Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Sakit Kepala Berhari-hari

Sponsors Link

Sakit kepala terus menerus dan berkepanjangan yang kamu rasakan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala berkepanjangan ataupun kronis, kondisi ini biasanya berlangsung minimal 15 hari setiap bulannya, dan terjadi hingga tiga bulan berturut.

ads

Sakit kepala berkepanjangan kronis dibagi menjadi dua golongan, yaitu sakit kepala primer, dimana sakit kepala terjadi walaupun tidak memiliki penyakit lainnya yang menimbulkan sakit kepala. Sedangkan jenis sakit kepala non-primer, merupakan sakit kepala kronis karena mengidap penyakit lainnya.

Hingga sekarang sakit kepala primer jarang diketahui penyebabnya. Sedangkan, sakit kepala non-primer, mempunyai beberapa kemungkinan yang menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Bisa disebabkan infeksi, peradangan ataupun gangguan pada pembuluh darah di otak, bisa juga dikarenakan tumor otak, cedera serta adanya gangguan tekanan di otak.
Sakit kepala berkepanjang bisa diakibatkan terlalu aktifnya saraf nyeri di kepala. Kondisi ini juga bisa disebabkan beberapa aktivitas sehari-hari, seperti telat makan, kurang tidur serta sejumlah penyakit. Bisa dikarenakan infeksi telinga, sakit gigi, migrain, hipertensi, ataupun tumor otak.

Jika ingin mengetahui penyebab sakit kepala kronis, kamu harus memperhatikan aktivitas kamu sehari-hari yang bisa menjadi penyebab dari sakit kepala kronis. Bila sakit kepala kronis sangat membuatmu khawatir, konsultasikanlah segera dengan dokter. Dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan guna mencari tahu penyebab sakit kepalamu.

Pengobatan sakit kepala sangat bergantung dengan penyebabnya. Bila sakit kepala tidak disertai gejala berbahaya lainnya, kamu bisa meredakan sakit kepala dengan meminum obat-obatan yang dijual di apotik. Jika kamu merasa sakit kepala mengkhawatirkan, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ada beberapa cara mengatasi sakit kepala berhari-hari yang tidak kunjung sembuh:

1. Memijat Pelipis dan Melakukan Peregangan Kecil

Saat mengalami sakit kepala dalam keadaan bekerja, ini akan sangat mengganggu fokusmu. Jika sudah begini kamu cukup meluangkan selama beberapa menit sambil memijat di area pelipis serta melakukan peregangan kecil. Hal ini akan merelaksasi otot-ototmu sehingga kamu bisa kembali fokus bekerja. Kamu juga bisa memijat pada otot-otot tegang di area leher dan tangan.

2. Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Salah satu cara ampuh meredakan sakit kepala adalah dengan beristirahat sambil menutup mata dalam ruangan gelap dan sunyi. Ini dikarenakan biasanya sakit kepala sangat peka terhadap cahaya serta suara disekitar. Dalam kegelapan, otot-otot yang tegang akan kembali rileks. Kamu juga bisa melakukannya sambil mendengarkan musik classic atau musik yang sering digunakan untuk meditasi.

3. Kompres dengan Air Panas atau Es Batu

Cara ini tergolong tradisional dan cukup ampuh untuk meredakan sakit kepala. Kamu cukup menggunakan kompresan dengan air panas guna merelaksasi otot di area bahu serta leher. Cara ini akan meredakan sakit kepalamu seketika. Jika sakit kepalamu berdenyut, kamu cukup menggunakan es batu dengan dibalut handuk, lalu tempelkan ke area dahi serta pelipis.

4. Minum Air Jahe

Minum air jahe juga terbukti ampuh dalam mengurangi rasa nyeri di bagian kepala. Minuman jahe juga bisa kamu tambahkan dengan bahan lainnya, seperti dengan mencampurkannya dengan madu, kayu manis, lemon, daun serai, serta buka pekak. Minum jahe sangat enak diminum selagi hangat.

Tapi perlu diingat jika kandungan dalam jahe bisa berbahaya jika kamu sedang mengalami sakit kepala yang disertai hipertensi. Karena jahe bisa menaikkan tekanan darah pada tubuhmu. Konsultasikan dengan dokter untuk memilih obat sakit kepala yang aman untuk penderita hipertensi.

Itulah cara mengatasi sakit kepala berhari-hari yang tidak kunjung sembuh. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan