Sponsors Link

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Jeruk Nipis yang Benar

Sponsors Link

Ketombe secara definisi yang tertuliskan dalam wikipedia adalah kondisi pengelupasan sel kulit mati pada kepala yang berlebihan. Kondisi pengelupasan sel kulit mati tersebut berlangsung secara normal ketika jumlahnya sedikit namun tentu menjadi bermasalah ketika jumlahnya berlebihan seperti pada kasus ketombe. Permasalahan kulit kepala dan rambut tersebut menjadi salah satu hal yang banyak dialami dan memberikan pengaruh yang buruk terhadap penampilan seseorang karena adanya sel kulit mati yang bertebaran dari kulit kepala kering dan berkerak. Ketombe merupakan kondisi yang dapat disembuhkan dengan cara cara tertentu tergantung penyebab dan tingkat keparahannya.

ads

Penyebab ketombe pada kepala diantaranya seperti dermatitis seboroik, psoriasis kulit kepala, infeksi jamur terutama jamur malassezia dan kutu rambut yang muncul akibat kurang menjaga kebersihan rambut secara rutin. Ketombe menjadi masalah yang tentunya harus diatasi karena sangat menganggu. Dalam mengatasi ketombe sebenarnya ada berbagai macam bentuk cara mulai dengan mengubah kebiasaan untuk lebih menjaga kebersihan rambut, menggunakan shampo khusus, maupun dengan ramuan traditional yang sudah terbukti efektifitasnya. Salah satu bentuk bahan alam yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang dijadikan dalam bumbu masakan dan banyak ditemui dengan mudah di rumah. Berbeda dengan kebanyakan jeruk yang dikonsumsi sebagai buah, jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam sehingga cocok digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan maupun sebagai salah satu bahan untuk diolah menjadi minuman. Jeruk nipis sudah lama digunakan sebagai salah satu bahan yang membantu dalam mengatasi berbagai macam permasalahan pada rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala sehingga seringkali menjadi bahan dalam produk perawatan rambut termasuk shampo serta dapat bertindak sebagai salah satu obat sakit kepala tradisional.

Kandungan Jeruk Nipis

Jenis jeruk yang memiliki rasa kecut ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang positif bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya vitamin C yang jelas terkandung dalam setiap jeruk termasuk jeruk nipis, namun juga ada beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin B1,B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, asam folat, gula, asam sitrat yang menjadikan jeruk terasa asam, hingga beberapa mineral diantaranya kalsium, kalium, magnesium, zat besi, fosfor, dan seng.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jeruk tersebut dapat memberikan manfaat yang positif dalam menjaga kesehatan rambut maupun kulit kepala dan sebagai penawar sakit kepala selain membantu mengatasi masalah ketombe membandel yang cukup mengganggu.  Manfaat positif lainnya yang dapat diperoleh dari buah jeruk nipis tersebut seperti kandungan vitamin Cnya membantu dalam mendorong pertumbuhan akar rambut sehingga regenerasi rambut berlangsung dengan baik serta membantu mengatasi kebotakan dan menjadikan rambut terlihat lebih tebal, sehat, dan lebat.

Cara menggunakan jeruk sebagai penghilang ketombe

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dalam menghilangkan ketombe, tentu ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dengan baik. Berikut ini langkah atau cara menghilangkan ketombe membandel dengan jeruk nipis dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Persiapkan jeruk nipis, Pilihlah jeruk nipis yang memang sudah cukup tua dan memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Peras jeruk nipis untuk mengambil airnya sebagai bahan utama dalam cara menghilangkan ketombe membandel dengan jeruk nipis. Pastikan tidak ada biji jeruk yang masih tercampur dengan perasan air jeruk nipis tersebut.
  2. Bersihkan rambut, langkah selanjutnya yang harus dilakukan terlebih dahulu setelah bahan siap digunakan adalah membersihkan rambut dengan baik. Lakukan keramas menggunakan shampo lalu keringkan rambut hingga benar benar kering tanpa adanya sisa air. Pembilasan dalam pencucian rambut atau keramas tersebut harus benar sehingga tidak ada sisa shampo yang masih menempel pada rambut.
  3. Aplikasikan bahan antiketombe,  Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah rambut siap adalah mengaplikasikan bahan antiketombe dari perasan air jeruk nipis yang sudah disiapkan secara langsung pada rambut. Oleskan air perasan jeruk ke seluruh bagian rambut dan berikan tekanan pada kulit kepala agar bahan antiketombe dapat terserap dengan baik.
  4. Bilas dan bersihkan, setelah seluruh bahan teraplikasikan secara merata maka biarkan selama kurang lebih 10 – 30 menit agar air perasan jeruk memberikan efek yang efektif. Setelah pendiaman maka dapat dibilas dengan air bersih. Lakukan cara menghilangkan ketombe  membandel dengan jeruk nipis diatas beberapa kali hingga ketombe benar benar dapat teratasi.
Sponsors Link

Kombinasikan jeruk nipis dengan bahan lain

Untuk dapat memberikan hasil yang lebih efektif dalam mengatasi ketombe membandel, maka air perasan jeruk nipis dapat ditambahkan beberapa bahan lain yang juga bermanfaat dalam menyehatkan rambut serta menghilangkan ketombe. Beberapa bahan yang dapat ditambahkan atau dikombinasikan tersebut diantaranya seperti :

  1.  Lidah buaya, tanaman yang sudah dikenal lama dapat menjadikan rambut memiliki kondisi yang sehat dan juga membantu mengatasi ketombe yang cukup membandel. Lidah buaya sering dijadikan sebagai bahan pembuatan produk perawatan rambut dan menjadi bagian dalam cara menghilangkan jamur di kepala secara alami.
  2. Yogurt, bahan lainnya yang juga dapat diberikan untuk menghilangkan ketombe adalah yogurt. Produk hasil fermentasi susu tersebut memang dikenal memilik manfaat positif bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan.
  3. Madu dan telur, air perasan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan madu serta telur akan memberikan efek yang lebih efektif dalam mengatasi ketombe meskipun beberapa orang mungkin akan terganggu dengan bau amis dari telur.
  4. Minyak essential, beberapa jenis minyak minyak juga bisa dicampurkan dalam air perasan jeruk untuk menghilangkan ketombe diantaranya seperti minyak kayu putih, minyak almond, minyak kelapa, dan minyak zaitun.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan ketombe membandel dengan jeruk nipis yang dapat dijadikan salah satu langkah alternatif dalam mengatasi ketombe yang sangat mengganggu.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan