Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Nyut-nyutan Secara Alami

Sponsors Link

Sakit kepala nyut-nyutan tentu pernah dirasakan hampir semua orang. Ada banyak hal yang dapat memicu sakit kepala nyut-nyutan seperti kurang tidur, mengalami stres berat atau telat makan. Sakit kepala memang bukanlah penyakit yang tidak terlalu serius. Walaupun tidak serius, tapi sakit kepala nyut-nyutan tidak bisa diremehkan. Sakit kepala dapat membuat aktivitas jadi terhambat karena akan susah untuk berkonsentrasi dikala kepala nyut-nyutan.

ads

Banyak orang langsung mengkonsumsi obat sakit kepala karena reaksi yang cepat untuk menghilangkan sakit kepala nyut-nyutan. Tentu saja ini tidak baik jika mengkonsumsi obat-obatan terus menerus karena bisa berdampak kepada kesehatan akibat bahan kimia yang terkandung dalam obat. Bahkan beberapa pereda sakit kepala yang terus diminum bisa merusak ginjal kamu.

Ada banyak cara alami untuk menghilangkan sakit kepala dengan obat alami, tradisional, tanpa bahan kimia. Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala nyut-nyutan secara alami:

1. Mengkonsumsi kentang

Kentang merupakan makanan yang kaya akan kalium yang penting untuk tubuh. Kepala nyut-nyutan bisa kamu alami karena tubuh yang kekurangan kalium. Jika kamu ingin sakit kepala segera menghilang, kamu bisa mengkonsumsi kentang rebus. Jangan mengolah kentang menjadi makanan lain seperti kentang goreng, karena ini akan menghilangkan kandungan kalium bahkan membuat kentang berubah menjadi kentang jenuh.

2. Mengkonsumsi pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan senyawa potasium dan magnesium. Ternyata senyawa ini bisa membantu menghilangkan sakit kepala yang sering menyerang. Jika kamu ingin menggunakan pisang untuk menghilangkan sakit kepala, kamu bisa mengkonsumsi minimal 3 buah setiap harinya secara rutin.

3. Minyak kayu putih

Tidak hanya makanan, ternyata minyak kayu putih juga bisa membuat saraf tegang kembali rileks sekaligus menenangkan pikiran kamu. Kayu putih adalah salah satu tanaman herbal yang mengandung banyak senyawa seperti butirat, terpineol, aldehid valerat, dan sineol yang akan membantu untuk menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Kamu bisa menghirup aroma minyak kayu putih, tapi akan lebih baik jika kamu mencampurnya dengan air hangat. Sehingga kamu bisa menghirup uap air hangat dengan campuran dengan minyak kayu putih. Uap dengan aroma minyak kayu putih akan membuat rileks pikiran sehingga sakit kepala akan mereda. Kamu cukup meneteskan sedikit minyak kayu putih kemudian hirup dalam-dalam uapnya.

4. Menggunakan lilin aromaterapi

Selain minyak kayu putih, ada cara lain yang akan membuat rileks saraf tegang dan meredakan sakit kepala nyut-nyutan yaitu dengan menggunakan lilin aromaterapi. Kamu tinggal memilih lilin aromaterapi sesuai dengan aroma kesukaanmu.

5. Minum air mineral yang banyak

Sakit kepala nyut-nyutan juga bisa jadi sebuah peringatan tubuh jika aliran darah serta oksigen yang menuju otak mengalami gangguan, ini berarti otak sedang kekurangan oksigen dan darah. Hal inilah yang akan memicu kamu mengalami sakit kepala. Jadi saat kamu tiba-tiba merasa sakit kepala nyut-nyutan, pertolongan pertama kali yaitu dengan memperbanyak minum air mineral. Ini juga akan membantu kamu tidak mengalami dehidrasi serta membuat tubuh selalu segar.

Es batu ternyata bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sakit kepala terus-menerus yang mujarab. Sensasi dingin es batu akan membantu otot yang tegang menjadi rileks dan meredakan sakit kepala dengan sendirinya. Caranya juga cukup mudah, kamu bisa membungkus beberapa bongkahan kecil es batu menggunakan kain kemudian usap-usap pada bagian kepala yang sakit. Jika sudah terasa nyaman, kamu bisa mengelap kepala yang basah akibat es batu yang mencair.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan