Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Meningitis pada Orang Dewasa yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Meningitis masih menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan menakutkan. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus yang menyerang selaput otak. Selaput otak yang terkena efek meningitis terletak di bagian saraf tulang belakang dan otot. Infeksi menyebar dengan cepat sehingga akhirnya penderita meningitis memiliki cairan yang memenuhi bagian meninges. Ini adalah bagian yang berisi membran termasuk mengelilingi otak dan saraf tulang belakang.

ads

Penyakit meningitis menjadi penyebab sakit kepala yang biasanya diabaikan dan baru diketahui setelah beberapa waktu. Virus penyebab meningitis banyak menyebar di negara berkembang dan juga negara dengan tingkat sanitasi yang buruk. Penyakit akan menyerang mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai lanjut usia.

Kondisi ini membutuhkan perawatan dengan cepat sejak munculnya gejala. Sayangnya gejala meningitis juga sering tidak diperhatikan. Agar tidak salah lagi, maka kenali ciri ciri meningitis pada orang dewasa yang sering diabaikan, seperti berikut ini.

Munculnya sakit kepala terus menerus seharusnya sudah diperhatikan oleh penderitanya. Biasanya saat awal gejala maka sakit kepala dianggap sebagai sakit kepala biasa. Tapi dalam waktu singkat sakit kepala menjadi serangan yang sangat menyakitkan. Rasanya seperti sakit kepala migrain tapi tidak sembuh setelah diberi obat. Infeksi ini akan muncul bersamaan dengan gejala yang lain atau terkadang muncul pertama kali. Jadi perhatikan dengan gejala ini.

  • Tubuh demam

Selain terkena jenis sakit kepala yang sulit disembuhkan maka biasanya meningitis juga akan membuat tubuh penderita merasa demam. Demam akibat meningitis bisa terjadi bersamaan dengan sakit kepala atau tidak sama sekali. Namun demam ini sering diabaikan karena dianggap seperti gejala flu biasa. Sebenarnya ketika demam itu menandakan virus sedang menyerang bagian cairan otak sehingga tubuh berusaha menolak serangan infeksi. Sayangnya tubuh terkadang menunjukkan gejala demam biasa yang sembuh sendiri.

  • Kurang fokus

Ketika virus sudah menyerang beberapa bagian otak maka itu bisa menyebabkan fungsi otak terganggu. Sehingga inilah yang membuat penderita kurang fokus, bingung dan mudah lupa. Hal ini yang akan membuat penderita sulit untuk mengambil keputusan dan biasanya juga rentan dengan depresi. Terlebih pada orang dewasa yang sudah bekerja aktif maka akan memberi dampak yang serius untuk aktifitas. Bahkan kondisi ini bisa membuat penderita lupa pada hal-hal paling penting seperti keluarga dan pekerjaan.

  • Leher terasa kaku

Meningitis juga akan menyebabkan sakit pada bagian leher seperti sensasi kaku dan tidak nyaman. Kondisi ini juga sering diremehkan karena biasanya dianggap dengan efek kelelahan atau karena tingkat kolesterol yang tinggi. Jika gejala ini sudah sangat buruk maka bisa memicu kondisi  vertigo tanpa gejala apapun. Namun ciri khas dari meningitis yang mengalami leher kaku biasanya membuat penderitanya tidak bisa beraktifitas dengan nyaman.

  • Sangat peka terhadap cahaya

Penderita meningitis pada orang dewasa biasanya akan mengalami kepekaan yang sangat tinggi terhadap cahaya. Ini bisa terjadi ketika mata melihat cahaya atau bias cahaya yang sangat terang. Kondisi ini berhubungan dengan masalah peradangan yang menyerang sistem syaraf penglihatan. Kemudian ketika mata terkena cahaya maka objek yang terlihat menjadi kabur, tidak jelas atau ganda. Jika pernah mengalami benturan maka efek ini akan lebih parah lagi.

  • Gangguan pencernaan

Penderita yang sudah cukup parah biasanya mengembangkan beberapa gejala buruk seperti sakit kepala dan mata terasa sakit. Kemudian kondisi ini akan membuat penderita merasa sensasi melayang, lalu mual dan disertai dengan muntah. Gejala ini bisa membuat penderita kehilangan kesadaran secara tiba-tiba sehingga akhirnya pingsan.

  • Ruam kulit

Ruam kulit ternyata juga menjadi gejala meningitis pada orang dewasa. Sayangnya gejala ini sering diabaikan karena dianggap kondisi yang sangat biasa. Padahal ini menjadi pertanda bahwa banyak bakteri yang menyerang pada darah. Akhirnya bakteri menyebar ke semua bagian tubuh melewati pembuluh darah. Ruam merah pada kulit berbeda dengan alergi karena akan berkembang menjadi merah kecoklatan.

  • Tubuh terasa sakit

Ternyata meningitis juga akan membuat semua bagian tubuh terasa sakit. Kondisi ini bisa terjadi karena efek dari demam dan sakit kepala yang berkepanjangan. Serangan virus pada sistem otak akan membuat otot dan tulang mudah terasa sakit. Akhirnya penderita tidak bisa beraktifitas dengan baik dan seperti biasanya.

  • Lelah yang parah

Meningitis akan menyerang semua bagian tubuh sampai tubuh terasa sangat lelah. Kondisi ini akan membuat penderita biasanya selalu tidur dan tidak ingin beraktifitas. Terkadang karena rasa lelah yang berlebihan akhirnya akan membuat penderita sulit untuk bicara, malas untuk bangun tidur, sulit untuk melihat dengan jelas dan akhirnya tubuh menjadi sangat lemah.

  • Nafsu makan menurun

Karena tubuh orang dewasa sudah bisa memberikan respon terhadap rasa sakit dan tidak nyaman, maka meningitis akan menyebabkan nafsu makan menurun dengan cepat. Hal ini yang akhirnya membuat penderita tidak bisa memiliki keinginan untuk makan. efeknya berat badan juga akan menurun dengan cepat. Bahkan kondisi bisa menjadi lebih parah lagi karena tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman dengan baik.

  • Insomnia

Saat tubuh menjadi tidak nyaman dan sangat lelah tapi juga sakit maka respon terhadap waktu tidur menjadi sangat buruk. Tubuh tidak bisa merasa mengantuk karena beberapa hal yang tidak nyaman. Kondisi inilah yang akhirnya membuat penderita tidak bisa tidur. Gangguan hormon akibat serangan virus pada otak juga akan membuat penderita tidak bisa merespon rasa mengantuk.

  • Mudah emosi

Terkadang karena berbagai gejala yang tidak nyaman maka akhirnya membuat pikiran menjadi mudah emosi. Emosi ini juga dikendalikan oleh zat kimia yang dihasilkan oleh otak. Hal yang tidak nyaman untuk penderita adalah jika sudah tahu kondisi penyakit tidak sembuh-sembuh dan gejala yang semakin parah.

Munculnya ciri ciri meningitis pada orang dewasa yang sering diabaikan memang sangat berbahaya. Karena itu segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan agar bisa segera diobati.

, ,
Oleh :