Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Rasa Pusing di Mata Akibat Sinusitis

Sponsors Link

Hubungan sinusitis dengan sakit kepala memang akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Sinusitis adalah infeksi yang berkembang pada bagian area sinus yang akan membuat bagian mata, telinga, tenggorokan dan semua wajah merasa nyeri. Pada gejala awal sinus sering diabaikan karena gejalanya memang seperti flu biasa.

ads

Tapi semakin lama diabaikan maka gejala sinus akan semakin berat dan bisa menyebabkan infeksi parah di bagian rongga sinus. Cairan yang terus menumpuk pada rongga sinus juga bisa berdampak buruk termasuk masuk ke bagian otak dan menyebabkan sakit kepala. Hal yang sangat tidak nyaman lain adalah sakit kepala yang berhubungan dengan sinusitis sendiri. Rasa pusing biasanya menumpuk pada sekitar tulang wajah dan mata. Tentu ini sangat berat untuk mata karena bisa menyebabkan hal yang sangat tidak nyaman. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara menghilangkan rasa pusing di mata akibat sinusitis.

  • Coba uap di sekitar wajah

Anda bisa mencoba untuk menguap dengan air hangat di bagian wajah. Caranya bisa dengan memasukkan air hangat atau panas ke dalam sebuah ember, kemudian bungkus area rambut sampai wajah dengan handuk, dan bagian wajah harus terbuka. Kemudian wajah menunduk menghadap ember yang mengeluarkan uap hangat tadi.

Cara ini akan mengatasi sakit kepala dibagian wajah, kepala dan juga mata. Uap hangat akan membuat cairan atau lendir yang menumpuk di rongga sinus menjadi lebih tipis, cair dan akhirnya keluar. Semakin berkurang lendir pada rongga sinus maka sakit kepala pada mata akhirnya akan hilang dan sembuh.

  • Uap ruangan dengan minyak kayu putih

Sakit kepala pada mata akibat sinusitis jika tidak diobati maka bisa menjadi sakit kepala berdenyut hebat. Akhirnya Anda tidak akan kuat karena rasa sakit yang terus berkembang. Biasanya rasa sakit bertambah berat ketika sedang tidur sehingga menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi ini maka cobalah untuk menguap ruangan dengan air panas yang diberi denga minyak kayu putih.

Caranya sangat mudah yaitu denga memasukkan air panas ke dalam baskom kecil dan berikan beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian letakkan di ruangan tempat Anda istirahat dan tutup pintunya. Biarkan uap menyebar dan akhirnya membuat sakit kepala di mata berkurang.

  • Cobalah tidur dengan bantal yang tinggi

Anda juga bisa mengatasi pusing pada mata dengan cara tidur nyenyak dalam posisi mata yang lebih tinggi. Langkah ini sangat tepat untuk membantu mata menjadi lebih nyaman dan tidak terasa lelah karena terus membuka dan tidak istirahat. Tidur juga sangat baik untuk membantu proses produksi sel darah putih yang lebih banyak. Ini juga sangat baik untuk membantu tubuh bisa melawan virus. Sebelum tidur maka hindari makan atau minum yang membuat perut tidak nyaman. Setelah itu buat posisi bantal yang lebih tinggi sehingga membantu lendir pada rongga sinus bisa keluar secara alami.

  • Makan sup kaldu sapi atau ayam

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membuat pusing pada mata menjadi lebih buruk lagi. Sakit kepala akibat dehidrasi biasanya juga menyebar ke semua bagian wajah. Akibatnya lendir pada rongga sinus sampai mata akan mengering dan membuat sakit kepala mata lebih buruk lagi. Hal yang buruk juga bisa terjadi karena rongga sinus tersumbat oleh cairan yang kering tersebut. Untuk itu cobalah untuk makan sup kaldu yang dimasak dari daging sapi atau ayam. Sup kaldu mengandung berbagai jenis vitamin dan sifatnya juga hangat. Ini bisa membuat tenaga tubuh pulih kembali dan rongga sinus menjadi lebih nyaman. Pastikan Anda mendapatkan sup yang dimasak tanpa MSG.

  • Yoga

Sebenarnya Anda juga bisa mencoba untuk melatih yoga khusus untuk penderita sinusitis. Yoga ini sangat baik untuk mengurangi tekanan pada rongga sinus dan membuat cairan sinus keluar secara alami. Yoga khusus untuk penderita sinus biasanya tidak berasal dari gerakan yoga biasa. Karena itu latihan pernafasan khusus digunakan untuk membuat aliran darah dalam tubuh lebih lancar. Kemudian latihan pernafasan dalam beberapa gerakan yoga juga sangat penting untuk memulihkan tubuh dengan cepat. Efeknya bahkan sangat baik untuk menghilangkan sakit kepala dan mata terasa sakit.

Sponsors Link

  • Kompres dengan air hangat

Anda juga bisa mengatasi tekanan pada rongga sinus dengan cara mengompres hangat. Kondisi ini sangat baik untuk membantu cairan tidak menumpuk berlebihan pada sekitar rongga dan mata. Caranya adalah dengan merendam handuk menggunakan air panas. Kemudian angkat dan keringkan sebentar namun masih menyisakan rasa hangat pada handuk. Tempelkan selama beberapa menit pada area sinus, sekitar hidung dan dahi. Sensasi hangat ini bisa membuat kondisi pusing pada mata berkurang secara perlahan dan Anda bisa istirahat dengan baik.

  • Makanan pedas

Jika Anda menyukai makanan pedas maka bisa mencoba makanan pedas yang mengandung kuah hangat. Berbagai jenis makanan pedas bisa membuat hidung dan tenggorokan menjadi lebih lega. Ini juga bisa membuat sensasi segar pada hidung dan mata. Kandungan bahan yang bisa digunakan untuk makanan pedas ini termasuk seperti cabai dan paprika. Capcaisin dalam bahan makanan ini bisa mengurangi rasa nyeri pada wajah dan mata. Karena itu pertimbangkan untuk konsumsi makanan ini kecuali jika Anda memiliki penyakit maag sebaiknya memilih cara yang lain.

  • Minum teh jahe hangat

Jahe juga bisa jadi bahan yang sangat alami untuk melawan sakit kepala akibat sinus, terlebih untuk sakit kepala pada bagian mata. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan merebus jahe dengan air panas sampai mendidih. Kemudian minum saat masih hangat agar rasa khas jahe juga bisa melegakan saluran pernafasan. Jahe yang mengandung gingerol sangat penting untuk menghangatkan saluran sinus dan area mata. Ini sangat baik untuk menghilangkan sakit kepala dan menenangkan tubuh.

Begitulah cara menghilangkan rasa pusing di mata akibat sinusitis. Anda bisa memilih cara mana yang sesuai dengan kondisi pusing di kepala dan mata sehingga lebih ampuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan