Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Pusing Karena Asam Lambung Secara Alami

Sponsors Link

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang umum terjadi oleh setiap orang. Penyebabnya adalah karena pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam, dan yang paling berperan penting adalah stres. Stres yang dialami oleh seseorang dapat juga mengakibatkan tingginya kadar asam lambung. Sehingga membuat penderita tidak merasakan nyaman serta asam lambung merupakan penyebab sering sakit kepala dan mual.

ads

Asam lambung biasa disebut juga sakit maag. Sakit maag terjadi akibat telat makan dan menunda-nunda waktu makan. Selain pola makan yang tidak teratur pola tidur juga dapat mempengaruhi datangnya penyebab sakit maag. Mengapa demikian? Sebab sistem kerja pada lambung tidak sesuai dengan aktivitas semestinya. Seharusnya istirahat tapi dipaksa untuk melek dan terjadilah insomnia.

Penyakit yang menyerang lambung memang berpengaruh sangat besar terhadap efek sakit kepala terus-menerus. Sebab, saluran pada lambung mempengaruhi bagian pada kepala. Lantas bagaimana cara mengatasi pusing karena asam lambung:

  1. Hindari makanan penyebab sakit kepala yang berkepanjangan. Sebab bisa jadi sakit kepala itu berasal dari asam lambung. Sehingga Anda merasakan sakit kepala yang berkepanjangan.
  2. Aturlah pola tidur Anda semaksimal mungkin. Pola tidur yang teratur akan dapat segera mengatasi asam lambung naik serta mengatasi sakit kepala.
  3. Perhatikan pola makan, jika pola makan tidak teratur seperti menunda-nunda untuk makan sebaiknya diubah dengan memiliki jadwal kapan Anda harus makan. Setidaknya tidak perlu menunggu lapar baru makan, Anda dapat ngemil agar sistem kerja lambung dapat terus beraktivitas. Saat malam hari waktunya lambung untuk beristirahat.
  4. Mengelola stres dengan bijak, karena salah satu penyebab terjadinya maag adalah pikiran yang stres. Setelah itu makan juga jadi berpengaruh, sebab stres juga mengurangi nafsu makan seseorang.
  5. Hindari segala sesuatu yang memiliki kadar asam tinggi serta pedas. Ini juga merupakan salah satu pencetus sakit maag. Daripada Anda tidak dapat beraktivitas dengan semestinya lebih baik Anda menghindari.
  6. Hindari merokok dan konsumsi alkohol, teh, atau minuman bersoda lainnya. Sebab kadar soda yang tinggi atau kafein yang tinggi juga dapat munculnya penyakit maag.
  7. Olahraga secara rutin. Ini juga merupakan salah satu cara menstabilkan asam lambung dan sakit kepala terus-menerus.
  8. Ketika sakit kepala akibat maag kambuh, cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk obat sakit kepala yang berkepanjangan.
  9. Penderita maag itu banyak sekali pantangannya selain makan yang pedas, minum yang masam, ada satu lagi yaitu tidak dianjurkan minum susu. Karena kandungan dalam susu dapat membuat luka di lambung itu membuka atau basah. Sehingga mengakibatkan perih pada lambung bahkan sampai nyeri.
  10. Agar lambung selalu fit Anda juga harus mengurasnya setiap pagi. Dapat menggunakan metode minum air mineral segelas atau dapat mengkonsumsi serat agar makanan yang masuk dapat dikuras seaksimal mungkin.
  11. Mengkonsumsi sayur mayur juga dapat menguras makanan-makanan kotor yang sudah diolah. Selain itu dapat membantu pencernaan mengatur kapan harus menguras dan kapan harus dijadikan suplemen pada pencernaan.

Nah, itulah tadi cara mengatasi pusing karena asam lambung. Penyakit maag biasanya datang disaat lambung tidak menggiling sesuatu. Sehingga kinerja lambung berkurang. Kemudian penderita merasakan pusing yang disertai mual. Biasanya sakit kepala bagian depan yang dirasakan bahkan bisa sampai seluruh kepala merasakan sakit. Sakit maag memang akan memiliki efek ke kepala, sebab nutrisi dalam tubuh berkurang sehingga asupan gizi ke dalam otak juga mengalami kekurangan. Jika sakit kepala tidak segera diatasi maka akan berlanjut menjadi penyebab sakit kepala berkepanjangan. Bahkan bisa sampai mengalami sakit kepala cluster yang lebih parahnya.

Sponsors Link

Bagi sebagian orang yang super sibuk memang sulit sekali mengatur waktu untuk makan. Pasti ia akan bilang nanti dan nanti. Hasilnya makanpun terlewatkan. Setelah itu kendalikan hawa nafsu malas makan. Ini merupakan niat awal yang buruk, sebab tanpa Anda sadari telah membiarkan diri Anda sakit yang disebabkan oleh diri sendiri. Pasti pernah juga sudah ngantuk tapi lapar jadinya lebih memilih tidur. Tapi apa bisa tidur dalam keadaan perut lapar? Banyak yang bilang “bisa saja” tapi padahal maag sudah mengancam diri Anda sendiri yang sudah menunda waktu aktivitas lambung.

Yuk mulai saat ini sadarkanlah diri Anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh terutama lambung. Agar dapat menikmati berbagai macam makanan dan rasa. Jika lambung sakit maka Anda tidak dapat bisa menikmati makanan kesukaan. Karena semua sudah mulai dibatasi sesuai dengan anjuran dokter. Kemungkinan ini itu juga tidak boleh, melihat kondisi lambung Anda sudah tak memungkinkan mengelola makanan dengan baik dan benar. Sehat itu mudah kok hanya saja kita sendiri yang membuatnya ribet dan susah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup