Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jamur di Kepala Secara Alami yang Efektif

Sponsors Link

Kepala merupakan salah satu diantara beberapa gabungan organ yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Pada organ vital tersebut tersusun oleh beberapa bagian bagian kepala yang memiliki peran penting bagi setiap proses yang berlangsung dalam kehidupan sehari hari manusia. Beberapa bagian penting yang dimaksud diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, hidung yang merupakan indera penciuman dan awal sistem pernafasan, kuping sebagai alat dengar, lidah sebagai indera pengecap yang terdapat di dalam mulut yang berperan penting dalam proses pencernaan tubuh, dan yang paling utama adalah otak sebagai pusat kendali dan saraf tubuh.

ads

Mengingat pentingnya peran dan kepala bagi aktivitas dan proses yang terjadi pada tubuh, menjaga kondisi kesehatan kepala dan menghindarkannya dari berbagai masalah perlu diperhatikan dengan baik termasuk mengenali berbagai jenis sakit kepala maupun kondisi penyakit lain yang terjadi pada bagian kepala. Salah satu bagian tertentu yang dapat mengalami kondisi kelainan adalah kulit kepala. Kulit kepala dapat mengalami kondisi jamuran sehingga menimbulkan masalah yang cukup serius. Berikut beberapa cara menghilangkan jamur di kepala secara alami yang perlu diperhatikan dengan baik terutama bagi mereka yang memang sudah mengalami kondisi tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Pahami penyebabnya

Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara mengatasi infeksi jamur pada kepala adalah dengan memahami beberapa penyebab dan jenis jamur yang dapat menyerang kulit kepala maupun bagian lainnya. Dengan memahaminya dengan baik maka cara alami yang akan dilakukan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Beberapa jenis penyakit akbat jamur dan penyebab munculnya jamur tersebut yang dapat menginfeksi kepala diantaranya seperti :

  • Tinea capitis, merupakan kondisi infeksi jamur dermatofit yang terjadi pada kulit kepala sehingga menyebabkannya kondisi kepala yang bersisik serta pitak karena dapat menyerang batang rambut. Kondisi tinea capitis dapat menyebabkan kebotakan yang parah dan meluas ketika tidak diatasi dengan baik dan benar. Tinea capitis dapat disebabkan akibat kontak dengan hewan atau manusia sebagai penderitanya.
  • Psoriasis, kondisi penyakit akibat infeksi jamur yang akan menyebabkan munculnya peradangan pada kulit kepala disertai beberapa keadaan gejala lainnya seperti kulit kepala yang bersisik, mengelupas, kering, gatal, hingga nyeri. Psoriasis kulit kepala tidak sepenuhnya disebabkan oleh karena pengaruh infeksi jamur namun juga dapat muncul akibat faktor keturunan, dan daya tahan tubuh yang lemah.
  • Infeksi jamur malassezia, kondisi jamur ini banyak menyebabkan permasalahan paling umum pada kulit kepala yakni ketombe. Ketombe merupakan kondisi pengelupasan kulit kepala akibat adanya jamur malassezia yang memakan bagian sebum dan menghasilkan kotoran sehingga menghambat proses metabolisme dan pertumbuhan kulit baru. Kondisi hambatan tersebut dapat menyebabkan terjadinya pengelupsan kulit kepala.
  1. Menjaga kebersihan diri

Cara paling mudah dan alami selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mengatasi adanya jamur pada kulit kepala adalah dengan menjaga kebersihan diri karena tentunya jamur tidak hidup dilingkungan yang bersih dan sehat, Mencuci rambut secara rutin setiap melakukan aktivitas terutama yang menyebakan tubuh kotor menjadi langkah yang harus diperhatikan dengan selalu menjaga setiap kebersihan yang dimiliki oleh tubuh sendiri. Dengan kebersihan diri yang terjaga maka setidaknya akan membantu mengurangi kondisi kulit kepala yang jamuran meskipun perlu upaya pendukung lainnnya.

  1. Menggunakan bahan bahan alami

Langkah selanjutnya dalam cara menghilangkan jamur di kepala secara alami adalah dengan menggunakan bahan bahan alami yang sebenarnya dapat dijumpai disekitar lingkungan rumah terutama di pedesaan. Meskipun secara efektifitas lebih lambat dibandingkan dengan pengobatan medis, namun penggunaan obat alami lebih ringan efek sampingnya serta tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut secara langsung. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu dalam menghilangkan kulit kepala yang jamuran diantaranya seperti :

  • Cuka apel, bahan pertama yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah jamuran pada kulit kepala adalah cuka apel. Cuka apel menjadi salah satu bahan alami yang memang sudah dikenal lama dapat membantu mengatasi permasalahan pada kulit kepala termasuk munculnya jamur. Penggunaan cuka apel sebaiknya dibatasi hanya sebanyak seminggu dua kali dan memang harus tahan dengan baunya yang cukup menyengat. Cuka apel juga digunakan untuk mengatasi kulit kepala gatal.
  • Minyak minyak essential, beberapa jenis minyak essential memang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala termasuk menjadi bagian dari cara menghilangkan jamur di kepala secara alami. Beberapa minyak essensial tersebut diantaranya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak lavender, dan minyak pappermint. Berbagai jenis minyak essensial tersebut sekarang ini dapat dibeli dalam bentuk kemasan siap jadi tanpa harus membuatnya sendiri.
  • Lemon, bahan lain yang juga dapat membantu menghilangkan jamur secara alami pada kulit kepala adalah lemon. Lemon dapat membantu menutrisi kulit kepala dan bertindak sebagai bahan anti jamur sehingga secara perlahan akan menjadikan jamur yang menginfeksi bagian kulit kepala tersebut hilang. Lemon dapat dicampur dengan bahan antimikroorganisme lainnya seperti sereh dan jahe.
  • Lidah buaya, jenis bahan alami lain yang sudah lama dikenal mampu membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah lidah buaya. Lidah buaya asli bukan produk jadi dapat juga digunakan untuk mengatasi munculnya jamur pada kepala secara efektif sehingga keadaan yang sangat menganggu tersebut bisa hilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur di kepala secara alami yang dapat diperhatikan dengan baik oleh setiap orang terutama yang sedang mengalami keadaan tersebut. Penggunaan obat alami memang menjadi alternatif dengan dampak yang diketahui lebih ringan dibandingkan dengan pengobatan medis.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan