Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Rasa Gatal di Kepala Karena Tumbuh Uban yang Efektif

Sponsors Link

Selain terdiri dari beberapa organ penting seperti indera manusia diantaranya mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, kuping sebagai indera pendengaran, lidah sebagai indera perasa, serta tentunya otak yang merupakan bagian penting tubuh dengan fungsinya untuk mengendalikan tubuh dan menatanya, bagian bagian kepala lain yang juga dianggap penting dan vital salah satunya adalah rambut. Rambut sering disebut dengan istilah mahkota kepala karena memang dapat membantu mempengaruhi penampilan seseorang selain berfungsi melindungi kepala.

ads

Seperti halnya bagian kepala lain yang dapat mengalami beberapa jenis sakit kepala, rambut juga memiliki resiko menjadi bermasalah ketika tidak dirawat dengan baik atau karena pengaruh penyakit lainnya. Kondisi permasalahan pada rambut yang bisa jadi akan muncul ketika sudah seseorang sudah masuk usia tua adalah uban. Uban secara definisi menurut wikipedia, merupakan  rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih yang tentunya dapat disebabkan oleh beberapa keadaan tertentu.

Uban yang merupakan rambut putih tersebut selain dapat menyebabkan penurunan penampilan di mata orang lain juga seringkali akan menyebabkan beberapa gejala penyerta lainnya seperti gatal pada kulit kepala, rambut rontok, dan lain sebagainya. Kondisi rambut yang beruban tentu dapat memberikan masalah yang lebih berat dan cukup mengganggu sehingga harus diatasi dengan baik. Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa gatal di kepala karena tumbuh uban diantaranya seperti dibawah ini.

1. Pahami penyebab uban

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi rasa gatal akibat tumbuh uban tersebut adalah dengan memahami penyebab pasti adanya uban sehingga uban dapat dicegah agar tidak semakin meluas. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab uban tersebut diantaranya seperti :

  • Usia, faktor usia menjadi salah satu kondisi yang sangat umum sebagai penyebab seseorang memiliki uban pada rambutnya. Bahkan seringkali uban dianggap sebagai tolak ukur apakan seseorang tersebut sudah dapat dikatakan tua atau belum.
  • Merokok, pria perokok biasanya akan lebih cepat beruban dibandingkan dengan yang tidak. Merokok menjadi salah satu aktivitas yang memberikan dampak banyak terhadap tubuh untuk kekurangan nutrisi sehingga menyebabkan pertumbuhan uban berlangsung lebih cepat. Radikal bebas yang ada di dalam rokok juga merupakan penyebab terjadinya uban.
  • Stres, kondisi stres yang berkepanjangan memang menjadi salah satu faktor seseorang mengalami uban. Stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang memicu peningkatan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut dan memicu munculnya uban. Stres juga dapat menjadi penyebab migrain kanan.

Dengan memahami kondisi penyebab tersebut maka untuk menghindari uban yang semakin parah dan menyebabkan gatal adalah dengan mencegah keadaan penyebab tersebut terjadi.

2. Pahami penyebab rambut gatal karena uban

Selain dengan menghindari terjadinya uban maupun mencegahnya lebih parah, cara menghilangkan rasa gatal di kepala karena tumbuh uban lainnya adalah dengan memahami penyebab rambut gatal akibat uban dan pastikan apakah memang benar rasa gatal yang muncul akibat uban. Secara tidak langsung, uban memang bukan penyebab utama terjadinya rambut gatal sehingga harus dipastikan resiko penyakit lainnya seperti kurap, psoriasis, dan ketombe. Memastikan penyebab yang ada sangatlah penting.

3. Bersihkan kepala secara rutin

Seperti dalam penjelasan diatas bahwa kondisi kepala yang gatal akibat uban bisa jadi bukan disebabkan oleh uban itu sendiri. Untuk menghindari terjadinya rasa gatal akibat uban tersebut maka perlu adanya upaya untuk terus secara konsisten dalam membersihkan kepala secara rutin. Pembersihan kepala secara rutin akan membantu menjaga kondisi kulit kepala dan rambut agar tidak mudah gatal. Gunakan beberapa jenis shampo tertentu mungkin akan membantu terutama yang memang diklaim menjadi basis.

4. Jangan cabut uban

Beberapa orang mungkin masih sangat meyakini bahwa gatal yang muncul disebabkan oleh adanya pertumbuhan uban sehingga kerap kali untuk mencegah dan mengatasi gatal maka pencabutan uban uban tersebut dilakukan setiap helai demi helai. Mencabut uban ternyata menjadi kondisi yang dapat menyebabkan resiko folikel rambut bermasalah sehingga memiliki peluang untuk menjadikan kondisi gatal semakin parah.

Sponsors Link

5. Atasi penyebab gatal lainnya

Uban sebenarnya bukanlah kondisi permasalahan pada bagian rambut yang dapat menyebabkan kondisi gatal. Rasa gatal yang muncul pada saat seseorang memiliki uban sebenarnya terjadi akibat penyebab lainnya yang lebih spesifik dan banyak. Beberapa penyebab yang dapat diperhatikan dan diatasi agar kondisi gatal tidak muncul seperti ketombe, kulit kepala kotor, psoriasis, dan lain sebagainya. Menghindari penyebab yang ada merupakan salah satu cara mengatasi kulit kepala gatal.

6. Konsultasikan dengan dokter

Untuk mendapatkan cara menghilangkan rasa gatal di kepala karena uban dan penyebab lain yang lebih akurat dan presisi, membawa yang sakit ke dokter perlu untuk dilakukan.  Melalui proses konsultasi tersebut maka penyebab dari munculnya rasa gatal yang sebenarnya dapat dideteksi dengan baik. Dari hasil tersebut maka dokter akan menentukan bentuk terapi yang sebenarnya lebih efektif dalam mengatasi kondisi gatal pada kulit kepala tersebut seperti dengan memberikan resep obat tertentu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan rasa gatal di kepala karena tumbuh uban yang perlu diperhatikan dengan baik. Rasa gatal menjadi kondisi yang paling umum dan dapat terjadi akibat berbagai macam hal yang salah satunya terkait dengan uban. Uban sebenarnya bukan merupakan kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya rasa gatal namun memang sudah dipercaya banyak orang sebagai penyebab kulit kepala luka dan gatal . Menjaga kebersihan tubuh dan rambut serta memperhatikan setiap kondisi yang terjadi pada tubuh menjadi langkah awal mencegah terjadinya kepala gatal akibat berbagai keadaan tertentu yang dapat terjadi pada kulit kepala.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan