Pilihan Dokter yang Cocok untuk Sakit Kepala dengan Kondisi Tertentu

Pada umumnya, sakit kepala merupakan kondisi yang dihadapi hampir oleh semua orang. Semua orang tentu pasti pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Biasanya, sakit kepala memang bukan menandakan adanya suatu kondisi yang kritis yang terjadi pada tubuh manusia. Tapi,bukan berarti anda dapat menyepelekan gejala sakit kepala. Jika sakit kepala tidak kunjung mereda, kemudian ditambah dengan gejala lain yang muncul pada tubuh,  pada beberapa kasus sakit kepala bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang mengharuskan anda periksa ke dokter yang cocok untuk sakit kepala. Segeralah menemui dokter saraf apabila sakit kepala yang anda derita datang secara terus menerus dan dalam jangka panjang.

Sebelum anda melakukan pemeriksaan pada dokter, ada baiknya jika anda kenali lebih dahulu sakit kepala yang sedang anda rasakan. Secara umum, penyebabnya, sakit kepala terbagi menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pada bagian bagian kepala. Biasanya terjadi dikarenakan adanya aktivitas kimia di otak, saraf atau pembuluh darah, meliputi:sakit kepala tension (rasanya seperti sakit kepala yang diikat kencang dan terasa tegang), migraine yaitu sakit kepala hanya pada bagian satu sisi kepala saja, sakit kepala cluster yaitu nyeri yang parah pada sekitar sisi kepala yang disertai dengan keluarnya cairan dari hidung, mata memerah dan menjadi berair. Kemudian untuk sakit kepala sekunder itu sendiri adalah sakit kepala yang dipicu oleh berbagai macam faktor, misalkan saja seperti merokok, stress, minum alkohol terlalu banyak. Sakit kepala sekunder ini, biasa disebabkan oleh adanya penyakit lain yang ada dalam tubuh, misalnya tumor otak, perdarahan otak, glaukoma, stroke dan sebagainya

Segera Jadwalkan untuk Periksa ke Dokter Saraf

Bila anda mengalami beberapa kondisi berikut, maka segeralah menghubungi dokter saraf untuk segera mendiagnosis dan menangani penyebab sakit kepala yang anda alami. Berikut penjelasannya,

1. Sakit kepala yang sangat mengganggu aktivitas.
  2. Sakit kepala yang membuat anda kehilangan keseimbangan
  3. Sakit kepala yang sangat sakit dan muncul lebih dari dua kali seminggu.
  4. Sakit kepala disertai gejala-gejala lain, seperti kesulitan bernapas, nyeri pada dada, dan detak jantung tidak beraturan, serta kesulitan bicara atau berjalan.
  5. Sakit kepala kambuh pada posisi tertentu.
  6. Sakit kepala pada anda yang berusia lebih dari 50 tahun.
  7. Sakit kepala selama bertahun-tahun disertai dengan penurunan berat badan.
  8. Sakit kepala yang tidak kunjung reda meski telah ditangani dengan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas maupun yang diresepkan oleh dokter.
  9. Mempunyai riwayat cedera kepala.
  10. Adanya riwayat kanker ataupun HIV/AIDS dan mengalami sakit kepala jenis baru

Pemeriksaan Pada Sokter Saraf

Pada saat menjalani konsultasi dengan dokter saraf, dokter saraf akan menelusuri riwayat keluhan dan gejala lain yang menyertai, dan melakukan pemeriksaan fisik pada anda. Pastikan anda mencatat , memahami dan mengingat ciri sakit kepala yang telah anda rasakan sebelumnya, seperti diwaktu kapan sakit kepala muncul, tingkat keparahannya sejauh mana, durasinya berapa lama, dan apakah ada gejala lain yang muncul sebelum atau bersamaan dengan sakit kepala yang anda alami.

Setelah dokter saraf mempelajari gejala dan riwayat penyakit yang pernah anda alami, dokter pun akan melakukan prosedur pemeriksaan saraf, seperti pemeriksaan saraf sensorik, apakah tubuh masih responsive terhadap rangsangan yang diberikan misalnya rangsang nyeri dan sentuhan, pendengaran, penglihatan, refleks saraf, dan kekuatan gerak tubuh.

Adapula pemeriksaan penunjang, seperti CT scan, MRI kepala, atau PET scan kepala, EEG (elektroensefalogram), atau pemeriksaan cairan yang ada pada otak, juga akan dilakukan untuk mencari tahu penyebab sakit kepala anda derita. Meskipun umum diderita, sakit kepala yang berat atau semakin parah, dan disertai beberapa gejala seperti yang sudah disebutkan di atas sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter saraf, karena mungkin menandakan adanya penyakit yang serius yang terjadi pada tubuh anda.

Prosedur Tes yang Dilakukan Dokter Saraf

Jangan menunda untuk periksa ke dokter jika sakit kepala dan tanda yang sudah disebutkan sebelumnya terjadi pada Anda. Guna mengetahui penyebab sakit kepala yang anda derita, anda dapat melakukan beberapa tes yang biasa dilakukan oleh dokter saraf, yaitu:

1. Tes fisik. Pada tahapan ini, dokter saraf akan menanyakan berbagai gejala terkait sakit kepala yang anda alami, riwayat kesehatan, dan gaya hidup selama ini.
  2. Tes darah. Pada tahapan tes lanjutan ini, berfungsi untuk mengetahui adanya infeksi pada tubuh yang mungkin menyebabkan sakit kepala yang anda derita.
  3. CT scan kepala, pada tahapan ini, CT Scan dilakukan untuk melihat gambaran bagian tubuh tertentu anda yang bermasalah.
  4. MRI( Magnetic resonance imaging) merupakan tes iyang bertujuan untuk mengetahui gambaran detail dari otak hingga menuju sumsum tulang belakang.
  5. EEG (electroencephalogram), tahap tes ini dilakukan guna untuk merekam sinyal listrik yang ada di otak. Biasanya, tes ini direkomendasikan apabila sakit kepala yang anda alami terjadi disertai dengan kejang.

Itulah sedikit penjelasan mengenai dokter yang cocok untuk sakit kepala yang anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Yang terpenting adalah, jagalah selalu kondisi kesehatan anda agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi diakibatkan oleh sakit yang ada di kepala yang biasanya kita anggap enteng.

, , , ,
Kategori : Pengobatan