Sponsors Link

20 Cara Mencegah Vertigo agar Tidak Kambuh Paling Ampuh

Sponsors Link

Cara mencegah vertigo menyerang seseorang dapat dilakukan dengan mengetahui kunci pencegahannya. Seperti diketahui, vertigo merupakan penyakit yang tidak dapat dipungkiri dapat membahayakan kesehatan siapa saja. Vertigo pun tidak memandang bulu dalam menyerang seseorang. Ada yang terserang vertigo di usia senja, muda, bahkan anak-anak.

ads

Vertigo yang dapat dicegah dengan baik membuat banyak gejala vertigo yang berbahaya dapat dihindari. Apa saja gejala vertigo yang harus diwaspadai dan dicegah dengan aktif? Untuk menginformasi anda berikut ini beberapa gejala vertigo yang harus anda perhatikan untuk hindari dengan berbagai macam cara. Selamat membaca!

 Gejala Vertigo yang Harus Dicegah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak gejala penyakit vertigo yang berbahaya dan harus anda waspadai. Berikut ini informasi mengenai beberapa gejala vertigo tersebut. Ada 8 gejala yang pastinya seringkali dialami oleh para penderita vertigo. Oleh sebab itu, ketahuilah berbagai gejala ini dan cegahlah serangannya pada anda dan keluarga anda.

  1. Gejala yang biasanya berupa sakit kepala terus menerus yang sangat parah dirasakan. Khususnya ketika kepala Anda digerakkan ke satu arah. Alasan gejala ini terjadi pada penderita vertigo adalah keseimbangan tubuh yang terganggu. Itulah mengapa penyakit vertigo menyebabkan tubuh Anda sulit menyeimbangkan gerakan ke satu arah, seperti juga gerakan kepala ke satu arah.
  2. Gejala yang dialami penderita vertigo adalah muntah dan mual yang sering kambuh. Memang diakui, penderita vertigo diketahui akan sering mengalami rasa ingin muntah atau mual dan juga diikuti oleh muntah. Tentunya sakit kepala biasa tidak akan sampai membuat seseorang muntah, seperti pada penyakit vertigo yang satu ini.
  3. Penderita vertigo juga biasanya sangat lemah pada bagian mata. Gerakan tiba-tiba seperti membuka dan menutup mata dapat menyebabkan pusing yang sangat hebat. Tidak jarang gerakan mata tiba-tiba ini dapat menyebabkan penderita tersebut jatuh karena pusingnya.
  4. Sering merasa lingkungan sekitar berputar adalah salah satu ciri utama dari penyakit vertigo ini. Seseorang yang menderita vertigo akan mudah merasa berputar ketika bergerak. Misalnya saja menggerakkan kepala, bangun tidur, bangun dari duduk, dan gerakan lainnya yang membutuhkan perpindahan cukup besar.
  5. Gejala lainnya yang menandakan seseorang menderita vertigo adalah gejala nafsu makan yang terus menurun. Keadaan syaraf yang terganggu menyebabkan seseorang akan mengalami kesulitan dalam menelan, terutama bagi penderita vertigo yang disebabkan oleh inflamasi labirin. Hal ini akan mempengaruhi proses pencernaan dan penderita menjadi tidak bernafsu makan.
  6. Pandangan mata yang sering berbayang atau kabur juga merupakan gejala vertigo yang tidak dapat dihindari. Hal ini masih berkaitan dengan syaraf yang terganggu yang juga menyebabkan vertigo dapat terjadi.
  7. Tidak jarang penderita vertigo juga mengalami gangguan dalam pendengaran. Misalnya ketika mendengar bunyi yang besar, penderita vertigo akan merasa pusing dan sakit kepala tersebut tidak lagi tertahankan.
  8. Seorang penderita vertigo biasanya sering mengalami keringat dingin. Hal ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya disebabkan oleh keseimbangan tubuh yang terganggu dan pengaturan suhu pun menjadi tidak stabil.

Itulah tadi informasi mengenai gejala penyakit vertigo yang harus segera dicegah. Bagaimana pencegahan penyakit vertigo dapat dilakukan? Ada beberapa cara untuk mencegah vertigo menyerang kesehatan manusia. Informasi mengenai berbagai macam cara pencegahan tersebut seperti dijelaskan berikut ini.

Cara Mencegah Vertigo Menyerang Kesehatan Anda

Setelah dijelaskan di atas, diketahui ada 12 cara mencegah vertigo untuk yang belum mengalaminya maupun yang sudah, agar tidak kambuh. Berbagai cara ini dapat anda lakukan sesuai dengan permasalahan yang sering anda alami yang kemudian menyebabkan vertigo menyerang anda. Apa sajakah keduabelas cara tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Pola hidup yang sehat sulit sekali dimiliki masyarakat saat ini. Masyarakat seringkali sulit memiliki kehidupan yang sehat. Waktu yang padat dengan aktivitas, membuat seseorang menjadi lebih memilih untuk beristirahat daripada berolahraga. Lebih memilih untuk makan makanan cepat saji daripada makanan sehat. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk menjaga pola hidup yang sehat dengan waktu yang tetap padat. Vertigo pun dapat dicegah dengan maksimal dengan memiliki hidup yang sehat.

2. Menghindari Kondisi Anemia

Anemia merupakan kondisi yang menunjukkan seseorang dalam kondisi kekurangan darah. Kekurangan darah dapat ditunjukkan dengan kondisi kepala yang mudah pusing dan berputar-putar. Menjaga kondisi tubuh terhindar dari anemia membuat pembentukan sel darah merah menjadi lebih maksimal. Sehingga tubuh pun tidak mudah lagi terkena penyakit vertigo. Karena penyakit vertigo berpengaruh dengan sel darah yang kurang dan membuat seseorang menjadi mudah pusing dan berputar-putar. Oleh sebab itu, hindarilah kondisi anemia sebisa mungkin anda lakukan.

Sponsors Link

3. Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol merupakan kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan oleh masyarakat masa kini. Konsumsi minuman beralkohol ini seringkali dikira sebagai gaya hidup terkini yang membuat semakin banyak anak-anak memiliki kecanduan pada minuman beralkohol. Dalam hal mencegah penyakit vertigo, salah satu cara pencegahan vertigo pun dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol ini dapat membuat penyakit vertigo menjadi lebih mudah kambuh dan semakin mudah sakit.

4. Mengelola Stress dengan Baik

Stress juga diketahui dapat memicu penyakit vertigo. Alasannya karena beban stress akan menekan beberapa saraf kepala yang kemudian memicu rasa sakit berputar. Berbagai permasalahan penyakit vertigo ini dapat anda hindari dengan mengelola stress dengan baik. Oleh karena itu, cara mencegah vertigo yang populer juga dikenal dengan mengelola stress. Kelolah stress dengan baik dan dapatkanlah tubuh sehat anda yang terbebas dari vertigo. Tubuh anda pun dapat kembali lebih sehat dan tidak lagi tertekan gejala vertigo.

5. Memosisikan Kepala yang Lebih Tinggi saat Tidur

Satu lagi cara pencegahan vertigo terjadi pada seseorang dilakukan dengan memposisikan kepala dengan tepat saat tidur. Posisi kepala selama tidur yang tidak tepat sangat membahayakan. Hal ini dilatarbelakangi oleh tersumbatnya aliran darah ke kepala. Oleh sebab itu, cara tidur orang vertigo diharapkan dapat memposisikan kepala yang lebih tinggi saat tidur. Posisi kepala yang lebih tinggi dapat membuat kepala dapat lebih mudah menerima dan mengalirkan darah. Sakit kepala seperti vertigo pun dapat lebih mudah dicegah.

ads

6. Menghindari Perubahan Posisi secara Mendadak

Perubahan posisi secara mendadak pun diketahui sangat membahayakan untuk menimbulkan vertigo. Hal ini diketahui karena vertigo memang ditimbulkan oleh permasalahan keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh yang terganggu ini menyebabkan pergerakan tiba-tiba dapat membuat lingkungan berputar dan terasa pusing mendadak. Oleh sebab itu, bergeraklah perlahan-lahan dan hindari perubahan posisi mendadak yang membahayakan vertigo dapat menyerang seseorang. Jadi mulai sekarang berhati-hatilah dalam bergerak dan cegah vertigo menyerang.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang terjaga kesehatannya diketahui penting untuk menentukan apakah seseorang dapat terkena penyakit vertigo atau tidak. Seperti diketahui, jantung yang sehat menentukan peredaran darah yang lancar. Tanpa peredaran darah yang lancar, maka aliran darah menuju ke kepala pun seringkali tersumbat. Oleh sebab itu, lakukanlah berbagai upaya untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga kesehatan jantung pun dapat memastikan penyakit vertigo anda tidak mudah kambuh lagi. Mulai dari sekarang jagalah kesehatan anda dengan baik.

8. Menjaga Kesehatan Telinga

Kesehatan telinga diketahui juga berhubungan dengan penyakit vertigo yang sering menyerang seseorang. Seperti diketahui, telinga memiliki saluran di bagian dalam yang disebut dengan labirin. Kondisi labirin yang tidak sehat dapat berbahaya karena akan menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat memastikan kesehatan telinga anda terus terjaga. Pastikan untuk selalu membersihkan telinga dan menjaganya dari resiko cedera. Dengan demikian, telinga anda pun dapat terus menjaga keseimbangan tubuh.

9. Menghindari Konsumsi Obat-Obatan Kimia Berlebihan

Obat-obatan kimia yang dikonsumsi berlebihan seringkali menjadi penyebab kerusakan telinga. Jika telinga rusak, maka keseimbangan tubuh dapat terganggu. Keseimbangan tubuh yang terganggu kemudian menyebabkan vertigo terjadi. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi obat obatan kimia berlebihan untuk mencegah vertigo terjadi. Jadi cara mencegah vertigo kemudian adalah menghindari konsumsi obat obatan kimia berlebihan secara sering dan rutin.

10. Menghindari Cedera pada Bagian Kepala

Cedera pada bagian kepala juga seringkali menjadi penyebab sakit kepala, misalnya vertigo. Kepala dapat cedera akibat berbagai kecelakaan. Misalnya pukulan benda tumpul dan memar pada kepala menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk menjaga kesehatan kepalanya. Seseorang yang mengalami cedera kepala dapat menyebabkan vertigo menjadi lebih mudah kambuh. Oleh sebab itu, hindarilah cedera pada bagian kepala anda untuk mencegah vertigo kambuh.

11. Menghindari Cedera pada Bagian Tulang Belakang

Tulang belakang juga merupakan pusat saraf manusia. Untuk itu, penting menjaga kesehatan tubuh seseorang dengan tidak membiarkan bagian tulang belakangnya menjadi cedera. Tulang belakang yang cedera dapat mempengaruhi saraf dan menimbulkan penyakit kepala seperti vertigo. Oleh karena itu, pastikanlah untuk menjaga kesehatan kepala anda dan menghindari vertigo dengan menghindari cedera pada bagian tulang belakang anda.

12. Mengonsumsi Makanan yang Bernutrisi Baik

Makanan yang bernutrisi baik perlu untuk dikonsumsi agar kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik. Memiliki tubuh dengan kekebalan tinggi menjamin kesehatan tubuh dapat lebih mudah dijaga dari serangan penyakit. Termasuk juga serangan penyakit vertigo. Oleh sebab itu, pastikanlah untuk menjaga kesehatan tubuh anda dengan tidak mengonsumsi makanan penyebab vertigo kambuh, seperti makanan beku, jeroan, daging yang berlebihan, dll. Selalulah mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh Anda.

Demikianlah informasi mengenai cara mencegah vertigo. Semoga informasi mengenai ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan berbagai masalah kesehatan yang menyebabkan vertigo mudah kambuh. Oleh karena itu, lakukanlah cara-cara pencegahan di atas dengan baik dan milikilah hidup sehat tanpa penyakit yang membahayakan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan