16 Gejala Radang Selaput Otak Pada Anak dan Cara Mencegahnya

Tahukah anda? Gejala meningitis atau radang selaput otak pada anak mirip dengan gejala flu biasa. Oleh sebab itu banyak sekali orang tua yang sulit untuk mengetahui gejala awal dari penyakit radang selaput otak ini. Padahal, penyakit ini sangat beresiko dan dapat menyebabkan kematian. Untuk itu anda sebagai orang tua perlu mengetahui tentang gejala radang selaput otak pada anak, agar dapat segera melakukan tindakan medis sebelum terlambat. Berikut ini beberapa informasi mengenai radang selaput otak atau meningitis beserta gejalanya.

Pengertian dan Bahaya Radang Selaput Otak

Radang selaput otak atau meningitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada cairan serta lapisan yang melindungi bagian otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerah otak melalui aliran darah. Penularan penyakit ini pada anak-anak biasanya melalui perantara udara, tidak menjaga kebersihan disertai  kondisi tubuh yang sedang tidak sehat. Selain itu penggunaan barang-barang pribadi secara bersama-sama seperti handuk, peralatan makan dan pakaian juga dapat menularkan penyakit ini apabila tidak dijaga kebersihannya.

Radang selaput otak atau meningitis pada anak yang disebabkan oleh virus biasanya gejala-gejalanya dapat diatasi dengan cepat jika segera mendapatkan perawatan. Namun untuk radang selaput otak atau meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat berbahaya bila tidak mendapatkan penanganan medis segera. Anak bisa terkena gangguan penglihatan, pendengaran, bicara, kejang-kejang hingga kematian.

Penyebab Radang Selaput Otak (Meningitis) Pada Anak

• Bakteri Streptococcus pneumoniae, bakteri ini akan menyerang sistem imun atau kekebalan tubuh, sehingga penderita akan dengan mudah terkena radang selaput otak atau meningitis.
  • Bakteri Haemophilus influenzae, bakteri ini juga dapat menyebabkan radang selaput otak atau
  • Jamur Cryptococcus, meningitis atau radang selaput otak juga bisa disebabkan oleh jamur, walaupun sebenaranya kondisi ini jarang terjadi. Jamur akan menginfeksi melalui sumsum tulang belakang dan menyebabkan peradangan.
  • Pada beberapa kasus radang selaput otak atau meningitis juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu seperti kanker, lupus dan trauma kepala.

Gejala Radang Selaput Otak Pada Balita

Gejala radang selaput otak ini mirip sekali dengan gejala penyakit flu biasa, untuk itu orang tua perlu lebih waspada terhadap beberapa gejala berikut ini:

1. Bayi terlihat gelisah: Bayi akan terlihat gelisah tanpa sebab, bahkan mereka akan menolak untuk disentuh.
  2. Bayi menangis tanpa henti: Orang tua wajib waspada saat bayi menangis terus menerus tanpa sebab yang jelas, karena hal ini bisa mendeteksi adanya gangguan pada tubuh bayi.
  3. Timbul ruam: Periksa kulit bayi anda, apakah terdapat ruam pada sekitar kulit bayi.
  4. Demam tinggi: Bayi akan mengalami demam tinggi hingga sekitar 39oC disertai dingin pada kaki dan tangannya. Demam tinggi ini merupakan tanda bahwa bakteri telah berinkubasi selama 2-14 hari.
  5. Nafsu makan berkurang: Anak menjadi sulit untuk menerima susu dan makanan
  6. Gangguan pencernaan: Bayi akan mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti mual dan muntah
  7. Area lunak pada ubun ubun: Pada bagian atas kepala bayi atau ubun-ubun akan timbul sebuah titik yang lunak.

Gejala Radang Selaput Otak pada Anak Diatas Umur 5 Tahun

1. Sakit kepala: Anak akan merasakan nyeri dan sakit kepala dan mata terasa sakit, juga akan terlihat letih dan lesu. Selain itu anak akan merasa tidak nyaman apabila melihat cahaya terang.
  2. Demam: Anak akan merasakan demam tinggi disertai tangan dan kaki yang dingin. Demam tinggi ini akan mencapai kisaran 39oC.
  3. Kaku otot: anak anda akan mengalami kaku pada otot bagian leher cukup lama, bahkan bisa berjam-jam.
  4. Gangguan pencernaan: Anak akan mengalami gangguan pencernaan berupa mual dan muntah
  5. Sulit bangun: anak akan mengalami kesulitan untuk bangun tidur, bahkan anak bisa saja mengalami hilang kesadaran.
  6. Kaki terasa sakit: Kaki anak akan terasa sakit saat dibengkokkan, bahkan mungkin tidak mampu meluruskan kaki setelah ditekuk.
  7. Sulit makan: Anak akan menolak untuk makan dan minum, serta terlihat kejang kejang dan rewel.
  8. Kulit pucat: Kulit anak akan berubah menjadi pucat disertai timbul bintik-bintik kemerahan
  9. Tulang punggung melengkung: Tulang punggung anak akan menjadi sedikit melengkung sehingga kesulitan untuk duduk dan berdiri.

Apabila anak anda memiliki tanda-tanda dari gejala radang selaput otak atau meningitis yang telah dijabarkan diatas segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Meningitis merupakan suatu kondisi yang serius, karena bila tidak segera dilakukan perawatan dapat menyebabkan kematian.

Diagnosa Melalui Medis

Berikut ini langkah-langkah medis yang dapat anda lakukan untuk mengetahui apakah anak anda menderita radang selaput otak atau meningitis.

• CT Scan
  • Tes urine
  • X-ray pada bagian dada
  • Tes laboratorium
  • Biopsi

Cara Mencegah Radang Selaput Otak

Ada baiknya anda melakukan pencegahan sebelum penyakit radang selaput otak ini menyerang anak anda. berikut ini beberapa cara untuk mencegah terjadinya penyakit meningitis:

• Olahraga

Ajak anak anda untuk olahraga bersama, dengan berolahraga tentu saja tubuh anak akan semakin bugar dan sehat. Tubuh yang bugar dan sehat memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik pula, sehingga akan terhindari dari berbagai penyakit termasuk radang selaput otak atau meningitis.

• Konsumsi makanan sehat

Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan sehat dan alami seperti olahan sayur dan buah segar. Hindari makanan berpengawet seperti makanan cepat saji. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, asupan nutrisi di dalam tubuh akan tercukupi dengan baik.

• Perbanyak minum air putih

Minum air putih dapat menetralisir zat-zat racun didalam tubuh, selain itu dengan memperbanyak minum air putih peredaran darah juga akan semakin lancar. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. biasanya tanda jika anda cukup minum air putih, urine anda tidak akan berwarna keruh.

• Menjaga kebersihan

Utamakan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Lingkungan yang kotor merupakan sarang dari penyakit. Hindari juga untuk menggunakan peralatan pribadi secara bersama-sama.

Itu tadi informasi mengenai gejala radang selaput otak pada anak berikut cara mencegahnya. Segera lakukan tindakan medis dan periksakan anak anda ke dokter apabila mengalami gejala-gejala diatas, semoga membantu.