Sponsors Link

Eksfoliasi Kulit Kepala : Manfaat – Proses – Efek Samping

Sponsors Link

Kepala menjadi bagian tubuh yang memiliki peranan penting sebagai salah satu pusat kendali gerak maupun setiap proses dan aktivitas yang dijalani oleh manusia karena adanya organ otak. Selain otak, bagian bagian kepala lainnya yang juga memiliki peran atau fungsi penting bagi tubuh adalah beberapa panca indera seperti mata sebagai alat penglihatan, kuping sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman, lidah yang terdapat di dalam mulut sebagai indera pengecap atau perasa yang kesemuannya sangat penting dalam membantu proses kehidupan manusia.

ads

Pentingnya kepala dengan bagian bagiannya tersebut menjadikannya dikelilingi oleh organ protektif yang kuat dan memiliki kemampuan lebih seperti tulang tengkorak, kulit kepala hingga rambut. Untuk kulit kepala dan rambut yang saling berhubungan, tidak hanya berfungsi dalam melindungi kepala namun juga memberikan pengaruh positif terhadap penampilan dan bentuk wajah seseorang. Karena kondisi tersebut maka setiap adanya permasalahan pada kulit kepala dan rambut dapat menimbulkan penurunan nilai penampilan diri seseorang ke arah yang lebih buruk.

Ada banyak beragam kondisi permasalahan kulit kepala yang tidak termasuk dalam bagian jenis sakit kepala diantaranya seperti ketombe, infeksi bakteri, infeksi jamur, kulit kepala mengelupas, gatal, rambut rontok, kulit kepala yang rusak sehingga membutuhkan perawatan yang khusus. Dalam artikel kali ini, drsakitkepala.com akan memberikan ulasan mengenai salah satu bentuk perawatan yang dapat dilakukan pada kulit kepala yakni eksfoliasi kulit kepala yang secara detail dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

  1. Mengenal eksfoliasi kulit kepala

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bentuk perawatan kulit kepala maka pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan eksfoliasi tersebut perlu diperhatikan dengan baik. Eksofilasi secara definisi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang terdapat pada lapisan kulit dan biasanya lebih banyak dilakukan untuk kondisi kulit wajah. Kulit mati yang menumpuk dan tidak dibuang dapat menyebabkan kondisi yang bermasalah sehingga perlu dilakukan seperti contohnya kulit kepala mengelupas dan berdarah. Manfaat eksfoliasi adalah menjaga kebersihan kulit agar tidak terlihat kusam. Eksfoliasi ternyata tidak hanya dilakukan di kulit wajah saja melainkan juga pada kulit lain termasuk sulit kepala.

  1. Manfaat ekfoliasi kulit kepala

Seperti yang dijelaskan diatas, eksfoliasi dapat dilakukan pada kulit kepala yang mungkin belum banyak dipahami sebagai kondisi yang menguntungkan dan bermanfaat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari proses pengangkatan kulit mati tersebut diantaranya seperti:

  • Membersihkan kulit kepala, adanya penumpukan kulit mati yang tidak diangkat pada kepala dapat menyebabkan kondisi kulit kepala yang kotor sehingga salah satu manfaat dari eksfoliasi yang dilakan adalah untuk membantu membersihkan kulit kepala dan mengatasi kulit kepala gatal.
  • Mengatasi kulit kepala yang kering, manfaat lainnya dari proses pengangkatan sel kulit mati pada kepala adalah membantu mengatasi kondisi kulit kepala yang kering. Dengan teratasinya kulit kepala kering dan berkerak maka berbagai kondisi seperti rasa gatal dan perih pada kulit kepala dapat diatasi.
  • Mencegah ketombe, sel kulit mati yang tidak diangkat dapat mengelupas secara perlahan sehingga menyebabkan munculnya banyak ketombe. Fungsi eksfoliasi lainnya adalah membantu mencegah munculnya ketombe pada rambut dan kulit kepala.
  • Menjadikan rambut tidak berbau, adanya bau pada rambut tentu dapat memberikan respon yang buruk dari orang disekitar sehingga harus dapat diatasi. Salah satu permasalahan bau pada rambut muncul dari adanya penumpukan sel kulit mati yang dapat diatasi dengan proses eksfoliasi. Selain manfaat tersebut, eksfoliasi pada kulit kepala juga dapat membantu menjadikan proses pertumbuhan rambut berlangsung lebih cepat, menjadikan hasil blow rambut bertahan lebih lama, dan dapat digunakan untuk semua jenis rambut.
  1. Cara melakukan proses eksfoliasi pada kulit kepala

Melihat banyaknya manfaat eksofiliasi pada kulit kepala yang dijelaskan diatas memang dapat dicoba untuk membantu menjadikan kondisi kulit kepala lebih sehat dan baik. Untuk memperoleh manfaat tersebut maka proses atau cara melakukan eksfoliasi harus dilakukan dengan benar. Cara eksfoliasi yang alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan yang dapat ditemui dirumah seperti gula dan shampo. Tambahkan dua sendok gula pasir ke dalam shampo dan lalu gunakan untuk keramas atau mencuci rambut dan kulit kepala sebagai bagian dari proses eksfoliasi.

Sponsors Link

Dalam proses mencuci rambut dengan campuran gula pasir dan shampo tersebut perlu adanya pendiaman sesaat sebelum dibilas agar gula dapat meresak dengan baik pada bagian kulit kepala. Selain membantu mengangkat kulit kepala, eksfoliasi dengan gula pasir juga memiliki manfaat lain seperti memberikan kelembapan pada rambut sehingga mencegah kondisi kulit kepala kering dan membantu menjadikan kulit kepala lebih halus dibandingkan sebelumnya.

  1. Efek samping eksfoliasi pada kulit kepala

Proses eksfoliasi kulit kepala secara keseluruhan sebenarnya tidak akan menimbulkan efek samping ketika dilakukan dengan baik. Dalam keramas menggunakan gula tersebut, penggunaan air dingin atau air dalam suhu ruangan diutamakan dibandingkan dengan penggunaan air panas. Penggunaan air panas dapat menyebabkan terjadinya resiko iritasi yang menjadi pemicu luka di kulit kepala . eksfoliasi kulit kepala juga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering agar dapat menjadikan kulit kepala beregenerasi dengan sempurna.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian, manfaat, cara melakukan, dan resiko efek samping yang dapat terjadi dalam proses perawatan kulit kepala yang disebut eksfoliasi. Eksfoliasi secara prinsip merupakan metode pengangkatan sel kulit kepalamati  yang dapat dilakukan secara alami. Eksfoliasi kulit pada bagian kepala dilakukan untuk memberikan manfaat positif dalam mencegah ketombe, kulit kepala kering dan gatal, serta menjadikan kulit kepala lebih sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan