Sponsors Link

Cara Mengatasi Kepala Bayi Yang Miring Sebelah Secara Efektif

Sponsors Link

Kepala merupakan salah satu bagian penting yang terdapat di dalam tubuh manusia dengan segala peran dan fungsinya yang sangat berguna bagi setiap aktivitas yang dijalani oleh manusia. Adanya peran bagian bagian kepala yang penting seperti indera mata yang digunakan untuk fungsi melihat, indera kuping untuk pendengaran, indera lidah untuk merasakan sesuatu, indera hidung untuk mencium dan membau, serta otak sebagai pusat dari sistem syarap pusat yang tentunya harus diperhatikan agar tidak mengalami gangguan.

ads

Gangguan pada kepala menjadi salah satu kondisi yang mungkin sering dialami oleh setiap manusia baik yang ringan hingga yang berat. Sakit kepala dalam bentuk apapun terutama yang tidak kunjung menunjukan kondisi lebih baik tentu harus mendapatkan berhatian yang lebih agar tidak menyebabkan permasalahan kesehatan yang lebih luas. Meskipun kepala memilik perlindungan yang lebih kuat dibandingkan bagian tubuh lainnya namun usaha untuk menjaga kepada dalam bentuk dan peran yang normal harus tetap dilakukan.

Proses menjaga bentuk kepala agar tetap normal tersebut dapat dan perlu dilakukan sejak bayi oleh ibu sebagai orang tua. Kondisi gangguan kepala dapat terjadi pada ibu hamil yang bisa jadi mempengaruhi bentuk kepala secara langsung yang salah satunya adalah keadaan dimana kepala bayi miring sebelah. Untuk dapat mencegah hal yang lebih buruk terjadi, berikut ini beberapa cara mengatasi kepala bayi yang miring sebelah dalam penjelasan dan ulasan di bawah ini.

  1. Memastikan penyebab kepala bayi miring sebelah

Sebelum menentukan cara yang tepat untuk mengatasi masalah kepala bayi yang miring sebelah maka hal yang harus dilakukan adalah memastikan terlebih dahulu penyebab dari munculnya keadaan atau jenis sakit kepala yang tidak normal pada bayi tersebut. Penentuan penyebab kepala bayi miring sebelah diperlukan untuk memastikan cara yang memang benar benar tepat sesuai kondisi yang memang seharusnya dibenarkan. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kepala bayi miring sebelah diantaranya seperti :

  • Tortikolis, Kondisi tortikolis menjadi penyebab pertama kenapa bayi mengalami masalah kepala yang miring sebelah. Tortikolis tersebut dapat terjadi akibat adanya keadaan tulang leher yang memendek serta otot yang tegang sebagai permasalahan pada bayi sejak di dalam rahim ibu selama masa kehamilan. Meskipun tidak menyebabkan kondisi yang menyakitkan pada bayi, tortikolis harus diatasi agar tidak berdampak psikologis ketika bayi dewasa.
  • Masalah pada tulang leher, penyebab selanjutnya yang dapat menjadikan kepala bayi miring sebelah adalah karena tulang leher yang bermasalah. Kondisi tulang leher yang tidak terbentuk dengan sempurna sudah terjadi sejak di dalam kandungan. Untuk memastikan kondisi ini diperlukan pemeriksaan medis dengan rontgen agar dapat melihat struktur dari tulang leher apakah normal atau bermasalah. Kondisi kepala yang miring tentu berbeda dengan kepala bayi peyang.
  • Otot leher yang bermasalah, otot leher pada bayi dapat mengalami masalah seperti kaku dan menjadikan kepala bayi miring. Keadaan otot leher yang bermasalah tersebut lebih umum terjadi akibat posisi bayi yang salah pada saat berada di dalam rahim dan terbawa ketika bayi terlahir. Kondisi kepala yang mirin merupakan salah satu dari macam macam bentuk kepala bayi yang tidak normal.
  1. Melakukan Fisioterapi

Ketika bayi mengalami kondisi kepala yang miring sebelah maka ibu harus sedini mungkin segera mengetahui kondisi tersebut. Jika kondisi bayi yang kepalanya miring dapat segera diketahui maka pilihan terapi yang akan dilakukan adalah fisioterapi sebagai cara mengatasi kepala bayi yang miring sebelah secara medis. Kondisi fisioterapi tersebut harus dilakukan sedini mungkin karena ketika tubuh bayi beranjak dewasa maka proses fisioterapi akan lebih sulit untuk dilakukan.

Terapi kepala yang miring sebeleh terutama jika terjadi akibat kondisi fisik bawaan sejak lahir harus dilakukan setidaknya selama kurang lebih 4 – 6 bulan dengan potensi keberhasilan sebesar 90 %. Ibu harus bersabar untuk menjalani terapi tersebut dibandingkan kondisi atau dampak buruk yang harus dirasakan ketika bayi dewasa mesikpun secara umum kondisi kepala yang miring pada bayi tidak menyebabkan gangguan atau keadaan yang menyebabkan bayi merasakan kesakitan.

  1. Melatih fisik bayi secara mandiri

Latihan fisik pada bayi selain harus dilakukan secara medis melalui fisioterapi, ibu juga dapat melatih fisik bayi secara mandiri untuk mendukung proses fisioterapi tersebut. Fokus utama ibu dalam latih fisik sebagai salah satu cara mengatasi kepala bayi yang miring sebelah tersebut adalah dengan menstimulus bayi agar mau mengerakan otot lehernya pada posisi yang berlawanan dengan posisi yang salah pada kepala bayi dan menjadikan bayi lebih aktif mengerakan lehernya agar tidak kaku.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih leher bayi secara fisik tersebut dengan menstimulus bayi menggunakan beberapa langkah seperti memancing bayi untuk menoleh ke sisi yang seharusnya. Beberapa stimulus lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kepala bayi miring sebelah diantaranya seperti menidurkan bayi dengan posisi yang bermasalah menghadap pada dinding sehingga bayi akan memutar kepalanya untuk melihat arah luar kasur ke arah sebaliknya serta menempatkan mainan pada sisi dimana bayi harus memutar kepalanya agar secara tidak langsung dapat menstimulus bayi ke arah yang diinginkan.

Itulah beberapa cara mengatasi kepala bayi yang miring sebelah secara efektif untuk membantu kondisi fisik yang tidak normal pada bayi. Keadaan tersebut bisa jadi tidak menyebabkan rasa sakit yang mendalam kecuali jika kondisi yang ada disebabkan oleh keadaan cidera kepala. Meskipun tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi namun kondisi masalah pada fisik seperti kepala akan berdampak ketika usia bayi mulai tumbuh dewasa. Dampak yang paling buruk terjadi pada bayi akibat kondisi kepala miring yang tidak teratasi adalah dampak psikologisnya.

 

, , ,