Sponsors Link

11 Efek Jangka Panjang Gegar Otak Ringan Yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Trauma kepala akibat benturan memang bisa memberi dampak yang sangat serius. Biasanya penderita akan mengalami masalah akibat benturan yang menyebabkan sebagian atau bagian kecil dari otak mengalami efek yang tidak nyaman. Penderita mungkin bisa merasakan efek seperti gegar otak ringan. Kemudian pertolongan yang bisa dilakukan termasuk perawatan di rumah sakit.

ads

Dokter akan menjalankan sejumlah prosedur medis termasuk seperti CT Scan, MRI dan pemeriksaan penunjang yang lain. Dari pemeriksaan ini bisa diketahui jika ada masalah gegar otak yang membuat penderita merasa gejala yang jelas seperti sakit kepala, hilang keseimbangan dan gejala lainnya. Masalahnya gegar otak ringan ternyata tidak bisa sembuh total dalam waktu yang singkat. Efek dari kondisi ini akan terasa terus menerus. Berikut ini adalah efek jangka panjang gegar otak ringan yang sering diabaikan.

  • Perdarahan otak

Efek yang sangat berat dari masalah gegar otak ringan adalah perdarahan. Sayangnya terkadang proses ini tidak muncul dengan cepat namun beberapa tahun kemudian. Kondisi ini tentu menyebabkan hal yang tidak nyaman karena perdarahan bisa meningkatkan risiko stroke, aneurisma dan masalah sumbatan darah pada otak. Jika sudah seperti ini sebenarnya tindakan operasi gegar otak mungkin agak terlambat. Tapi biasanya dokter akan mengambil tindakan cepat agar perdarahan segera bisa ditolong.  

  • Gangguan keseimbangan

Masalah keseimbangan memang bisa saja muncul setelah benturan atau trauma kepala yang menyebabkan gegar otak ringan. Hal ini memang sangat wajar karena benturan memicu cedera otak. Akhirnya cedera otak akan membuat pengatur keseimbangan pada otak terganggu fungsinya. Karena itulah pertolongan pertama saat kepala terbentur sangat diperlukan agar kondisinya tidak parah dari waktu ke waktu. Perawatan lain juga diperlukan karena masalah ini memicu mual dan muntah yang tidak nyaman.

  • Migrain

Salah satu efek samping gegar otak ringan adalah sakit kepala yang mengarah pada migrain. Sayangnya gejala ini muncul terus menerus dan bisa mengganggu aktifitas. Migrain akan memicu sakit kepala pada salah satu bagian kepala saja. Kondisi ini bisa berhubungan dengan area otak yang terkena trauma sampai menyebabkan gegar otak ringan. Jika sudah seperti ini maka penderita perlu mendapatkan obat pereda nyeri namun harus dengan resep dokter.

  • Emosi tidak stabil

Biasanya karena sakit kepala yang menyerang dalam waktu lama maka bisa menyebabkan gangguan emosi yang tidak nyaman. Penderita merasa frustasi sampai tidak bisa mengatasi rasa sakit. Kemudian efek ini bisa juga terjadi karena bagian otak yang mengatur emosi terkena tekanan yang berlebihan saat trauma kepala. Rasa sakit yang terus menerus dan perasaan bersalah bisa menyebabkan kondisi yang tidak nyaman sampai merasa gangguan emosi ini.

  • Masalah memori

Kondisi memori penderita gegar otak ringan juga bisa menyebabkan gejala yang sama. Hal ini bisa terjadi karena fungsi memori pada otak terus menurun akibat benturan yang keras. Amnesia bisa menjadi ancaman yang serius pada penderita gegar otak. Hal ini bisa membuat penderita lupa termasuk dengan semua memori seumur hidupnya. Kondisi ini harus mendapatkan terapi terus menerus dan bantuan dari orang terdekat.

  • Masalah mental

Orang yang pernah mengalami gangguan gegar otak ringan juga bisa menderita masalah mental yang serius. Hal ini bisa terjadi karena gangguan pada sistem syaraf di otak menyebabkan gangguan psikologis jangka panjang. Hal ini juga yang menyebabkan perubahan emosi dan gangguan yang tidak nyaman pada emosi penderita. Akhirnya masalah mental ini harus diatasi dengan baik agar penderita bisa pulih seperti semula.

  • Ancaman kelumpuhan

Ketika bagian sistem syaraf pusat yang mengendalikan dan memerintah gerakan tubuh mengalami gangguan akibat gegar otak maka ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Proses ini mungkin tidak langsung terjadi namun membutuhkan waktu. Sel syaraf pada otak akan melemah dari waktu ke waktu sehingga tidak memberikan respon dan perintah atau sinyal yang baik pada syaraf yang menggerakkan tubuh. Terkadang jika sudah sangat buruk maka kelumpuhan menyerang semua bagian tubuh. Karena itu penting bagi penderita untuk melakukan pemeriksaan secara berkala sejak terkena gegar otak ringan.

  • Gangguan penglihatan

Sistem syaraf pada mata ternyata juga bisa mengalami gangguan akibat kondisi gegar otak yang ringan. Hal ini bisa menyebabkan mata mengalami penurunan fungsi dari waktu ke waktu. Hal ini juga yang memicu kondisi tidak nyaman karena pandangan mata menurun. Akhirnya fungsi pandangan mata menurun dari waktu ke waktu. Jika sudah sangat parah maka bisa menyebabkan kebutaan yang cukup parah dan bersifat permanen. Untuk mengatasi ini maka pemeriksaan mata harus dilakukan secara menyeluruh.

  • Photopobia

Photofobia menjadi salah satu kondisi yang bersifat jangka panjang dan biasanya muncul cepat atau lambat setelah gegar otak. Ini termasuk sindrom yang tidak menyenangkan sebagai dampak dari getaran cepat dan keras pada otak. Kondisi ini bisa membuat mata sangat peka terhadap cahaya dan sulit untuk membuat mata nyaman ketika terkena cahaya yang terang. Masalah ini biasanya juga terjadi pada tentara yang pernah dekat dengan sumber ledakan.

  • Vertigo

Sakit kepala dan vertigo bisa menjadi serangan yang cukup serius sebagai dampak dari gegar otak ringan. Hal ini bisa terjadi karena biasanya benturan pada kepala akan menyebabkan migrain. Kemudian migrain berkembang menjadi lebih parah sampai vertigo. Hal ini memang tidak nyaman karena biasanya vertigo memburuk tanpa perawatan yang tepat.

  • Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson bisa menjadi dampak jangka panjang dari gegar otak ringan. Hal ini bisa terjadi karena peradangan pada bagian dalam otak atau sekitar otak yang membuat sistem syaraf pusat mengalami gangguan. Kondisi ini yang memicu masalah seperti getaran di kepala, tremor, otot yang sangat lemah dan gangguan keseimbangan.

Ternyata itulah semua efek jangka panjang gegar otak ringan yang sering diabaikan. Karena kondisi ini maka sebaiknya gegar otak ringan mendapatkan perawatan sampai sembuh total dan pemeriksaan terus menerus dari waktu ke waktu sampai dinyatakan sembuh.

, ,



Oleh :