

Jangan lupa untuk membersihkan dan lakukan pijatan ringan di sekitar tengkuk dan leher. Ini sangat membantu meredakan stress dan membuat wajah terlihat rileks. Cara menghilangkan sakit kepala akibat stres ini bisa anda lakukan dimanapun dan kapanpun.

5. Pijatan Di Telinga

Pijatan di telinga juga membantu untuk membuat kepala menjadi lebih rileks, apalagi setelah lelah bekerja seharian. Hal ini dikarenakan telinga merupakan organ yang tersambung dengan otak. Pijat dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Dan lakukan kurang lebih sekitar 7-8 kali dan anda bisa merasakan sensasi yang menyenangkan.

Sponsors Link

Tak hanya kepala, anda bisa memijat bagian tubuh lainnya untuk membuat kepala dan tubuh anda menjadi lebih rileks. Misalnya saja seperti memijat bagian kaki. Anda tinggal duduk di kursi dan injak bola tenis yang ditempatkan di lantai dengan menggunakan kaki.

Kemudian gerakkan bola tersebut dari bagian ujung hingga belakang telapak kaki. Lakukan gerakan ini beberapa kali dan lanjutkan dengan gerakan memutar dengan menempatkan bola tenis di tengah telapak kaki. Jika tidak ada bola, anda bisa menggantinya menggunakan botol yang berisikan air panas.

Anda juga bisa memijat bagian pundak, ini tak hanya bisa membuat kepala rileks namun juga mengatasi otot leher tegang kepala pusing. Tempatkan handuk hangat di bagian belakang pundak serta leher yang sering merasa kaku dan lelah. Biarkan beberapa saat dan setelah itu anda bisa melepaskan kompres. Letakkan kedua tangan anda secara berlawanan pada bagian dada atas dan lakukan gerakan yang berlawanan hingga mendekati lengan. Lakukan cara ini beberapa kali hingga tubuh merasa rileks.

Tak hanya dengan pijat, anda juga bisa mengatasi kepala yang tegang dan membuatnya lebih rileks dengan cara lainnya. Misalnya dengan relaksasi, ini akan sangat membantu untuk meredakan sakit kepala yang tegang akibat stress dan tekanan. Relaksasi yang bisa anda lakukan seperti yoga, meditasi, dan olahraga lainnya. Atau anda bisa juga mengompres kepala, dahi, dan leher menggunakan air hangat. Ini juga menjadi cara mengobati kepala terasa melayang yang ampuh dilakukan.

Jika penanganan yang dilakukan di rumah belum dapat membuat kepala menjadi rileks, mungkin anda bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti Paracetamol dan konsumsi sesuai dengan petunjuk yang ada. Selain itu, anda juga harus mencegah sakit kepala akibat tegang dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga secara teratur, menjaga berat badan, istirahat yang cukup. Nah itu tadi cara memijat kepala agar rileks yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Semoga cara diatas bermanfaat untuk anda.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kesehatan, Pengobatan