7 Cara Mengatasi Kepala Terasa Dingin Sesuai Penyebab

Bagian-bagian kepala memiliki fungsi yang berbeda dan umumnya sangat penting untuk kesehatan semua organ tubuh. Dalam kepala ada otak yang menjadi pusat sistem syaraf yang akan mengendalikan semua organ tubuh kita. Bahkan gerakan tangan, kaki dan termasuk mengedipkan mata. Jadi kepala memiliki bagian yang sangat penting untuk kehidupan manusia.

Karena itu gangguan pada kepala memang perlu diperhatikan karena bisa saja itu gejala penyakit tertentu. Seperti misalnya kepala dingin yang terjadi secara tiba-tiba dan berulang kali terus menerus. Kepala dingin bisa diartikan bahwa kepala seperti terkena es, sangat dingin, dan kepala mulai mengeluarkan keringat. Sebenarnya penyakit kepala dingin belum tentu termasuk gejala penyakit tertentu. Semua sangat tergantung dengan penyebabnya sehingga bisa diatasi dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah cara mengatasi kepala terasa dingin sesuai penyebabnya.

1. Akibat gejala migrain

Sakit kepala dingin ternyata bisa menjadi salah satu gejala dari jenis-jenis migrain. Penyakit migrain akan menyebabkan sakit kepala pada salah satu sisi. Ini bukan termasuk penyakit yang berbahaya namun efeknya bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah. Gejala awal migrain akan membuat kepala dingin pada salah satu sisi seperti tertusuk. Kemudian dalam waktu tertentu sakit kepala menjadi sangat parah sampai tidak tertahankan. Jika sudah seperti ini maka kepala sepenuhnya akan terasa dingin.

Cara mengatasi:

• Cobalah untuk istirahat sementara waktu dan cobalah dengan duduk bersandar.
  • Minum obat untuk meredakan gejala sakit kepala seperti paracetamol dan obat triptan.
  • Terapi Transcranial magnetic stimulation dengan bantuan aliran listrik ke kepala untuk mengendalikan rasa sakit dan memulihkan migrain.

2. Efek dari penyakit diabetes

Ternyata penyakit diabetes juga bisa menyebabkan sakit kepala dingin atau kepala mulai terasa dingin dari waktu ke waktu. Hubungan sakit kepala dan diabetes memang sangat jelas dan tidak bisa dibantah secara medis. Ini terjadi ketika kadar gula yang sangat tinggi dalam tubuh dan mengalir dalam darah. Sementara darah dibawa oleh jantung ke semua bagian tubuh termasuk kepala. Akhirnya darah yang mengalir ke kepala juga membawa banyak kadar gula. Inilah yang menyebabkan kepala menjadi dingin. Kondisi ini bisa terjadi pada penderita penyakit diabetes dan orang yang baru saja terkena gejala diabetes.

Cara mengatasi:

• Cobalah untuk memeriksa kadar gula darah secara mandiri atau pergi ke rumah sakit.
  • Jika kadar gula darah terbukti tinggi maka konsumsi obat penurun gula darah atau mendapatkan insulin.
  • Awasi makanan yang masuk ke tubuh agar rendah gula dan bisa mengendalikan kadar gula darah sampai normal.

3. Gangguan pada sistem syaraf otak

Kepala terasa dingin juga bisa terjadi karena masalah sistem syaraf pada otak. Kondisi ini bisa terjadi karena  ada bagian otak yang tidak normal. Misalnya pada kasus yang terjadi setelah trauma kepala yang menyebabkan masalah sistem syaraf. Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika kepala mulai terasa dingin disertai dengan kepala berputar, tubuh menggigil, mual dan muntah. Bisa jadi kondisi ini menunjukkan tanda bahaya pada sistem syaraf. Jika sudah pernah mengalami trauma kepala akibat kecelakaan atau hal lain maka segera pergi ke dokter saat kepala terasa dingin. Masalah ini perlu mendapatkan perawatan segera termasuk pemeriksaan dengan CT Scan sehingga dokter bisa menentukan langkah perawatan yang tepat.

4. Masalah keseimbangan zat kimia pada otak

Gangguan yang menyebabkan perubahan zat kimia pada otak bisa menyebabkan kepala menjadi sangat dingin. Kondisi ini bisa terjadi secara langsung atau dengan gejala yang sangat lambat. Gangguan zat kimia ini juga bisa terjadi akibat dampak gangguan hormon misalnya masalah hormon gondok yang menyebabkan penyakit gondok. Pertama Anda harus tetap melakukan pemeriksaan ke dokter dan menentukan apa penyebab masalah zat kimia pada otak tersebut. Kemudian perawatan dengan obat dan terapi diperlukan untuk mengatasi masalah hormon tubuh yang tidak seimbang. Setelah itu gejala kepala dingin akan sembuh sesuai perawatan.

5. Efek makanan dan minuman

Terjadinya masalah kepala terasa dingin juga bisa disebabkan karena kondisi makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Misalnya mengonsumsi makanan yang sangat dingin secara mendadak maka kepala bagian atas akan terasa sangat dingin. Kondisi ini bisa berhubungan dengan masalah perubahan suhu antara makanan dan minuman dengan kondisi suhu tubuh dan kepala secara keseluruhan. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala dan mata terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak terlalu dingin. Jika tetap ingin mengonsumsi maka biarkan pada suhu ruangan sebentar kemudian baru dimakan.

6. Konsumsi minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda ternyata bisa menyebabkan kepala menjadi sangat dingin. Kondisi ini disebabkan karena soda yang sangat tinggi sampai mempengaruhi suhu di kepala. Terlebih biasanya soda dikonsumsi dalam keadaan dingin atau dengan tambahan es batu. Sensasi minuman bersoda akan menyebabkan kepala terasa seperti tertusuk karena sangat dingin. Kondisi tersebut biasanya hanya bersifat sementara sehingga tidak diperlukan obat. Hanya saja jika Anda ingin mengonsumsi minuman soda dingin maka biarkan sebentar di suhu ruangan dulu.

7. Efek stres

Stres, tegang dan nervous bisa menyebabkan kepala menjadi sangat dingin. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda harus berbica di depan banyak orang atau di acara besar. Bagian kepala akan menjadi sangat dingin sehingga menjadi sangat tidak nyaman. Kemudian tubuh dan jari-jari tangan juga akan menjadi sangat dingin. Penyebab utama kondisi ini adalah bahwa ketika Anda merasa tegang maka hormon menjadi tidak stabil. Kondisi ini tidak berbahaya sehingga Anda hanya perlu mencoba untuk mengatur nafas sehingga bisa menghilangkan rasa tegang dan takut. Juga cobalah untuk lebih banyak bergerak agar detak jantung menjadi stabil.

Begitulah cara mengatasi kepala terasa dingin sesuai penyebabnya. Mengingat bahwa penyebabnya bisa berhubungan dengan kondisi medis atau keadaan tubuh maka pemeriksaan sangat diperlukan untuk mencari tahu penyebabnya.

Kategori : Kesehatan