Sponsors Link

16 Ciri-Ciri Vertigo pada Anak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ciri-ciri vertigo pada anak pastinya penting untuk diketahui oleh orang tua untuk mengetahui jenis sakit kepala yang sering dikeluhkan oleh anak. Anak-anak pastinya pernah mengeluhkan kepalanya terasa sakit atau nyeri, atau bahkan berputar-putar. Ada banyak jenis dan tentunya banyak juga gejala dari berbagai jenis sakit kepala tersebut. Tentu orang tua harus membantu anaknya mengidentifikasi penyakit apa yang menyerang anaknya. Orang tua dapat mengetahui jenis sakit kepala yang menyerang anaknya dengan mengetahui ciri-ciri vertigo pada anak itu sendiri.

ads

Sayangnya, informasi mengenai ciri-ciri vertigo pada anak kurang terpublikasi dengan baik. Itulah alasannya, mengapa saat ini anda disarankan untuk dapat mengetahui apa saja gejala yang akan muncul pada anak-anak yang mengidap vertigo. Informasi mengenai ciri ciri tersebut dibutuhkan dan berhasil dikumpulkan sesuai dengan penjelasan pada bagian di bawah ini.

Sempat dijelaskan pada bagian sebelumnya, vertigo juga dapat menyerang anak-anak. Vertigo pada anak ini ternyata ditentukan oleh berbagai ciri ciri. Ciri-ciri vertigo pada anak ini terbagi menjadi dua jenis yaitu ciri ciri vertigo sentral dan vertigo perifal. Keduanya akan dibahas pada bagian berikut ini.

Vertigo Sentral

Vertigo sentral merupakan jenis vertigo yang menyerang seseorang karena adanya kelainan pada suatu bagian di otak. Biasanya bagian yang terganggu tersebut adalah serebelum dan batang otak. Ciri ciri vertigo sentral pada anak ditunjukan dengan beberapa gejala atau ciri ciri berikut ini.

1. Mengalami Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah kanan maupun kiri atau migrain merupakan salah satu ciri-ciri vertigo pada anak. Seperti diketahui, vertigo pada anak merupakan penyakit yang sedikit banyak sama seperti vertigo pada orang dewasa. Tidak banyak yang tahu bahwa vertigo akan memiliki efek migrain juga pada penderitanya. Jadi jika anda mengalami gejala sakit kepala sebelah yang cukup sering, maka berhati-hatilah. Ketahuilah bahwa sakit kepala sebelah dapat mempengaruhi banyak hal pada diri seseorang. Bahkan mungkin juga membahayakan. Termasuk juga sebagai tanda bahwa anak anda telah mengidap vertigo.

2. Mengalami Kejang

Kejang-kejang merupakan keadaan tubuh yang tidak dapat terkendali dan menggelepar gelepar. Keadaan kejang-kejang ini dapat terjadi pada anak  anda yang mengidap vertigo. Alasannya adalah karena terdapat gangguan pada bagian otak yang mengontrol bagian saraf tubuh dan sekitarnya. Jadi tubuh pun dapat menjadi bergerak di luar kontrol seseorang. Lebih baik anda mewaspadai jika anda mendapati anak anda menunjukkan gejala seperti kejang-kejang tersebut. Oleh sebab itu, perhatikanlah keadaan anak anda sehari-hari dan hindari efek samping yang lebih besar.

3. Mengalami Kesulitan Berbicara

Gangguan seperti kesulitan berbicara seringkali dianggap sepele oleh orang tua. Terkadang bahkan hanya dianggap gangguan pertumbuhan biasa saja. Padahal terdapat bahaya yang mungkin menyerang seseorang dengan ditunjukkan gejala oleh kesulitan berbicara. Kesulitan berbicara ini ada banyak macamnya. Misalnya, anak kesulitan berbicara total, kesulitan berbicara tertentu, dan banyak jenis kesulitan lainnya. Jadi jangan anggap sepele kesulitan bicara anak anda dan bantulah anak anda mengatasi penyakit vertigo yang menyerangnya.

4. Mengalami Mimisan

Mimisan adalah keadaan keluarnya darah dari bagian hidung yang seringkali menyerang seseorang yang kelelahan. Lebih jauh dari itu, mimisan yang dialami oleh anak-anak dapat menunjukkan ciri ciri vertigo yang tidak dapat dipungkiri tergolong sangat berbahaya. Darah yang keluar dari hidung pun menjadi tanda ada masalah pada bagian kepala anda. Oleh sebab itu, mulai sekarang segeralah periksakan anak anda yang mengalami mimisan.

Vertigo Perifer

Vertigo Perifer adalah jenis lain vertigo yang juga mungkin menyerang anak-anak. Jenis vertigo yang satu ini diketahui disebabkan oleh masalah keseimbangan tubuh oleh seseorang. Masalah keseimbangan tersebut biasanya terjadi akibat penyakit vestibular neuritis, BPPV, dan sindrom meniere. Gejala pada jenis vertigo ini berbeda lagi. Berikut ini beberapa gejalanya yang perlu anda ketahui.

1. Mual dan muntah

Jika anak anda mengalami keadaan mudah mual dan muntah, maka berhati-hatilah karena kemungkinan anak anda terkena penyakit vertigo. Lakukanlah berbagai upaya untuk memeriksakan apa penyebab dari mual dan muntah yang sering anak anda alami. Jika memang benar anak anda mengalami penyakit vertigo, maka segeralah tanggulangi penyakit anak anda dengan segera mungkin. Selamat mencoba dan menyelamatkan anak anda dari resiko penyakit vertigo. Anak anda pun dapat kembali sehat dengan langkah yang tepat.

Sponsors Link

2. Demam Tinggi

Jika anak anda seringkali mengalami demam tinggi, maka anda perlu mewaspadainya. Permasalahan infeksi pada bagian telinga dalam, yang merupakan penyebab vertigo juga dapat menimbulkan gejala demam tinggi. Jika gejala demam tinggi yang dialami oleh anak anda diikuti juga oleh gejala vertigo lain, maka tampaknya anak anda benar telah mengidap vertigo. Oleh karena itu, segeralah lakukan langkah penyelamatan yang tepat untuk anak anda dan selamatkan dirinya dari bahaya.

3. Telinga Berdengung

Karena vertigo perifer merupakan vertigo yang disebabkan oleh masalah keseimbangan pada saraf di bagian telinga, maka seringkali ciri-ciri vertigo pun berhubungan dengan gangguan pada telinga. Salah satu ganggua telinga yang termasuk menjadi ciri-ciri vertigo adalah telinga yang berdengung. Oleh sebab itu, lakukanlah upaya penangulangan yang tepat untuk anak anda yang terbukti mengidap penyakit vertigo. Anak anda pun dapat lebih mudah untuk melewati hari-hari sebagai penderita vertigo.

4. Kehilangan Pendengaran

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gangguan telinga lain yang menjadi ciri-ciri vertigo anda adalah gangguan pendengaran. Bahkan pada kasus yang paling parah, penderita vertigo dapat mengalami kehilangan pendengaran. Sebab itu, upayakanlah agar anak anda tidak sampai mengalami kehilangan pendengaran. Deteksilah penyakit vertigo anak anda sesegera mungkin dan berikan upaya pencegahan dan penanganan yang tepat untuk anak anda. Demikian ini hal ini menjadi penting untuk diketahui.

5. Detak Jantung Lebih Cepat

Anak yang mengalami vertigo perifer pun dapat menunjukkan gejala lain seperti detak jantung yang menjadi lebih cepat. Itulah alasannya mengapa seorang anak yang menderita penyakit vertigo pun menjadi lebih mudah merasa khawatir. Jadi bagi anda yang mengetahui bahwa anak anda sering mengalami detak jantung yang tidak normal, maka segeralah lakukan tindakan penanggulangan dengan tepat. Anak anda pun dapat terhindar dari masalah dan resiko bahaya dari vertigo itu sendiri.

ads

6. Kepala Pusing seperti Berputar

Salah satu ciri ciri vertigo paling populer adalah kepala pusing yang berputar-putar. Gejala berputar putar ini harus diwaspadai karena dapat membahayakan anak anda dalam aktivitasnya. Jika memang anda menemukan anak anda mengalami sakit kepala dan sering merasa lingkungan sekitar anda berputar-putar. Maka lakukanlah upaya pengobatan sedini mungkin. Hal ini penting agar anak anda tidak mudah mengalami bahaya karena resiko dari penyakit vertigo ini. Demikianlah informasi ini penting untuk anda ketahui secara dini.

7. Penglihatan Menjadi Buram

Anda juga dapat melihat ciri ciri anak anda mengalami vertigo adalah dari gangguan penglihatan yang dialaminya. Mudahnya anak-anak anda mengalami penglihatan yang buram menunjukkan terdapat gangguan pada tubuh anak anda. Gangguan lain tersebut adalah penglihatan yang menjadi buram. Oleh sebab itu, periksakanlah permasalahan penglihatan anak anda tersebut. Apakah benar disebabkan oleh vertigo atau gangguan lainnya. Sehingga anda pun dapat segera memberikan pertolongan dini pada anak anda yang menderita vertigo. Selamat mencoba dan membantu anak anda mengobati berbagai penyakit anda.

Itulah tadi ciri-ciri vertigo pada anak yang mungkin terjadi. Informasi ini penting agar anda dapat segera mencari cara mengatasi yang tepat, setelah ciri ciri itu muncul pada seseorang. Apa sajakah pilihan cara mengatasi vertigo pada anak? Berikut ini beberapa informasinya.

Cara Mengatasi Vertigo pada Anak Anda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setelah mengetahui ciri ciri vertigo tersebut anda menjadi lebih mudah untuk menentukan langkah apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bertigo pada anak anda. Berikut ini daftar 5 cara mengatasi vertigo pada anak yang perlu anda ketahui. Selamat mencobanya.

1. Berikan Konsumsi Air Putih yang Banyak

Air putih yang dikonsumsi dengan melimpah dapat meningkatkan pasokan oksigen pada otak anda. Oksigen yang cukup pada otak anda pun dapat meringankan gejala vertigo yang kemudian menyerang anda. Oleh sebab itu, lakukanlah upaya penanggulangan vertigo yang sederhana ini dengan rutin. Pastikan anak anda selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Berikan Konsumsi Vitamin yang Tinggi

Makanan yang bervitamin tinggi pun diketahui sangat bermanfaat untuk penderita vertigo. Hal ini berkaitan dengan kemampuan penderita vertigo untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Jika banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk penderita vertigo, maka penderita vertigo pun tidak lagi mudah kambuh dan menderita karena gejalanya.

3. Ikutkan Anak pada Terapi Pengobatan Vertigo

Salah satu pengobatan vertigo yang disarankan oleh tim medis adalah terapi. Terapi pengobatan ini memang cukup sulit di awal-awal percobaan. Namun, anda harus mencoba mengikutkan anak anda pada salah satu jenis terapi tersebut. Anak anda pun diharapkan dapat lebih sehat sedikit demi sedikit di kemudian hari.

4. Wajibkan Anak Beristirahat Minimal 10 Jam dalam Satu Hari

Mewajibkan anak anda untuk beristirahat minimal 10 jam satu hari, menandakan bahwa anak anda tidak akan kelelahan dan kemudian memicu penyakit vertigo kambuh. Istirahat minimal 10 jam satu hari ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu istirahat di siang hari dan juga di malam hari. Oleh sebab itu, berikanlah waktu istirahat yang cukup untuk anak anda setiap harinya.

5. Tidak Membiarkan Anak Memiliki Aktivitas yang Terlalu Padat

Aktivitas yang terlalu padat dapat menjadi pemicu vertigo untuk kambuh. Oleh sebab itu, anda pun harus mengontrol anak anda agar aktivitasnya tidak terlalu padat. Aktivitas yang terlalu padat ini dapat membahayakan seseorang. Jadi aturlah waktu dan aktivitas anak anda sebaik mungkin, hingga waktu istirahat anak anda tercukupi.

Demikianlah tadi informasi vertigo pada anak dari ciri-ciri hingga cara pengatasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan anak anda yang mungkin menderita vertigo. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan selalu lindungilah anak anda dari bahaya vertigo yang menyerang.

, , , , , ,