Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Haid

Sponsors Link

Cara mengatasi sakit kepala saat haid adalah informasi yang penting untuk anda ketahui, khususnya jika anda sudah sering mengalami sakit kepala saat sedang menstruasi. Haid atau menstruasi adalah masa peluruhan dinding rahim yang pasti dialami oleh perempuan. Siklus menstruasi pada perempuan terjadi mulai dari usia belasan tahun hingga menopause di usia senja. Masa menstruasi akan terulang kurang lebih dalam waktu 28 hari. Sedangkan peluruhannya bisa selesai selama 5-7 hari. Setiap wanita pun memiliki gejala yang berbeda beda selama sedang menstruasi. Ada yang mengalami sakit perut, diare, sembelit, mual, dan bahkan juga sakit kepala. Perubahan dalam bentuk fisiologis pada tubuh wanita pun adalah salah satu tanda seseorang telah menstruasi.

ads

Menstruasi ini sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi FSH-Estrogen atau LH-progesteron. Perubahan hormon yang mendadak ini adalah yang menjadi penyebab sakit kepala seperti gejala di atas menyerang wanita. Khususnya ketika seorang wanita mengalami sakit kepala saat haid, maka wanita akan sulit untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Tahukah anda bagaimana cara untuk mengatasi sakit kepala saat haid tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, maka bagian di bawah ini akan menjelaskannya dengan lebih mendetail.

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Haid pada Wanita

Sakit kepala saat haid pada wanita mungkin saja terjadi. Lalu bagaimana jika anda mengalaminya namun tidak tahu cara mengatasinya? Tentu anda akan menderita menahan rasa sakitnya. Oleh karena itu, ketahuilah sedikitnya 5 cara mengatasi sakit kepala saat haid pada wanita yang seringkali terjadi.

1. Melakukan Pijatan Ringan di Kepala

Cara pertama mengatasi sakit kepala saat haid atau menstruasi adalah dengan melakukan pijatan ringan di kepala. Beberapa bagian kepala yang dapat anda pijat lembut adalah bagian leher belakang, bagian pelipis, dan bagian pundak. Jika anda memijat pada titik yang tepat, maka ada banyak sakit kepala yang dapat dikendalikan. Cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan pun dapat dilakukan dengan sejumlah minyak terapi yang juga dapat memberikan kesegaran pikiran.

2. Beristirahatlah secara Cukup

Selanjutnya, anda pun dapat beristirahat dengan cukup sebagai obat dari sakit kepala anda. Pastikanlah untuk memberikan waktu khusus bagi anda yang sering kelelahan. Istirahat dengan tidur nyenyak adalah obat terbaik untuk permasalahan sakit kepala saat haid.

3. Berolahraga dengan Ringan

Cara lain yang dapat anda coba adalah dengan berolahraga. Memang sulit rasanya menggerakan tubuh yang pegal-pegal untuk berolahraga. Padahal dengan berolahraga, rasa pegal-pegal itu pun dapat hilang. Jadi lakukanlah olahraga ringan yang mampu memperbaiki kesehatan anda selama masa haid.

4. Minum Minuman yang Hangat

Anda pun dapat mengonsumsi beberapa jenis minuman hangat untuk meredakan sakit kepala dan merelaksasi saraf-saraf di kepala anda. Beberapa jenis minuman hangat yang dapat anda konsumsi adalah jahe hangat, teh hijau, dan masih banyak minuman jenis lain yang dapat membantu anda sebagai cara mengobati sakit kepala tradisional.

Sponsors Link

5. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih pun merupakan salah satu cara yang baik untuk menjadi obat sakit kepala tradisional. Anda dapat menjadi lebih mudah mengobati sakit kepala dengan minum air putih, karena air putih akan memudahkan pasokan oksigen ke kepala menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, pastikanlah untuk selalu mengonsumsi air putih setiap waktu anda.

Demikianlah tadi informasi mengenai 5 cara mengatasi sakit kepala saat haid yang mengganggu. Anda dapat menggunakan berbagai cara di atas untuk membantu anda mengembalikan kesehatan tubuh yang terpengaruh haid dan perubahan hormon. Semoga anda dapat memiliki siklus menstruasi yang sehat dan tidak lagi merasakan sakit kepala.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan