Sponsors Link

Efek Samping CT Scan Kepala yang Perlu Kita Ketahui

Sponsors Link

CT Scan atau Computed Tomography ini merupakan suatu alat medis dengan menggunakan penggambaran medis dan juga tomografi yang menggunakan sebuah sinar X untuk menghasilkan gambar yang merupakan gambar 3 dimensi dari bagian dalam suatu objek yaitu manusia. CT Scan pada jaman sekarang ini, sudah banyak sekali digunakan dalam dunia kedokteran. Biasanya CT Scan ini digunakan untuk mendeteksi adanya penyakit kanker pada seseorang. Dan juga merupakan alat bantu bagi dokter untuk menegakkan diagnosa segala macam penyakit dan kelainan yang ada di dalam tubuh pasien, namun biasanya sering sekali dilakukan CT Scan ini pada kepala atau CT Scan kepala.

ads

Seperti contohnya saja pada pasien yang sering merasakan sakit kepala yang tak kunjung sembuh, biasanya selain memberi obat dokter juga akan menganjurkan untuk melakukan tindakan CT Scan pada seseorang yang sudah mengalami sakit kepala yang sudah sangat lama ini atau sakit kepala terus menerus. Dan selanjutnya setelah dokter menganjurkan CT Scan kepala ini pada pasien yang memiliki gangguan sakit kepala yang berkepanjangan ini, langkah selanjutnya yaitu dilakukan CT Scan pada bagian-bagian kepala keseluruhan, agar terlihat dimana gangguannya. Berikut beberapa fungsi CT Scan kepala :

  • Melihat kondisi patah pada tempurung kepala atau tengkorak kepala
  • Melihat adanya penyakit dalam pada otak
  • Melihat adanya peradangan pada otak
  • Mendeteksi adanya perdarahan dalam otak
  • Menganalisa adanya cedera pada otak

Namun ternyata, di balik kecanggihannya ini CT Scan mempunyai efek samping bagi tubuh. Karena tetap saja secanggih apapun alat yang dibuat oleh manusia pastilah tidak terlepas dari kekurangannya dan juga efek samping tertentu. Namun manfaat dan kegunaan CT Scan ini lebih banyak dan lebih besar dari efek samping yang ditimbulkan. Berikut beberapa efek samping CT Scan kepala :

      1. Berbahaya bagi ibu hamil

Efek samping CT Scan kepala pada ibu hamil ini cukup berbahaya, karena dilihat pada ibu yang mengandung memiliki janin yang dikandungnya yang tentunya masih sangat sensitive terhadap paparan sinar X. Paparan radiasi dari sinar X ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan ibu hamil dan juga menyebabkan ketidaknormalan perkembangan dan juga pertumbuhan janin, yang dapat menyebabkan kecacatan. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan ibu hamil melakukan CT Scan. Jika ibu hamil mengalami sakit kepala saat hamil, ibu dapat melakukan istirahat yang cukup dan juga coba untuk menenangkan diri dan mencoba untuk menghirup udara segar di pagi hari, jalan pagi serta mengkonsumsi berbagai makanan dan juga jus sehat selama kehamilan.

      2. Menyebabkan alergi

Efek samping CT Scan kepala selanjutnya adalah, CT Scan ini ternyata dapat menimbulkan alergi tertentu pada organ tubuh. Yaitu biasanya pada organ hati dan juga ginjal, dapat menyebabkan masalah pencernaan. Karena pada saat melakukan CT Scan ini Anda akan disuntikkan beberapa jenis bahan-bahan kimia, yang fungsinya yaitu untuk memperjelas tampilan atau gambar yang dihasilkan nanti dan reaksi bahan kimia tersebut terhadap gangguan yang ada dalam tubuh.

      3. Menimbulkan gatal-gatal

Pada sebagian orang yang memiliki kulit yang sensitif, akan merasakan efek gatal-gatal ini. Karena sinar X yang ditembakkan pada kulit kepala tersebut. Efek sinar X yang ditembakkan pada kulit kepala tersebut atau mengenai kulit kepala tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit orang yang sensitif dan bahkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

      4. Menyebabkan kanker

Ternyata efek radiasi yang ditimbulkan oleh sinar X dapat menyebabkan terjadinya kanker. Hal ini dapat terjadi pada pasien yang sudah melakukan CT Scan kepala lebih dari dua kali. Radiasi sinar X yang muncul pada proses CT Scan kepala ini menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker di dalam kepala. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk tidak melakukan CT Scan terlalu sering, karena akan berdampak pada timbulnya sel-sel kanker.

Itulah tadi beberapa bahaya atau efek samping CT Scan kepala. Oleh karena itu, pergunakanlah CT Scan kepala ini dengan sebaik-baiknya dan tidak melebihi anjuran yang disarankan oleh dokter, agar Anda juga dapat terhindar dari efek samping atau bahaya yang ditimbulkan oleh CT Scan tersebut. Selain itu, bagi Anda yang belum mengalami sakit kepala atau penyakit dalam lainnya, Anda dapat mencegahnya dengan cara mencegah sakit kepala dan juga menjaga pola hidup sehat.

, ,