Sponsors Link

12 Gejala Kanker Otak pada Wanita yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Bagian otak dan fungsinya sudah dikembangkan sejak masih janin dan terus berkembang semasa hidup. Hanya saja proses perkembangan ini mengikuti dengan usia dimana lebih ke arah fungsi dari otak itu sendiri. Sama seperti bagian tubuh yang lain ternyata otak juga bisa terkena penyakit. Salah satu penyakit yang berbahaya termasuk seperti kanker. Tentu saja ini penyakit yang sangat menakutkan karena letaknya yang ada di dalam kepala.

ads

Wanita biasanya akan lebih respon terhadap semua gejala yang tidak menyenangkan dari kanker otak. Hal ini juga bisa terjadi karena tubuh wanita yang bisa sangat peka terhadap rasa sakit. Karena kanker otak yang ada di bagian otak memang sulit untuk dikenali secara langsung, sehingga menandai semua gejala memang sangat diperlukan. Dibawah ini adalah beberapa gejala kanker otak pada wanita yang harus diwaspadai.

  • Mual dan muntah terus menerus

Gejala yang mungkin sama dengan beberapa kondisi pada wanita seperti hamil adalah mual dan muntah. Bedanya saat hamil memang wanita tidak akan mengalami menstruasi. Tapi ketika masih mengalami menstruasi secara normal tapi terus mual dan muntah maka ini harus diperhatikan. Kanker otak bisa menyebabkan penderita mengalami mual dan muntah tanpa gejala yang khas. Artinya gejala ini akan muncul secara tiba-tiba dimana diawali dengan tubuh yang lemah dan tidak nyaman.

  • Sakit kepala

Sakit kepala sebagai gejala kanker otak memang sangat sulit dibedakan. Terkadang dokter juga tidak bisa menemukan bahwa gejala itu termasuk kanker otak dini. Namun jika sakit kepala terus terjadi dengan serangan yang tiba-tiba maka itu juga perlu diperhatikan. Terutama jika terkadang sakit kepala justru bisa sembuh sendiri tanpa diobati lalu di waktu yang lain muncul lagi. Namun ciri khas dari kanker otak adalah sakit kepala yang terus terjadi lalu semakin memburuk. Terutama jika sakit kepala terjadi pada pagi hari saat bangun tidur dimana kanker menekan beberapa bagian otak setelah berbaring dalam waktu lama.

  • Kejang

Penderita kanker otak umumnya juga akan menunjukkan gejala yang sangat khas yaitu kejang. Kejang bisa terjadi dengan riwayat sebelumnya atau tidak. Namun ketika terjadi pertumbuhan kanker otak maka neuron tidak akan bekerja normal dan itu menyebabkan impuls listrik ke otak berhenti secara mendadak atau terkadang menyerang sendiri. Hanya saja kejang pada kanker otak tidak selalu kejang biasa, tapi bisa saja hanya kaku pada beberapa bagian tubuh. Bahkan kejang bisa membuat penderita seperti bengong atau melamun dan sulit untuk berkedip. Gejala ini sama seperti yang terjadi pada ciri-ciri kanker otak pada remaja.

  • Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan juga selalu menjadi ciri khas kanker otak pada wanita yang sangat khas. Biasanya ini akan membuat mata memiliki pandangan ganda, adanya titik-titik putih ketika melihat dan jarak pandang yang tidak jauh. Gejala ini juga dikenal dengan nama hemianopsia bitemporal dimana penderita biasanya akan menjadi teledor dan sulit untuk mengerjakan aktifitas sehari-hari dengan sempurna. Namun biasanya ini dianggap sebagai gangguan mata biasa yang sering diawali dengan sakit kepala hingga penglihatan kabur.

  • Kebingungan

Bingung, panik dan ceroboh juga bisa jadi gejala kanker otak pada wanita. Misalnya saja ketika berjalan tiba-tiba jatuh, tersandung kaki meja meskipun bisa dihindari atau ada perasaan tanah bergoyang saat berjalan. Gejala ini berhubungan dengan gangguan fungsi motorik dimana pekerjaan ini sangat tergantung dengan batang otak. Biasanya penderita akan mengalami gejala yang memburuk seperti sulit berjalan, sulit menjaga keseimbangan dan peka terhadap suasana gelap.

  • Tubuh lelah dan lemah

Kemudian penderita kanker otak pada wanita biasanya juga akan merasakan gejala tubuh yang sangat lelah dan lemah. Hal ini sangat mungkin terjadi karena kortek motorik pada otak akan mengendalikan semua bagian otot tubuh. Jika bagian ini tertekan oleh pertumbuhan kanker maka sinyal tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Tubuh akan kehilangan fungsi gerakan yang lincah dan nyaman lalu tiba-tiba menjadi sangat lemas. Perhatikan juga jika kondisi ini ditambah dengan munculnya  sakit kepala terus menerus.

Sponsors Link

  • Mudah lupa

Wanita biasanya memiliki ingatan yang lebih tajam daripada laki-laki. Tapi karena pertumbuhan kanker otak maka respon terhadap ingatan juga menjadi lemah. Semua wanita harus waspada jika tiba-tiba menjadi mudah lupa dan pikun. Atau juga sering merasa bingung dan sulit untuk berpikir normal.

  • Sensasi mati rasa

Pertumbuhan kanker otak juga bisa menyebabkan sensasi mati rasa pada area wajah dan kepala. Biasanya penderita akan mulai sulit menelan makanan dan minuman. Kemudian juga sulit untuk mengendalikan eskpresi wajah sampai akhirnya mati rasa berkembang dari wajah, kepala dan sampai bagian tubuh lain.

  • Sering berbicara meracau

Lobus frontal dalam otak berperan penting untuk mengendalikan fungsi bicara, mengingat dan kemampuan untuk memahami orang lain. Jika terjadi pertumbuhan kanker pada bagian ini maka kemampuan untuk bicara dan memahami orang lain akan menurun. Sehingga akhirnya akan bicara tidak jelas dan meracau.

Sponsors Link

  • Gangguan pendengaran

Bagian lobus temporal ada di bagian tengah bawah korteks, dan tepatnya dibelakang pelipis. Fungsinya adalah untuk membantu telinga mendengar suara dan kemampuan untuk memahami komunikasi dengan cepat. Jika ada perkembangan kanker maka pada bagian ini akan terganggu. Akibatnya akan menderita gangguan pendengaran dan sulit untuk berkomunikasi normal.

  • Perubahan emosi

Penderita kanker otak bisa mengalami gangguan emosi dan perubahan suasana hati yang cepat. Hal ini akan membuat wanita mudah cemas, depresi, sedih dan marah dalam waktu yang sangat singkat dan berdekatan. Misalnya baru saja bahagia dan tiba-tiba menjadi sedih. Kondisi ini juga berhubungan dengan pertumbuhan kanker yang mulai menekan lobus frontal dimana akan merubah kepribadian penderita.

  • Gangguan sistem reproduksi

Penderita kanker otak juga akan mengalami masalah gangguan reproduksi. Hal ini terjadi karena kelenjar pituari yang ada di bagian dasar otak terganggu oleh kanker. Kelenjar ini akan bekerja berlebihan yang bisa membuat kesuburan terganggu. Biasanya penderita kanker otak sulit untuk hamil atau memberikan ASI pada bayi yang baru dilahirkan.

Itulah beberapa gejala kanker otak pada wanita yang harus diwaspadai. Karena gejala penyakit ini hampir mirip atau menyerupai penyakit biasa maka segera lakukan pemeriksaan jika merasa gejala yang cukup aneh.

, , ,
Oleh :