Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Benjolan di Dahi Akibat Benturan Benda Tumpul

Sponsors Link

Trauma bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bahkan ini bisa terjadi pada anak – anak hingga orang dewasa. Salah satu penyebab trauma misalnya saja ketika terkena benturan yang cepat dan mendadak. Benturan akan terasa sakit dan nyeri pada bagian luka. Kemudian di bagian tersebut akhirnya akan tumbuh benjolan yang cukup besar. Jika disentuh maka akan terasa sakit.

ads

Bagian yang paling sering terkena masalah ini misalnya dahi. Asalkan luka benjolan tidak mengeluarkan darah maka bisa dikatakan sangat aman. Namun benjolan tidak hanya menyebabkan sakit saja tapi juga pusing berkunang-kunang yang berlangsung singkat. Besar kecilnya benjolan bisa tergantung pada keras atau tidaknya benturan. Nah agar benjolan cepat mengecil maka memang harus dirawat dengan tepat. Berikut kami sampaikan cara menghilangkan benjolan di dahi akibat benturan benda tumpul.

  • Jangan di tekan dan bungkus dengan kasa

Jika benturan mengenai dahi secara merata maka bagian dahi akan menonjol membentuk benjolan. Sesaat Anda akan merasakan sakit kepala karena masalah trauma kepala ini. Anda tidak perlu khawatir selama tidak merasa mual, demam dan muntah. Langkah pertama adalah jangan menekan benjolan atau daerah di sekitar benjolan. Kemudian untuk mengatasi rasa sakit berdenyut maka bisa membungkus benjolan dengan perban atau kain kasa. Bungkus selama kurang lebih 10 menit saja kemudian lepaskan. Cara ini bisa membuat benjolan tidak terlalu besar dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

  • Segera kompres dingin

Salah satu cara pertolongan pertama saat kepala terbentur adalah dengan mengompres bagian yang terbentur. Anda bisa mencoba untuk merendam handuk dengan air dingin atau air biasa yang dicampur dengan es batu. Biarkan sampai handuk menjadi dingin kemudian kompreskan pada bagian yang terbentur sampai ke area sekitar benjolan. Kompres dingin bisa membuat pembuluh darah tidak membesar sehingga benjolan cepat mengecil. Bahkan bisa mengatasi bagian darah yang menggumpal atau membeku di sekitar benjolan.

  • Kompres dengan bawang merah

Langkah lain jika dahi terbentur sampai membentuk benjolan adalah dengan menggunakan bawang merah. Meskipun ini bahan tradisional tapi sangat baik untuk mengecilkan ukuran benjolan. Bahkan bawang merah mengandung senyawa kimia alami yang akan mengurangi efek sakit kepala sesaat setelah terbentur. Caranya adalah dengan mengupas bawang merah, kemudian mencuci sampai bersih, lalu potong menjadi beberapa irisan. Tempelkan ke bagian benjolan dan bungkus dengan kain kasa yang bersih agar mata tidak pedih.

  • Minyak kastor dan madu

Cara lain agar benjolan cepat mengecil adalah dengan mencoba menerapkan minyak kastor. Minyak kastor mengandung bahan antiinflamasi sehingga mengurangi peradangan pada bagian benjolan. Caranya adalah dengan mencampur minyak kastor dengan madu. Kemudian masukkan beberapa kapas bersih ke bahan tersebut lalu kompreskan pada bagian yang benjol. Ganti kapas yang sudah dicampur bahan ini setiap 20 menit sekali. Madu tidak hanya meredakan benjolan ini tapi juga menjadi obat sakit kepala tradisional.

  • Segera istirahat dengan kepala lebih tinggi

Untuk semua orang yang baru saja terbentur sampai menyebabkan benjolan maka sebaiknya harus segera istirahat. Bayi dan anak-anak bisa digendong orang tua dengan posisi kepala lebih tinggi. Sementara orang dewasa bisa mencoba tidur dengan bantal yang lebih tinggi. Kemudian sambil istirahat maka bisa mencoba beberapa langkah di atas. Manfaat istirahat dengan posisi kepala lebih tinggi adalah agar tidak ada darah yang membeku pada luka benjolan.

  • Kompres dengan pasta kunyit

Anda juga bisa mengatasi benjolan dengan cara mengompres menggunakan pasta kunyit. Kunyit bubuk mengandung bahan yang mencegah peradangan dan bisa mengurangi rasa sakit. Kunyit juga bisa membuat aliran darah pada area benjolan menjadi lebih lancar. Caranya adalah mencampur bubuk kunyit dengan susu kental kemudian aduk sampai menjadi pasta. Lalu tempelkan pada benjolan sampai mengering dan ulang beberapa kali.

  • Kompres dengan cuka sari apel

Biasanya bahan cuka sari apel sangat baik untuk mengatasi peradangan pada kulit seperti jerawat. Tapi ternyata cuka sari apel juga bisa meredakan benjolan setelah terbentur dengan cepat. Langkah yang bisa dilakukan sangat mudah dan cepat. Siapkan cuka sari apel dan campur dengan air, ukuran perbandingannya sama yaitu 1 sendok makan. Kemudian hangatkan dengan suhu yang rendah. Setelah itu angkat dan masukkan beberapa kapas ke dalamnya. Gunakan kapas ini untuk mengompres bagian benjolan.

Sponsors Link

  • Kompres dengan teh celup bekas

Jika kebetulan Anda memiliki teh celup yang sudah digunakan maka bisa bermanfaat untuk mengecilkan benjolan. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan merendam teh celup dengan air dingin lalu tempelkan pada bagian benjolan. Teh celup ini masih mengandung astringent yang akan membuat benjolan mengecil secara alami. Juga sangat baik untuk mengatasi rasa sakit pada benjolan.

  • Minum paracetamol jika terlalu sakit

Jika ternyata luka benjolan menjadi sangat sakit disertai dengan sakit kepala maka cobalah untuk minum paracetamol. Paracetamol bisa mengatasi rasa sakit langsung ke pusat sakit sehingga meredakan gejala dengan cepat. Dengan langkah ini maka Anda bisa meredakan benjolan sekaligus menyembuhkan efek akibat benturan.

  • Olesi dengan gel lidah buaya

Anda juga bisa mengatasi masalah ini dengan gel lidah buaya. Gel dari tanaman ini sangat baik untuk luka peradangan sampai benjolan. Kandungan bahan ini juga sangat baik untuk mencegah peradangan pada sekitar kulit. Caranya adalah bersihkan area benjolan dengan air dingin yang bersih. Kemudian buka lidah buaya dan ambil gel di tengahnya. Oleskan secara merata dan lakukan beberapa kali sampai benjolan mengecil.

  • Berikan salep vitamin K

Anda juga bisa menerapkan salep vitamin K yang akan membuat proses pembekuan darah lebih cepat. Ini obat yang sangat tepat jika ternyata benjolan juga mengeluarkan darah. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengolesi benjolan dan luka secara langsung dengan vitamin K. Kemudian biarkan tanpa terkena air dan ulang sampai mengecil.

Jadi begitu cara menghilangkan benjolan di dahi akibat benturan benda tumpul. Jika semua langkah ini sudah dicoba dan gejala tidak berkurang atau justru menjadi lebih parah maka segera pergi ke dokter terdekat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan