Sponsors Link

15 Cara Tidur Orang Vertigo yang Aman dan Tepat

Sponsors Link

Cara tidur orang vertigo mungkin banyak menimbulkan pertanyaan bagi anda yang belum mengetahui bagaimana vertigo mengubah hidup seseorang. Vertigo merupakan penyakit sakit kepala yang sering membuat seseorang kehilangan keseimbangan. Gangguan keseimbangan yang dialami penderita vertigo tidak bisa dianggap sepele. Karena ternyata salah satu gejala dari vertigo adalah menyebabkan penderitanya susah tidur.

ads

Penderita vertigo yang susah tidur pasti banyak jumlahnya, atau mungkin malah semuanya? Hal ini wajar terjadi karena memang salah satu gejala dari penyakit vertigo adalah keadaan memutar yang menyebabkan penderitanya kehilangan keseimbangan. Tentunya, keadaan ini harus ditangani dengan sigap. Jika tidak, penderita vertigo akan mengalami kekurangan jam tidur dan penyakitnya pun menjadi semakin parah.

Baca juga:

Menangani kesulitan tidur yang dialami oleh penderita vertigo, ada beberapa cara tidur yang dapat dijadikan tips secara umum. Apa sajakah cara tidur orang vertigo tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Tidur dengan Memanfaatkan Terapi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk dapat mengurangi efek dari vertigo seorang penderita harus diberikan terapi. Terapi inilah yang kemudian dapat membantu orang penderita vertigo menjadi lebih mudah untuk tidur. Setidaknya terdapat 8 cara tidur orang vertigo dengan memanfaatkan terapi. Baca juga: Sakit Kepala pada Anak.

Terapi BPPV merupakan nama dari terapi yang diketahui bertujuan untuk mengatasi kesulitan tidur yang pasti dialami oleh setiap penderita vertigo. Apa dan bagaimanakah terapi BPPV dapat dilakukan? Simaklah penjelasannya di bagian berikut ini:

1. Terapi Brandt Daroff Setiap 3 Kali Sehari

Jenis terapi pertama untuk mengembalikan kemampuan tidur seseorang adalah dengan menanggulangi gejala-gejala yang dialami penderita terlebih dahulu. Terapi ini tentunya juga berkaitan untuk mengatasi gejala susah tidur yang sering dialami. Salah satu jenis terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi susah tidur adalah Terapi Brandt Daroff. Brand Daroff adalah pengembang dari terapi ini yang dipercaya mampu memulihkan kesehatan anda. Langkah melakukan terapi ini merupakan informasi yang sangat bermanfaat untuk dapat mengurangi gejala vertigo susah tidur dan juga mencegahnya kembali kambuh dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Setelah anda melakukan terapi ini, dalam jangka waktu yang panjang vertigo tidak akan kambuh kembali. Itulah mengapa untuk bisa mencegah kekambuhan vertigo, penderita disarankan melakukan latihan brandt daroff minimal sebanyak dua kali dalam satu hari atau selama dua minggu rutin tanpa berhenti. Penderita vertigo yang rutin melakukan terapi ini kemudian biasanya memang adalah penderita vertigo BPPV (Benign Proxysmal Positional Vertigo). Memang jenis vertigo inilah yang sering menyebabkan penderita vertigo menjadi kesulitan untuk tidur. Pada penderita vertigo jenis lain, mungkin saja obat ini memang tidak dibutuhkan dan hanya membutuhkan terapi rehabilitasi vestibular.

Tujuan terapi itu dilakukan adalah untuk membantu pengeluaran debris kanal semisirkularis yang merupakan penyebab dari vertigo jenis ini. Salah satu jenis terapi yang juga bisa digunakan sebagai terapi rehabilitasi vestibular adalah terapi Brandt Daroff ini lagi. Anda tentu ingin tahu bagaimana bisa melakukan terapi Brandt Daroff, untuk itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Duduklah tegak di sisi samping tempat tidur dan posisikan tungkai anda tergantung
  • Kemudian pejamkanlah mata anda sambil membaringkan tubuh ke satu sisi (kanan atau kiri)
  • Pertahankanlah posisi ini minimal 30 detik waktunya
  • Kembali duduklah tegak setelah 30 detik dan tahan selama 30 detik
  • Ulangi langkah sebelumnya, namun ke sisi yang berlawanan
  • Tahan kembali selama 30 detik dan duduk tegaklah kembali
  • Minimal anda harus mengulangi setiap sisi sebanyak 3 kali
  • Lakukan pada pagi, siang, da malam hari sebelum tidur.
  • Anda pun dapat tidur dengan lebih mudah sebagai hasilnya.

Baca juga: Bagian Bagian Kepala.

2. Terapi Gerakan Rolling Sebelum Tidur

Selanjutnya, terapi gerakan rolling merupakan jenis terapi yang bias anda lakukan untuk membantu anda lebih mudah tidur. Latihan terapi ini disebut juga sebagai barbeque maneuver. Tentu sama seperti dengan namanya, gerakan ini adalah gerakan yang dapat membuat anda melakukan gerakan dengan berguling gulingkan badan. Tentunya gerakan ini dapat menyebabkan penderita vertigo mengalami kekambuhan pusing dan berputar yang sangat teramat sakit juga parah.

Sponsors Link

Namun, setelah kekambuhan itu terjadi biasanya kondisi penderita vertigo akan jauh lebih membaik dibandingkan dengan kekambuhan sebelumnya. Cara terapi ini sudah banyak dipercaya kegunaan dan manfaatnya. Bagi anda yang penasaran bagaimana cara melakukan terapi ini, maka simaklah penjelasannya sebagai berikut ini:

  • Pertama-tama posisikanlah tubuh anda dalam kondisi berbaring
  • Jika sudah, maka pastikanlah anda berbaring dengan wajah menghadap ke atas, bukan menghadap ke permukaan lantai
  • Setelah itu, ingatlah bagian kepala mana yang sering terasa amat berat ketika vertigo kambuh
  • Jika bagian itu adalah bagian kanan, maka anda lakukanlah berguling badan ke sisi sebelah kanan
  • Jika bagian kiri, lakukanlah berguling ke sebelah kiri
  • Anda harus melakukan guling guling ini secara perlahan dan jangan sampai membahayakan diri anda sendiri
  • Posisi badan ketika digulingkan minimal miring sebesar 36 derajat
  • Setelah selesai berguling, kembalilah ke posisi semula anda dengan melakukan guling lawan arah
  • Ulangi dan tahanlah rasa kambuh sesaat yang mungkin anda rasakan
  • Cara ini diperkirakan ampuh untuk mengatasi segala penyakit dan gangguan anda.

Baca juga: Efek Sakit Kepala Sebelah, Efek Sakit Kepala.

3. Terapi Manuver Semont Sebanyak 3 Kali Satu Hari

Cara tidur orang vertigo selanjutnya dapat menjadi lebih baik dengan melakukan terapi Semont. Terapi ini sudah banyak diketahui manfaatnya untuk membantu mengatasi kesulitan tidur yang dialami oleh para penderita vertigo. Informasi lain juga menyebutkan bahwa, terapi manuver semont memang sudah cukup banyak digunakan untuk mengobati serta mencegah seringnya kekambuhan terjadi pada penderita vertigo dalam jangka panjang. Terapi ini adalah terapi manuver semont.

Terapi ini memiliki jenis terapi lain yang sedikit berbeda, namun namanya cukup mirip yaitu terapi manuver epley. Mengenai terapi yang satu ini akan dijelaskan selanjutnya. Sekarang pasti anda ingin mengetahui bukan bagaimana terapi manuver semont dapat dilakukan? Anda cukup melakukan beberapa gerakan di bawah ini. Gerakannya pun diketahui sangat mudah sekali untuk diikuti. Apa sajakah gerakan tersebut? Simak penjelasannya di bagian berikut ini :

  • Pertama, posisikanlah anda duduk di tepi ranjang dengan posisi kedua tungkai menggantung di sisi
  • Selanjutnya, anda pun harus mengetahui dimana vertigo anda sering kambuh. Apakah di sebelah kanan ataukah kiri? Jika terjadi dan kambuh di sisi kanan, maka gerakan yang anda lakukan adalah dengan menolehkan kepala ke sebelah kanan. Dan sebaliknya jika di sebelah kiri, maka lakukanlah penolehan ke sebelah kiri.
  • Saat menoleh ke kanan, perlahan lahan anda bisa membaringkan telinga anda bersama dengan kepala anda di tempat tidur. Sehingga posisi telinga dan kepala menempel di tempat tidur. Tahan posisi seperti itu selama 1 menit lamanya.
  • Kembalilah ke posisi awal yaitu dalam posisi duduk. Lakukanlah cara tersebut secara berulang ulang agar vertigo tidak kambuh kembali.

Baca juga: Jenis Sakit Kepala.

4. Terapi Manuver Epley Sebanyak 3 Kali Satu Hari

Selanjutnya, gangguan tidur pada penderita vertigo juga dapat diatasi dengan terapi yang bisa digunakan untuk mencegah vertigo kambuh kembali seperti terapi manuver epley ini. Manuver epley juga disebut dengan teknik reposisi kanalit dan masih merupakan terapi yang mirip dengan terapi semont. Cara ini diketahui sangat efektif untuk mencegah vertigo kambuh kembali dan bisa membantu penderitanya untuk lebih mudah tidur.

Setidaknya, ada sekitar empat gerakan dan latihan yang berbeda yang harus dilakukan menurut terapi ini untuk mengatasi vertigo yang anda alami. Semua gerakan di terapi ini tentunya melibatkan bagian kepala, karena sumber utama penyakit vertigo memang adalah masalah di bagian otak dan keseimbangan tubuh. Untuk dapat mengganti setiap posisi ini saat terapi dilakukan, setidaknya anda harus menahan posisi selama 30 detik lamanya.

Sponsors Link

Jangan kaget jika selama menjalani terapi, tiba-tiba penyakit vertigo anda kambuh dan menyiksa anda kembali. Walaupun begitu, vertigo yang sering dialami oleh anda kemudian akan berangsur angsur membaik. Anda bahkan mungkin bisa sembuh total dan tidak perlu merasakan vertigo lagi. Namun mungkin memerlukan waktu yang lama, tetapi pastinya anda tidak perlu kesulitan tidur lagi. Berikut ini adalah terapi manuver epley yang bisa dilakukan penderita vertigo sebelum tidur:

  • Pertama anda harus melakukan posisi duduk yang diposisikan di samping ranjang. Kemudian, penderita vertigo ini bisa memutar kepalanya sejauh 45 derajat ke bagian kanan dan setelahnya ke bagian kiri juga. Anda harus dapat memaksimalkan gerakan ini, khususnya pada bagian kepala yang sering anda rasakan vertigo menjadi sering muncul. Misalnya anda merupakan penderita vertigo yang sering merasakan gejala vertigo berupa sakit di bagian kepala sisi kiri, maka tentu anda harus memaksimalkan gerakan ini di sisi sebelah kiri kepala anda.
  • Lalu, selanjutnya setelah melakukan gerakan memutar kepala sejauh 45 derajat anda harus menahannya kira-kira selama 30 detik. Kemudian ubahlah posisi tubuh anda dengan berbaring pada tempat tidur. Saat berbaring, posisikanlah agar kepala anda menggantung di ujung sisi tempat tidur. Anda harus hati-hati melakukan hal ini karena dapat berbahaya jika terjatuh.
  • Kemudian anda harus memiringkan kepala, hingga posisinya seperti sedang semi tengkura Anda pun bisa mendorong kepala ini ke arah yang lebih sering mengalami serangan vertigo dibandingkan sisi lainnya. Setelah posisi kepala anda telah menghadap ke lantai, maka miringkanlah kembali kepala ke sisi lawannya dan tahan kurang lebih selama 30 detik. Lakukan lagi kali ini ke sisi yang sebaliknya dan tahan lagi selama 30 detik. Selama melakukan gerakan ini, biasanya vertigo anda akan tiba-tiba kambuh. Anda tidak perlu khawatir dan tahanlah rasa sakit itu sambil terus melakukan terapi ini.
  • Selanjutnya dongakkanlah kepala Anda ke bagian atas. Jika kepala yang sering mengalami vertigo adalah sisi sebelah kanan, maka dongakkanlah kepala di bagian kanan anda ke arah Begitu juga, jika yang sering terasa sakit adalah sebelah kiri. Jika telah mendongakkan kepala ke arah atas, maka selanjutnya anda bisa melakukan pengulangan gerakan dengan menengok ke arah kiri dan tahan kurang lebih selama 30 detik, kemudian dilanjutkan dengan menengok kepala ke arah sisi kanan dan tahan selama 30 detik.
  • Terakhir, miringkanlah tubuh anda dengan posisi kepala sedang menggantung di bagian bahu. Posisikan kepala yang sering mengalami vertigo yang ditopangkan dan menggantung ke bahu. Selanjutnya, hadapkan posisi kepala itu ke arah Tahanlah posisi ini hingga kurang lebih 30 detik lamanya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Pijatan.

5. Terapi Memutar Kepala Sebelum Tidur

Selanjutnya, penderita vertiga umumnya kesulitan tidur karena kepala yang terus berputar-putar. Kepala yang berputar ini harus diatasi dengan terapi memutar kepala sebelum tidur. Anda dapat melakukan terapi sederhana ini dengan sangat mudah. Pertama-tama, anda haruslah mengetahui sisi kepala mana yang sering merasakan gejala vertigo. Selanjutnya, putarlah kepala anda sebelum tidur dan setiap berhenti posisikanlah dagu anda langsung menempel pada dada. Putarlah ke bagian yang lebih sering kambuh, misalnya kanan. Kemudian balas kembali dengan memutar ke sisi kiri. Ulangi terus hingga membaik, dan jangan lupa untuk memposisikannya di dagu setiap baru selesai. Cara ini dipercaya ampuh untuk membantu penderita vertigo lebih mudah tidur.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

6. Terapi Memosisikan Punggung Sebelum Tidur

Cara membantu penderita vertigo untuk tidur selanjutnya adalah dengan melakukan terapi memposisikan punggung sebelum tidur. Para penderita vertigo diketahui memiliki masalah keseimbangan yang mungkin juga terjadi sebagai akibat dari saraf-saraf di punggung yang terganggu. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan mengandalkan posisi punggungnya. Anda pertama harus memposisikan punggung anda lurus mengikuti struktur rata lantai. Setelah itu duduklah dengan menempelkan punggung pada dinding cobalah berdiri dengan tetap mempertahankan punggung dengan lurus sambil memejamkan mata. Mungkin di awal-awal tahap anda akan merasa pusing yang berat dan berputar-putar. Namun, pertahankanlah gerakan ini hingga dua minggu lamanya latihan. Setelah dua minggu, anda pasti akan merasakan manfaatnya untuk membuat anda lebih mudah tidur.

Baca juga: Sakit Kepala saat Hamil.

ads

7. Terapi Otot Mata Sebelum Tidur

Otot mata merupakan salah satu bagian tubuh yang akan mengalami efek samping jika vertigo sedang kambuh. Hal inilah kemudian yang menjadi penyebab seseorang menjadi tidak bisa tidur. Sulitnya seseorang untuk tidur ini ditunjukkan dengan otot mata yang tidak fokus dan membuat lingkungan sekitar penderita terlihat seperti berputar-putar. Oleh sebab itu, untuk dapat tidur lebih mudah lakukanlah terapi sederhana pada otot mata anda. Anda dapat melatihnya dengan melihat suatu objek bergerak dan mencoba memfokuskan mata anda pada benda bergerak tersebut. Usahakan untuk terus mengikuti gerak benda tersebut, jangan sampai fokus anda terpecah. Jika memungkinkan ulangi setiap saat, maka anda pun dapat memiliki otot mata yang lebih fokus dan tidak menjadi lebih parah ketika vertigo sedang kambuh.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala.

8. Terapi Merapatkan Telinga Sebelum Tidur

Terakhir, penderita vertigo umumnya kesulitan tidur karena kepala yang terus berputar-putar akibat gangguan keseimbangan tubuh di telinga. Kepala yang berputar ini harus diatasi dengan merapatkan telinga sebelum tidur. Anda dapat melakukan terapi sederhana ini dengan sangat mudah. Pertama-tama, anda haruslah menarik daun telinga anda ke arah bahu hingga menutup telinga sepenuhnya. Selanjutnya, tahanlah posisi ini selama 15 menit lamanya. Kemudian balas kembali dengan menutup telinga di sisi kanan. Ulangi terus hingga vertigo anda membaik, dan jangan lupa untuk melakukannya kira-kira sebanyak 5 set setiap hari. Cara ini dipercaya ampuh untuk membantu cara tidur orang vertigo lebih mudah tidur.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Tradisional, Obat Vertigo Alami.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Penderita Vertigo

Penyakit vertigo seperti yang diketahui dapat menyebabkan banyak bahaya. Itulah sebabnya penderita vertigo harus selalau hati-hati dalam tindak tanduknya agar tidak membahayakan dirinya dengan penyakit vertigo yang mendadak kambuh. Penyakit vertigo yang mendadak kambuh dapat dicegah, jika anda rajin menghindari hal-hal yang tidak boleh anda lakukan. Berikut ini 7 hal yang tidak boleh penderita vertigo lakukan untuk dapat hidup lebih sehat dan kuat.

1. Mengonsumsi Makanan dengan Santan

Makanan bersantan memang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Namun, kandungan makanan ini tidak baik karena kolesterolnya sangat tinggi. Penderita vertigo pun dapat lebih mudah kambuh sebagai akibatnya. Jadi hindarilah makanan bersantan sebisa mungkin anda lakukan. Baca juga: Sakit Kepala Bagian Depan.

2. Mengonsumsi Alkohol

Tubuh orang penderita vertigo pun akan sangat lemah dengan kandungan alkohol. Oleh karena itu, penderita vertigo wajib menghindari konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol diketahui sangat berbahaya bagi penderita vertigo karena dapat menyebabkan gejala pusing menjadi lebih parah dan lebih berputar efeknya. Baca Juga: Sakit Kepala Belakang.

3. Merokok dan Meracuni Tubuh

Rokok merupakan salah satu kebiasaan meracuni tubuh yang harus anda hindari. Sebagai penderita vertigo, anda tentunya sudah mengetahui bahwa bau dan asap dapat memicu vertigo menjadi kambuh. Oleh sebab itu, baiknya anda menghindari kebiasaan merokok dengan semaksimal mungkin.

4. Mengonsumsi Buah Durian

Buah durian merupakan buah yang harus dihindari oleh para penderita vertigo. Kandungan dari buah ini diketahui sangat berbahaya bagi anda yang sering mengalami kondisi berputar. Bau dari buah durian dapat memabukkan apalagi konsumsinya. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi durian sebisa mungkin. Baca juga: Buah Buahan untuk Obat Sakit Kepala.

5. Mengonsumsi Daging-dagingan

Banyak makanan Indonesia yang diolah dengan menggunakan bahan daging. Sayangnya, penderita vertigo harus berhati-hati dalam mengonsumsi daging. Anda diharuskan untuk menghindari konsumsi daging-dagingan. Oleh sebab itu, janganlah mengonsumsi daging-dagingan jika anda ingin vertigo anda tidak mudah kambuh.

6. Mengonsumsi Jeroan

Jeroan merupakan bahan makanan yang diambil dari berbagai organ dalam hewan, seperti hati, usus, dan lain-lainnya. Makanan dari jeroan ini banyak ditemukan dalam pengolahan makanan di Indonesia. Oleh sebab itu, anda diharuskan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol ini. Dengan menghindarinya anda pun dapat memiliki tubuh yang lebih sehat dan jauh dari vertigo yang kambuhan. Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala.

7. Mengonsumsi Olahan Nasi Tertentu

Olahan nasi tertentu banyak dibuat dengan menggunakan bahan santan yang cukup banyak. Contohnya adalah olahan nasi uduk dan nasi kuning. Kedua olahan nasi ini memiliki kandungan santan yang dapat membahayakan penderita vertigo. Oleh sebab itu, penderita vertigo disarankan untuk mengonsumsi nasi yang tidak diolah dengan menggunakan santan ini. Konsumsilah nasi biasa, itupun dalam jumlah secukupnya. Agar tidak semakin banyak gangguan kesehatan yang dapat menyerang ana dan membuat vertigo anda menjadi kambuh kembali. Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

Demikianlah kira-kira informasi mengenai cara tidur orang vertigo dan hal-hal apa saja yang harus dihindarinya agar lebih mudah untuk tidur. Semoga informasi ini dapat membantu anda para penderita vertigo untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan. Semoga anda dapat kembali sehat dan lebih mudah tidur untuk selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup