Sponsors Link

Manfaat dan Cara Mengobati Vertigo dengan Jahe

Sponsors Link

Setiap orang pastinya pernah mengalami permasalahan pada kepala baik terutama yang ringan seperti pusing atau sakit kepala. Kondisi pusing tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk beraktivitas dan memiliki keinginan yang lebih untuk banyak beristirahat. Berbagai jenis sakit kepala juga dapat menjadikan seseorang menjadi kehilangan kemampuan untuk berfikir, fokus, dan mengambil krputusan. Contoh tersebut merupakan keadaan yang menunjukan bahwa kepala menjadi bagian yang penting bagi aktivitas harian. Adanya permasalahan pada bagian bagian kepala dapat memberikan dampak yang signifikan.

ads

Terkait dengan kondisi permasalahan yang dapat terjadi pada kepala, ada beberapa kelainan yang berlangsung secara terus menerus, salah satunya adalah vertigo. Jenis sakit kepala vertigo didefinisikan sebagai kondisi yang dapat menyebabkan seseorang memiliki persepsi gerakan yang tidak seharusnya, contohnya gerakan memutar dan melayang. Kondisi vertigo tersebut dapat disebabkan oleh karena adanya gangguan pada sistem vestibular.

Vertigo dapat terjadi sepanjang hidup ketika seseorang sudah mengidapnya. Dengan kondisi tersebut, maka dibutuhkan upaya untuk dapat mencegah terjadinya kekambuhan pada kondisi vertigo yang efektif namun tidak memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu bahan herbal yang aman dan efektif dalam membantu mengatasi maupun mencegah terjadinya vertigo adalah jahe. Berikut penjelasan mengenai manfaat dan cara mengobati vertigo dengan jahe melalui ulasan di bawah ini.

  • Kandungan jahe

Sebelum membahas terkait cara pengobatan vertigo menggunakan jahe maka pengenalan terkait kandungan dari jahe perlu untuk dilakukan. Jahe yang merupakan salah satu bumbu rempah dalam beberapa olahan makanan kerap kali dikonsumsi karena memang dikenal memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam jahe yang menjadikan jahe memiliki beberapa manfaat positif dalam mengatasi beberapa jenis penyakit termasuk vertigo.

Beberapa kandungan senyawa kimia bermanfaat yang terdapat di dalam jahe tersebut diantaranya seperti vitamin A, B1, B3, C, serat, lemak, zigibain, enzim proteolitik, oleorosin, minyak atsiri, gingerol, senyawa fenolik, kalsium, fosfor, zat besi. Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale tersebut juga memiliki kandungan bioaktif yang bernama (6)-gingerol, (6)-shogaol, diarilheptanoid dan curcumin. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri dan komponen bioaktif yang lebih banyak sehingga memiliki manfaat yang lebih baik juga dibandingkna jahe putih.

  • Manfaat Jahe Untuk Vertigo

Seperti dalam penjelasan diatas, adanya kandungan senyawa kimia bioaktif maupun senyawa pada umumnya di dalam jahe menjadikannya memiliki manfaat yang positif bagi kondisi kesehatan tubuh. Jahe dapat digunakan sebagai salah satu bahan yang dapat membantu mengatasi beberapa jenis penyakit pada tubuh manusia. Beberapa manfaat jahe untuk kesehatan diantaranya seperti mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual dan kembung, membantu proses detoksifikasi tubuh, dan lain sebagainya. Salah satu manfaat lain yang dimiliki oleh jahe tersebut adalah membantu dalam mengatasi kondisi vertigo yang terjadi pada penderitanya dan mencegah terjadinya gejala vertigo yang tidak nyaman.

Manfaat jahe untuk penderita vertigo tersebut dapat diperoleh karena adanya senyawa bioaktif yang memiliki mekanisme kerja tertentu bagi tubuh. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terdistribusi dengan baik termasuk ke otak dan bagian bagian vital lainnya. Suplay oksigen yang lancar ke seluruh tubuh dapat mencegah terjadinya gangguan pada saraf perifer maupun saraf pusat yang dapat menyebabkan munculnya gejala vertigo. Membantu mengatasi vertigo merupakan salah satu khasiat jahe untuk sakit kepala.

  • Cara mengobati vertigo dengan jahe

Seperti dalam penjelasan diatas, jahe merupakan salah satu diantara beberapa bahan atau tumbuhan herbal lainnya yang memiliki manfaat positif bagi kondisi penderita jahe agar tidak mengalami serangan vertigo maupun meringankan gejala vertigo yang cukup membuat tidak nyaman. Untuk dapat memperoleh manfaat yang ada maka cara penggunaannya harus dilakukan dengan benar. Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menjadkan jahe sebagai pengobatan alami vertigo, diantaranya seperti :

Sponsors Link

  1. Pilih jahe merah

Jahe yang digunakan sebaiknya jahe yang memang masih fresh dan berupa ruang rempah asli bukan jahe dalam bentuk kemasan atau sachet karena bisa jadi ada bahan pengawet yang terdapat dalam jahe tersebut. Antara jahe merah dan jahe putih, keduanya dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati vertigo namun sebaiknya pilih jahe merah yang memiliki kandungan senyawa lebih banyak.

  1.  Bersihkan dan haluskan jahe

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan jahe dari kotoran yang ada mengingat jahe berupa rimpang yang tumbuh di dalam tanah. Setelah jahe dirasa bersih, maka tumbuk atau haluskan jahe dan jangan sampai ada cairan dari jahe yang terbuang karena cairan tersebut adalah minyak atsiri.

  1. Tambahkan air panas dan gula merah

Untuk dapat dikonsumsi maka hasil tumbukan jahe diatas ditambahkan air panas secukupnya dan biarkan beberapa saat sebelum dikonsumsi. Penambahan gula dapat dilakukan untuk menjadikan ramuan jahe tersebut lebih enak diminum.

  1. Konsumsi jahe secara rutin

Sebagai bahan herbal, jahe dapat dikonsumsi setiap harinya untuk membantu mencegah terjadinya serangan vertigo dan meningkatkan kesehatan tubuh. Larutan jahe dapat disimpan untuk kemudian diminum setiap hari. Ramuan jahe tersebut menjadi salah satu terapi penyembuhan vertigo secara alami.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat dan cara mengobati vertigo dengan jahe yang dapat dikonsumsi sepanjang hari agar serangan vertigo tidak sering kambuh. Selain jahe, ada beberapa bahan lain yang dapat dikombinasikan untuk memberikan efek mengobati dan pencegahan terhadap vertigo yang lebih baik. Beberapa bahan lain tersebut diantaranya seperti gingko biloba, daun selasih, lada merah, sambiloto, cocor bebek, dan bunga melati.

, , , ,
Oleh :