Sponsors Link

11 Faktor Sering Sakit Kepala Yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Masalah sakit kepala memang hal yang sering dianggap biasa. Bahkan sakit kepala selalu menjadi gejala dari sebuah penyakit atau kondisi tertentu. Termasuk ketika Anda akan terserang flu atau demam maka sakit kepala pasti akan terjadi. Karena itulah sakit kepala dianggap hal yang sangat umum dan bukan penyakit yang perlu dikhawatirkan. Tapi semua pemikiran itu harus dirubah ketika Anda mulai merasa sakit kepala terus menerus dan tidak sembuh dengan obat biasa.

ads

Sakit kepala akan menyebabkan aktifitas terganggu dan bahkan bisa menurunkan nafsu makan. Terkadang saat sakit kepala maka Anda membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk tidur atau istirahat. Akibatnya banyak kegiatan yang tertunda dan membuat Anda tidak nyaman. Sebenarnya apa saja faktor sering sakit kepala yang sering diabaikan? Berikut penjelasan kami.

  • Makanan tertentu

Banyak orang yang mengabaikan bahwa mereka merasa mulai gejala sakit kepala setelah makan. Jika seperti ini maka kemungkinan faktor risiko yang meningkatkan sakit kepala adalah makanan yang baru saja dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala seperti makanan yang terlalu asin, makanan yang diasamkan, makanan olahan kering, makanan yang sudah sering dipanaskan kembali dan termasuk makanan yang diawetkan. Semua itu terjadi ketika zat sulfit pada makanan masuk ke dalam tubuh dan mengalir ke pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi lebih lebar. Terkadang ini yang menyebabkan sakit kepala dan mata terasa sakit.

  • Waktu kebiasaan tidur

Jika Anda memiliki kebiasaan begadang kemudian baru tidur pada saat pagi hari maka ini juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini bisa membuat siklus tidur menjadi tidak seimbang. Bahkan efeknya menyebabkan sakit kepala tiba-tiba atau sampai migrain basilar. Karena itu hindari kebiasaan ini dan lakukan tidur di waktu yang normal serta konsisten sehingga tubuh juga lebih sehat.

  • Duduk atau berdiri terlalu lama

Jika Anda bekerja sambil duduk atau berdiri terlalu lama maka bisa menyebabkan sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba. Bahkan kebiasaan merubah postur tidur dalam waktu yang cepat juga akan memicu sakit kepala. Misalnya Anda tiba-tiba berdiri dengan cepat setelah jongkok atau duduk. Gejala sakit kepala bisa menyebar mulai dari kepala sampai ke punggung atas, bahu dan leher.

  • Kebiasaan melihat layar gadget

Saat ini banyak pekerjaan yang mengharuskan kita menatap layar komputer dan gadget dalam waktu yang lama dan terus menerus. Ternyata jika ini sudah sering terjadi maka mata bisa terkena radiasi layar sinar biru. Akibatnya mata menjadi sangat peka terhadap sinar dan bagian retina serta syaraf di mata juga akan mengalami gangguan. Namun sayangnya penyebab ini sering diabaikan padahal jika sudah sakit kepala maka segera istirahatkan mata dari gadget.

  • Perubahan suasana hati

Ternyata perubahan suasana hati juga akan menyebabkan sakit kepala yang sangat tidak nyaman. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita terutama ketika menjelang menstruasi atau saat menstruasi. Penyebab utamanya adalah perubahan hormon yang bisa merangsang tingkat stres yang sangat tinggi. Selain itu anemia akibat pendarahan selama periode juga bisa menjadi penyebab kenapa saat haid kepala pusing dan mual.

  • Sedang menghadapi masalah

Bagi orang dewasa memang sangat sering menghadapi berbagai masalah. Masalah ini bisa terjadi di kantor, di rumah, dan dimana saja. Sebenarnya inilah yang akhirnya menyebabkan stres jangka panjang sehingga membuat kepala sakit. Jika Anda stres maka jantung bekerja dengan cepat, Anda menarik nafas dengan cepat dan tubuh kekurangan oksigen termasuk untuk otak. Nah inilah pemicu sakit kepala yang paling sering terjadi. Kondisi ini sering membuat sakit kepala disertai dengan sakit pada leher dan otot punggung.

  • Efek aroma yang kuat

Mencium bau tertentu ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jenis sakit kepala ini memang hal yang sangat umum dan bisa terjadi pada semua umur. Banyak sumber aroma yang menyengat dan menyebar dengan cepat misalnya aroma asap rokok, parfum, keringat dan bau bahan kimia. Ini hal yang bisa sangat berbahaya terutama jika Anda selalu berada di lingkungan dengan udara yang kurang bersih.

  • Efek panas sinar matahari

Terkena sinar matahari yang panas juga akan menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung. Penyebabnya adalah pantulan cahaya matahari masuk ke mata yang kemudian membuat bagian talamus otak mengirimkan rasa sakit yang berlebihan. Karena itu lindungi bagian kepala dan mata Anda ketika keluar rumah dan terkena sinar matahari secara langsung.

  • Kebiasaan mengikat rambut

Untuk wanita yang memiliki rambut panjang memang sudah biasa untuk mengikat rambut. Ternyata tanpa disadari mengikat rambut terus menerus dan kencang akan menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena rambut yang terikat menarik rambut dengan kuat ke akarnya. Akibatnya akar rambut menjadi sangat tegang dan tidak nyaman yang membuat kondisi kepala menjadi sakit. Jika sudah seperti ini maka longgarkan ikatan dan jangan diikat di waktu tertentu.

  • Efek berhubungan intim

Ternyata bagi orang dewasa juga bisa terkena sakit kepala saat berhubungan intim. Kondisi ini biasanya terjadi ketika masuk ke tahap puncak gairah sehingga mengalami ketegangan yang kuat mulai dari leher sampai kepala. Namun tidak perlu ditakuti karena ini efek yang biasa dan biasanya sakit kepala hanya terjadi selama beberapa menit saja. Biasanya sakit kepala juga bisa sembuh sendiri.

  • Olahraga berlebihan

Sakit kepala juga bisa terjadi ketika Anda berolahraga secara berlebihan. Terlebih jika tidak diawali dengan pemanasan maka kondisinya bisa lebih buruk lagi. Hal ini sebenarnya terjadi ketika tubuh berolahraga maka tingkat adrenalin semakin tinggi kemudian otak berusaha untuk menyesuaikan kondisi ini. Akhirnya terjadi sakit kepala yang kurang menyenangkan. Jika sudah seperti ini maka cobalah untuk istirahat sementara waktu.

Itulah berbagai faktor sering sakit kepala yang sering diabaikan. Jika Anda mengalami salah satu faktor tersebut maka lebih baik untuk segera diatasi sehingga sakit kepala bisa segera sembuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan