Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Penyumbatan Pembuluh Darah di Otak Paling Tepat

Sponsors Link

Stroke adalah sebuah dampak buruk akibat adanya masalah penyumbatan pada pembuluh darah di otak. Sayangnya gejala dari munculnya masalah ini sering diabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa saja. Stroke akan menjadi ancaman yang serius karena kondisi yang parah tidak mungkin diatasi sampai tuntas. Setelah terjadi serangan stroke maka penderita akan mengalami beberapa masalah seperti mati rasa pada salah satu bagian tubuh atau separuhnya, kehilangan kemampuan untuk beraktifitas dan komplikasi penyakit yang lebih buruk lagi.

ads

Karena itulah langkah yang paling tepat adalah mengatasi dan mencegah masalah penyumbatan pembuluh darah ini sejak dini. Efek dari penyumbatan pembuluh darah tidak hanya memicu stroke tapi juga aneurisma. Aneurisma yang pecah akan menyebabkan kematian karena pecah pembuluh darah. Lalu bagaimana cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak paling tepat? Berikut penjelasannya.

  • Hindari semua jenis lemak trans

Salah satu gejala dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah di otak adalah sakit kepala yang terus muncul. Kondisi ini akan lebih buruk lagi jika tidak diatasi dengan tepat. Asupan makanan yang tidak tepat ternyata bisa memicu masalah penyumbatan ini. Banyak orang yang memiliki kebiasaan konsumsi makanan tinggi lemak trans. Dampaknya akan memicu kolesterol yang cukup tinggi dalam darah. Lalu kolesterol yang menumpuk akan menyebabkan plak yang bisa memicu stroke. Karena itu semua jenis makanan dengan lemak trans harus dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

Beberapa jenis makanan ini termasuk seperti: makanan yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi, makanan kemasan, kue manis dan kue kering, biskuit, mentega, dan produk minyak terhidrogenasi. Mengapa konsumsi lemak harus dikurangi, terutama untuk jenis lemak trans? Sebenarnya konsumsi makanan yang mengandung lemak trans tinggi tidak hanya menyebabkan kerusakan untuk jantung dan sistem pembuluh darah. Produk ini akan menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah yang memicu sakit kepala karena kolesterol tinggi. Jadi dampaknya tidak hanya menyebabkan sakit kepala saja tapi bahkan sampai kesehatan jantung yang buruk.

  • Konsumsi sumber lemak tak jenuh

Karena Anda harus menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh maka sebagai gantinya harus mengonsumsi makanan lemak tak jenuh. Makanan dengan kandungan bahan ini akan membuat tubuh lebih sehat. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang akan membantu memerangi plak dalam arteri sehingga tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak.

Makanan juga lebih sehat karena tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Berbagai jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, kacang almond, kenari, minyak zaitun, daging kambing tanpa lemak, dada ayam tanpa lemak, ikan salmon, ikan tuna, minyak canola dan minyak biji bunga matahari. Semua jenis makanan ini juga termasuk dalam makanan untuk memperbaiki saraf otak.

  • Konsumsi makanan yang lebih sehat

Plak yang sudah terbentuk dalam arteri sebenarnya bisa dihilangkan dengan konsumsi makanan yang sehat. Hal ini karena makanan yang sehat memiliki efek membilas darah dalam tubuh. Plak akan hilang dan larut bersama darah secara alami. Makanan yang sehat ini juga sangat disarankan untuk cara mengobati vertigo. Semua jenis makanan yang sehat ini mengandung kadar lemak yang cukup rendah dan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan secara alami.

Berbagai makanan yang harus masuk dalam menu makanan harian seperti: sayuran hijau, buah, susu rendah lemak, ikan sehat, produk unggas tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Semua makanan ini harus dimakan dengan cara yang sehat. Produk makanan yang harus dimasak sebaiknya tidak menggunakan minyak yang mengandung tinggi lemak.

  • Batasi makanan dan minuman manis

Orang yang sudah menderita masalah kesehatan ini sebaiknya juga membatasi makanan yang manis. Hal ini karena makanan manis bisa menjadi penyebab sakit kepala. Ketika tubuh mendapatkan banyak makanan manis maka kadar gula akan meningkat dan ini mengalir dalam darah. Darah membawa muatan yang lebih buruk lagi sehingga masalah penyumbatan tidak bisa dicegah. Karena itu kurangi semua jenis minuman manis, bahan pemanis, dan minuman yang mengandung soda.

Sponsors Link

  • Minum teh hijau

Minum teh hijau juga dipercaya sebagai salah satu cara untuk menangani masalah ini. Teh hijau mengandung berbagai jenis zat kimia yang bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Teh hijau juga memiliki efek untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan gula darah. Namun teh hijau harus diminum dengan cara yang tepat seperti diseduh dengan air hangat saja bukan air mendidih. Dan teh harus diminum tanpa gula.

  • Minum teh jahe

Jika Anda tidak bisa minum teh hijau maka cobalah untuk minum teh jahe. Teh jahe dibuat dengan cara menyeduh jahe segar dengan air panas. Jahe mengandung gingerol yang bisa melarutkan plak dalam pembuluh darah. Selain itu jahe juga mengandung senyawa yang akan membuat pikiran lebih santai sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

  • Olahraga teratur

Selain dengan makanan yang masuk ke tubuh maka olahraga juga sangat baik untuk membuat penyumbatan darah di otak sembuh secara alami. Hal ini karena kebanyakan orang yang menderita penyakit ini akibat dari masalah obesitas dan gaya hidup yang buruk. Kebiasaan konsumsi alkohol dan kafein juga memicu masalah yang lebih berat lagi. Olahraga yang bisa membuat jantung bekerja keras dan bisa memompa darah secara maksimal akan melarutkan penyumbatan pada pembuluh darah. Berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu seperti bersepeda, lari, jalan cepat, renang, jalan kaki, tenis, senam aerobik. Untuk bisa mendapatkan efek yang baik bagi tubuh maka coba lakukan olahraga ini selama kurang lebih 30 sampai 60 menit per hari.

Itulah beberapa cara mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak paling tepat. Setiap orang bisa mengalami penyakit yang memicu kondisi ini. Karena itu menjaga kesehatan sejak sebelum terjadi masalah kesehatan ini menjadi langkah yang tepat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan