Sponsors Link

21 Efek Sakit Kepala Terus Menerus dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Efek samping sakit kepala banyak sekali macam dan bahayanya untuk kesehatan setiap manusia di segala usia. Sakit kepala seperti diketahui merupakan rasa sakit yang menyerang kepala di berbagai bagiannya, bergantung dengan jenis sakit kepala itu sendiri. Rasa sakit yang dialami pun dapat berbeda-beda, mulai dari rasa menusuk yang tidak tertahan, rasa berputar, ataupun rasa nyeri yang tidak tertahankan. Itulah mengapa setiap jenis sakit kepala akan memberikan efek yang berbeda.

ads

Apa sajakah efek samping sakit kepala yang perlu diketahui oleh masyarakat secara umum? Jika anda penasaran dan ingin mengetahuinya, maka simaklah penjelasan berikut ini. Semoga dapat bermanfaat dan menginformasi anda mengenai efek  sakit kepala yang perlu anda waspadai. Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

Efek dari sakit kepala yang dirasakan seseorang dapat berbeda-beda bergantung dari jenisnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, efek ini dapat muncul akibat dari pengaruh jenis sakit kepala itu sendiri. Oleh karena itu, berikut ini 10 efek sakit kepala yang selalu dirasakan oleh penderitanya.

1. Mual dan Muntah

Efek pertama dari sakit kepala yang selalu dirasakan oleh penderitanya adalah rasa mual dan muntah yang berkelanjutan. Penderita sakit kepala seringkali merasakan mual akibat keseimbangan tubuh yang terganggu dan sangat membahayakan penderitanya. Kondisi mual pun kemudian sangat sering diikuti oleh muntah. Terganggunya keseimbangan tubuh yang menyebabkan mual memang sangat sering diperkirakan dapat berakhir menjadi muntah-muntah. Keadaan muntah-muntah ini sangatlah membahayakan. Jika isi perut telah dimuntahkan semua, maka penderita bisa kehilangan energi dan tidak sadarkan diri. Kondisi mual dan muntah inilah salah satu efek sakit kepala yang pasti terjadi dan dirasakan oleh siapapun yang menderita sakit kepala. Oleh sebab itu, pencegahan sakit kepala datang mengganggu sangat diharapkan manfaatnya. Baca juga: Sakit Kepala saat Hamil.

2. Rasa Menusuk di Kepala

Sakit kepala pun dapat mendatangkan efek lain yaitu rasa menusuk di kepala. Rasa menusuk ini hanya muncul pada jenis-jenis sakit kepala tertentu. Misalnya saja pada penderita sakit kepala sebelah (migrain). Sakit kepala sebelah sangat umum menyerang anda dan keluarga. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress, tekanan pekerjaan, dan berbagai penyebab lainnnya. Itulah mengapa sakit kepala sebelah (migrain) tergolong sebagai salah satu penyakit kepala yang sangat umum menyerang. Rasa menusuk ini pun tidak main-main kekuatannya. Seseorang dengan beban sakit kepala sebelah (migrain) yang terlalu berat, bahkan dapat menyebabkan rasa menusuk yang sakit hingga penderita berteriak. Oleh karena itu, pencegahan terhadap penyakit sakit kepala sebelah (migrain) harus segera dilakukan. Baca juga: Jenis Sakit Kepala.

3. Pingsan Mendadak

Efek lain dari sakit kepala yang mungkin menimpa penderitanya adalah keadaan pingsan mendadak. Hal ini tidak sekali atau dua kali ditemukan. Kebanyakan penderita sakit kepala yang akut pasti pernah merasakan pingsan. Pingsan pada tubuh seseorang sangat banyak efek setelahnya. Sehingga, anda harus sebisa mungkin memberikan waktu istirahat agar pingsan tidak sampai terjadi ketika anda sedang sakit kepala. Kejadian pingsan pada orang yang menderita sakit kepala dapat menyerang di mana saja dan kapan saja. Pingsan mendadak pun diketahui memiliki intensitas yang cukup tinggi bagi penderita sakit kepala dengan riwayat pekerjaan yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, hindarilah tubuh anda dari ancaman akibat pingsan yang menyerang tubuh seseorang.

4. Gangguan Penglihatan

Sakit kepala yang selalu dirasakan oleh penderitanya pun dapat mendatangkan efek berupa gangguan penglihatan yang berkelanjutan. Penderita sakit kepala seringkali merasakan penglihatan yang terganggu dan sangat membahayakan penderitanya. Kondisi penglihatan yang terganggu pun kemudian sangat sering membuat si penderita menjadi terancam kejiwaannya. Terganggunya kemamuan penglihatan ini dapat kemudian menyebabkan seseorang panik dan mudah kecelakaan. Keadaan ini sangatlah membahayakan nyawa penderita tersebut. Jika anda tidak sigap, kecelakaan besar pun mungkin terjadi dan tidak mungkin diselamatkan lagi. Kondisi gangguan penglihatan inilah salah satu efek yang pasti terjadi dan dirasakan oleh siapapun yang menderita sakit kepala. Oleh sebab itu, pencegahan sakit kepala datang mengganggu sangat diharapkan manfaatnya. Baca juga: Sakit Kepala Terus Menerus.

5. Kesulitan Bergerak

Gangguan gerak merupakan satu lagi efek dari sakit kepala yang banyak dialami oleh setiap penderita rutin sakit kepala. Efek sakit kepala berupa gangguan gerak yang diikuti juga dengan rasa pusing merupakan salah satu efek yang paling berbahaya. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti lumpuh total akibat tumor yang menghimpit pembuluh darah di otak. Oleh sebab itu, segala upaya untuk mencegah sakit kepala datang mengganggu kesehatan anda dan kemampuan gerak anda.

6. Posisi Terasa Berputar

Efek dari sakit kepala selanjutnya yang perlu anda waspadai adalah perasaan bahwa posisi anda sedang berputar-putar. Hal ini umumnya terjadi sebagai efek dari sakit kepala yang dirasakan oleh penderita vertigo. Oleh sebab itu, para penderita vertigo akan sangat tersiksa. Kesulitan untuk duduk, diri, dan berjalan tanpa merasa lingkungannya berputar sangat menyedihkan. Sehingga kebanyakan penderita vertigo pun akan mengurangi aktivitasnya untuk tetap dapat menjaga kesehatan dan mempertahankan hobinya dalam mengajar. Baca juga: Sakit Kepala di Ubun-Ubun.

7. Kurang Nafsu Makan

Sakit kepala yang terus menerus menyiksa diketahui pun dapat menyebabkan nafsu makan penderitanya berkurang. Kurangnya nafsu makan ini akan menyebabkan pasokan gizi ke dalam tubuh manusia menjadi terganggu. Hal ini pastinya sangat membahayakan. Tanpa pasokan makanan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkannya. Sehingga, tubuh akan semakin lemas dan terus menjadi berkurang stamina juga sistem kekebalan tubuhnya. Oleh sebab itu, anda tetap harus memaksakan diri makan walaupun anda sedang merasakan sakit kepala yang teramat sangat. Hal ini penting untuk memastikan anda tidak semakin parah merasakan sakit kepala tersebut.

Sponsors Link

8. Kesulitan Tidur

Kesulitan tidur merupakan salah satu efek sakit kepala yang sering kurang disadari oleh penderitanya. Sakit kepala yang sering menusuk kepala dan membuat anda menjadi sulit tidur tentunya wajar terjadi. Kesulitan tidur ini pun akan membuat banyak aktivitas anda menjadi terganggu. Anda diharapkan dapat memaksimalkan kualitas tidur anda bahkan ketika sakit kepala. Hal ini dapat anda lakukan dengan memeriksakan penyakit pusing anda pada dokter. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri sakit kepala yang sekaligus dapat membantu anda untuk tidur dengan baik. Baca juga: Obat Sakit Kepala Tradisional.

9. Demam Tinggi

Jika Anda merasakan sakit pada kepala yang disertai dengan demam tinggi, mungkin saja Anda mengalami infeksi dalam tubuh. Infeksi dalam tubuh ini membahayakan dan harus ditangani dengan berkomunikasi pada dokter dan menerima pengobatan medis. Oleh sebab itu, anda harus memeriksakan tubuh anda ketika tubuh anda demam yang diikuti oleh sakit kepala. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pengobatan pertama yang dapat dilakukan. Sehingga efek samping yang lebih berbahaya pun dapat dicegah. Jangan sampai anda dan keluarga yang anda sayangi dapat menderita hanya akibat dari sakit kepala awalnya.

10. Tidak Bisa Beraktivitas

Berdasarkan berbagai efek-efek yang telah disebutkan diatas, maka dapat anda ketahui bahwa akan banyak sekali tantangan bagi penderita sakit kepala untuk dapat beraktivitas. Tantangan ini pun dapat ditunjukkan dengan efek negatif lainnya, yaitu malas beraktivitas. Informasi-informasi ini diketahui sangat penting untuk kemudian menyiapkan anda dalam menghadapi resiko dan bahaya dari sakit kepala itu sendiri. Oleh sebab itu, anda pun harus mengetahui apa saja resiko dan bahaya dari sakit kepala yang menyerang.

Itulah tadi 10 efek dari sakit kepala yang perlu anda ketahui. Selanjutnya, simaklah penjelasan berikut ini yang menyampaikan informasi mengenai apa saja resiko dan bahaya dari sakit kepala yang menyerang tubuh anda. Baca juga: Obat Vertigo Alami.

Berbagai Resiko dan Bahaya dari Sakit Kepala yang Menyerang

Resiko dan bahaya dari sakit kepala mungkin masih sering Anda anggap sebagai hal yang sepele dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ternyata beberapa jenis sakit kepala ada yang memiliki resiko dan dapat membahayakan kesehatan dan nyawa Anda.

Penyakit-penyakit sakit kepala tersebut benar dapat mengancam keselamatan Anda. Oleh sebab itu, Anda akan mengalami efek-efek tertentu yang harus Anda waspadai seperti yang telah dijelaskan di atas. Lalu apakah bahaya dari efek-efek yang telah disebutkan di atas? Simak penjelasannya berikut ini.

Sponsors Link

Pertama, resiko dan dan bahaya yang harus diperhatikan ketika mengidap sakit kepala di beberapa bagian adalah terjadinya juga batuk berdahak serta bersin-bersin. Bahaya yang ditimbulkan dari tanda ini adalah bahwa sakit kepala yang Anda rasakan ada hubungannya dengan gangguan sistem pernafasan Anda. Oleh sebab itu, untuk menghindari bahaya terganggunya sistem pernafasan penderita yang lebih parah maka pengobatan yang tepat harus segera dilakukan. Baca juga: Efek Sakit Kepala Sebelah.

Kedua, bahaya lain yang harus diwaspadai akalah akibat dari hilangkan kemampuan menjaga keseimbangan tubuh. Sakit kepala di beberapa bagian kepala ternyata dapat mendatangkan gangguan keseimbangan pada tubuh penderitanya. Jika tidak ditanggulangi keadaannya, maka penderita terancam bahaya kehilangan keseimbangan tubuh di waktu yang tidak diduga-duga. Bisa saja penderita kambuh ketika sedang melintas di jalan raya dan atau situasi lain yang berbahaya untuk keselamatan seseorang. Oleh sebab itu, kehilangan keseimbangan tubuh ini sangat penting untuk dicegah dan dijauhi akibatnya. Baca juga: Sakit Kepala pada Anak.

Ketiga, sakit kepala di beberapa bagian dengan intensitas yang sangat dahsyat ternyata dapat mengakibatkan gangguan pada organ lain di tubuh penderitanya. Salah satunya adalah gangguan pada organ berbicara. Gejala yang ditunjukkan oleh terjadinya gangguan ini adalah saraf-saraf dan otot-otot berbicara perlahan-lahan mengalami gangguan. Kemampuan berbicara menjadi berkurang dan terkesan menjadi tersendat-sendat.

Keempat, bahaya lain yang menjadi resiko bagi para penderita sakit kepala di beberapa bagian ini adalah demam tinggi. Demam tinggi yang datang bersama dengan sakit kepala merupakan gejala yang menandakan bahwa ada penyakit yang lain di balik penyakit sakit kepala yang Anda rasakan. Biasanya keadaan ini terjadi ketika sedang ada pendarahan pada tubuh penderita tanpa disadarinya. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat mengetahui penyakit di bagian tubuh manakah yang menyebabkan demam ini terjadi.

Kelima, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya efek sakit kepala yang menunjukkan bahaya dari sakit kepala di beberapa bagian yang sering dirasakan adalah munculnya rasa mual dan muntah yang datang menyerang. Jika Anda sering mengalami pusing dan rasa mual juga muntah itu muncul, maka kemungkinan terdapat gangguan pada organ pencernaan Anda. Hal ini lebih baik diselesaikan dengan berkonsultasi dengan dokter bagaimana Anda dapat merasakan sakit kepala yang besar disertai gejala mencurigakan seperti mual dan muntah. Baca juga: Sakit Kepala Bagian Depan.

Keenam, selain membahayakan ternyata sakit kepala di beberapa bagian ternyata juga dapat menyebabkan kehilangan ingatan sementara. Hal ini juga perlu untuk dipahami. Hilang ingatan disertai rasa sakit terus menerus tersebut dapat menghasilkan vonis bahwa Anda terancam penyakit Alzheimer. Penyakit yang menyedihkan ini sebaiknya dihindari dengan maksimal oleh para individu yang sering merasakan lupa sesaat seperti yang sering Anda lakukan.

Ketujuh, ternyata rasa sakit kepala di beberapa bagian juga dapat diikuti oleh rasa nyeri yang sangat dahsyat. Jika melihat keadaan ini tentu dapat diketahui bahwa sakit kepala juga dapat membahayakan seseorang. Oleh sebab itu, setiap orang harus mencegah terjadinya sakit kepala dengan rasa nyeri yang terlalu parah ini untuk tidak mendatangkan bahaya secara tiba-tiba.

Cara Pencegahan Sakit Kepala yang Dapat Anda Lakukan

Pencegahan sakit pada kepala penting untuk dilakukan. Hal ini merupakan satu-satunya cara untuk meminimalisir efek dari sakit kepala yang telah disebutkan di atas. Pada kesempatan kali ini pun, akan disampaikan cara pencegahan yang alami saja. Berikut ini beberapa cara pencegahan sakit kepala yang dapat anda lakukan:

ads

1. Menjaga Jarak Pandang dengan Alat Elektronik

Cara yang pertama adalah dengan menjaga jarak pandang antara mata dengan alat elektronik. Jarak pandang ini diketahui besar pengaruhnya untuk mencegah rasa sakit yang sering muncul pada bagian kepala. Jika jarak pandang terlalu dekat, maka penglihatan dapat terganggu dan rasa pusing pun menjadi semakin terasa. Oleh karena itu, Anda harus menjaga jarak pandang dalam ukuran standar yang mampu mencegah rasa pusing datang kembali. Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala.

2. Olahraga Rutin

Pencegahan sakit pada kepala yang kedua dan disebut-sebut adalah cara paling efektif ini dikenal dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dengan rutin ini dapat menjaga seluruh organ tubuh bekerja dengan maksimal, khususnya dalam melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar adalah keadaan yang dapat menjamin sakit pada kepala dapat dikurangi intensitasnya.

3. Memiliki Gaya Hidup dan Kebiasaan yang Baik

Memiliki kebiasaan hidup yang baik berhubungan erat dengan kepemilikan gaya hidup yang juga baik. Hindari kebiasaan merokok, minum minuman keras dan gaya hidup lainnya akan sangat membahayakan Anda yang sering mengalami pusing. Perubahan gaya hidup ini adalah salah satu cara efektif dalam mencegah penyakit pusing Anda datang kembali. Jadi mulailah dengan memiliki hidup yang sehat untuk tubuh. Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sakit kepala apapun jenisnya sangat bergantung kepada kebutuhan cairan tubuh seseorang. Ternyata sistem pencernaan tubuh yang tercukupi kebutuhan airnya dapat membantu pencegahan sakit kepala akibat sinyal dari bagian-bagian tubuh lainnya, misalnya ginjal. Oleh karena itu konsumsilah air secukupnya dalam aktivitas Anda sehari-hari.

5. Mengelola Stress dengan Baik

Cara lain dalam mencegah sakit pada kepala adalah dengan melakukan pengelolaan stress dengan baik. Stress merupakan alasan paling umum mengapa seseorang mudah merasakan pusing. Oleh karena itu, jika Anda dapat mengelola stress Anda dengan baik Anda tentunya dapat menekan efek stress untuk menjadikan Anda mudah mengalami sakit pada kepala.

6. Memiliki Kebiasaan Konsumsi yang Sehat

Selain itu, konsumsi makanan yang sehat pun dapat menanggulangi penyakit sakit kepala Anda. Misalkan Anda menghindari makanan yang berlemak tinggi, maka penyebab sakit kepala yaitu hipertensi tidak akan terjadi. Intensitas dari sakit kepala yang Anda rasakan pun akan berangsur-angsur kurang. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan sehat dan bernutrisi pun,

kesehatan tubuh Anda akan lebih terjaga dan tidak mudah lagi terkena penyakit.

7. Menjaga Konsumsi Makanan yang Sehat

Selanjutnya menjaga konsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk mencegah rasa pusing yang sering muncul. Konsumsi makanan sehat, tidak mengandung kolesterol dan lemak tinggi tentunya dapat membantu anda menjaga kesehatan tubuh secara mudah. Hindari juga makanan-makanan yang mengandung zat pewarna karena kandungannya yang dapat menghambat aliran darah ke kepala. Baca juga: Bagian Bagian Kepala.

8. Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas dan asam merupakan jenis makanan yang dapat meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung meningkat maka penyakit maag Anda sedang kambuh. Penyakit maag inilah yang merupakan penyebab sakit kepala sering kali terjadi. Maka untuk dapat mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh sakit maag Anda harus menjauhi konsumsi makanan pedas dan asam ini. Baca juga: Buah Buahan untuk Obat Sakit Kepala.

9. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Konsumsi air putih juga merupakan salah salah satu cara yang paling ampuh dalam mengobati rasa sakit kepala di bagian depan. Konsumsi air putih yang cukup akan menyebabkan asupan oksigen pada otak pun menjadi tercukupi. Jika Anda rajin mencukupi kebutuhan air putih Anda, maka sakit kepala pun akan lebih terkontrol dan tidak terlalu sakit lagi dirasakan. Baca juga: Sakit Kepala Belakang.

10. Tidak Mengonsumsi Makanan Instan

Makanan instan atau makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Salah satu bahayanya adalah membuat sakit kepala menjadi semakin parah rasanya. Oleh karena itu, hindarilah makanan instan tersebut. Lebih baik Anda mengonsumsi makanan cepat saji, walau mungkin tidak senikmat makanan instan lainnya. Hal ini berlaku juga pada minuman-minuman instan seperti minuman bersoda.

11. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan obat dari segala penyakit yang ada. Itulah sebabnya sakit kepala yang mematikan rasanya pun dapat Anda selesaikan, jika Anda memberikan tubuh Anda beristirahat. Waktu istirahat yang cukup minimal adalah dengan tidak mengurangi waktu tidur malam Anda. Oleh karena itu, berikanlah waktu istirahat yang cukup untuk tubuh yang lelah dalam keseharian hidup Anda. Baca juga: VertigoSakit Kepala Cluster.

Demikianlah tadi beberapa informasi mengenai efek sakit kepala, yang merangkum juga mengenai resiko sakit kepala, bahaya sakit kepala, dan juga cara pencegahan dari sakit kepala itu sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan siapapun pembaca yang terakhir dengan penelitian pendidikan di bidang psikometri

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan