10 Gejala Tumor Otak Stadium Awal Paling Sering Diabaikan

Tumor otak adalah sebuah penyakit yang membuat adanya pertumbuhan jaringan tidak normal pada otak. Tumor otak bisa ditemukan dalam kondisi ganas atau jinak dan semuanya menyebabkan efek yang berbeda. Terkadang tumor otak bisa terjadi karena pertumbuhan jaringan abnormal dari bagian jaringan otak itu sendiri. Namun ada juga jenis tumor otak yang sebenarnya berasal dari atau dampak dari kanker di bagian tubuh lain atau lebih dikenal sebagai hasil metastasis.

Ada berbagai jenis tumor otak pada anak dan orang dewasa yang berbeda-beda. Terkadang awalnya tumor otak muncul akibat mutasi genetik yang menyerang pada otak. Namun ada juga jenis tumor otak yang terpengaruh dari berbagai hal seperti usia penderita, keturunan dan efek radioterapi dari perawatan kanker sebelumnya. Apapun jenis tumor otak maka akan menyebabkan gejala awal yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah beberapa gejala tumor otak stadium awal paling sering diabaikan.

• Sering muntah cairan hijau

Orang yang sering muntah cairan berwarna hijau harus waspada bahwa itu kemungkinan gejala tumor otak. Kondisi ini bisa terjadi ketika muntah menjadi sangat sering bahkan hanya karena aktifitas yang ringan saja. Kemudian muntah pada orang yang terkena tumor otak tidak tergantung pada waktu. Bisa saja sepanjang hari atau bahkan setelah makan dan minum. Gejala ini termasuk hal yang masih sangat awal namun harus menyadari bahwa ada perbedaan migrain dan kanker otak. Sebaiknya jika sudah sering mengalami gejala ini maka segera datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan CS Scan atau MRI.

• Sering sakit kepala

Gejala tumor otak yang sering diabaikan adalah sakit kepala. Sakit kepala memang sering menyertai berbagai gejala awal penyakit umum dan penyakit kronis. Termasuk ketika akan flu, lelah, anemia,dan stres juga biasanya akan mengalami sakit kepala. Namun ketika orang yang merasa sering sakit kepala dan tidak bisa sembuh dengan obat penghilang sakit kepala maka itu bisa dicurigai. Sakit kepala akibat tumor sering memicu kondisi yang sangat tidak nyaman karena sakit kepala menjadi lebih parah. Terkadang sakit kepala karena tumor juga tidak perduli dengan waktu sehingga bisa terjadi saat pagi, siang atau malam hari saat tidur.

• Masalah penglihatan

Munculnya sakit kepala dan mata terasa sakit sampai menyebabkan pandangan mata kabur bisa menjadi gejala tumor otak di stadium awal yang sangat jelas. Kondisi ini bisa terjadi karena pertumbuhan sel tumor otak yang tidak normal telah masuk ke sistem syaraf atau bagian dari syaraf mata. Akibatnya syaraf mata juga tidak berfungsi secara normal dan menyebabkan kondisi yang tidak normal. Biasanya ini diawali dengan pandangan mata ganda, pandangan mata buram dan semakin lama mata tidak bisa melihat dengan jelas.

• Pingsan tiba-tiba

Terkadang tumor otak yang masih masuk tahap awal akan menyebabkan pingsan tiba-tiba. Gejala ini yang paling sering dikenal karena ketika penderita pingsan dan dibawa ke rumah sakit maka dokter akan melakukan serangkaian tes. Pingsan bisa terjadi ketika sakit kepala, anemia dan kondisi yang lain. Tapi pada penderita tumor semua itu terjadi karena tubuh sangat lemah dan bisa diawali dengan gejala sakit kepala.

• Kejang

Kejang adalah respon ketika ada sistem syaraf yang tidak mendapatkan sinyal dari otak dalam waktu singkat. Bagian syaraf tersebut tidak berfungsi sementara waktu sehingga kemudian menyebabkan kondisi yang tidak normal. Kejang akan membuat tubuh melakukan banyak gerakan bergetar terus menerus dan penderita tidak sadar dengan apa yang terjadi pada tubuhnya.

• Sulit fokus

Efek dari pertumbuhan tumor otak akan menyebabkan dampak pada beberapa bagian-bagian kepala. Kondisi ini akan menyebabkan efek seperti rasa yang tidak nyaman dan sulit untuk berkonsentrasi. Penderita kemungkinan tidak akan bisa menjalani aktifitas dengan normal sehingga merasa emosi dan tidak mampu. Pertumbuhan tumor juga terus menggerogoti sistem syaraf pada otak sehingga pikiran sulit fokus.

• Gangguan memori

Tumor yang menyerang otak akan menyebabkan gangguan pada sistem memori. Otak menjadi pusat memori yang sangat besar karena itu ketika ada pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada otak maka memori juga akan terganggu. Biasanya penderita mulai kehilangan memori dari waktu ke waktu namun awalnya kondisi ini sering tidak disadari. Misalnya mulai lupa meletakkan benda-benda, lupa mengingat nama, lupa harus melakukan sesuatu sampak akhirnya lupa dalam beberapa hal dan mulai kehilangan kemampuan untuk merawat diri sendiri.

• Perubahan emosi

Orang yang terkena gejala tumor otak di awal biasanya mengalami perubahan suasana hati yang sangat jelas. Kondisi ini berhubungan dengan masalah pada kelenjar hipotalamus yang membantu menghasilkan hormon untuk mengatur emosi. Emosi akhirnya menjadi tidak stabil dimana penderita mudah marah, murah tersinggung dan mudah menangis. Bahkan terkadang perubahan emosi ini bisa terjadi karena kondisi gejala lain yang membuat penderita depresi misalnya sakit kepala, kehilangan keseimbangan dan tubuh yang tidak nyaman.

• Kesemutan

Terkadang munculnya tumor otak juga akan menyebabkan kesemutan pada kepala. Kesemutan pada kepala bisa terjadi saat beraktifitas atau terkadang saat tidur. Ini juga menjadi gejala yang tidak normal karena kondisi kepala menjadi tidak nyaman. Kemudian kepala menjadi terasa ringan atau berat yang membuat penderita tidak bisa menjalankan aktifitas dengan nyaman.

• Gangguan sistem syaraf

Munculnya tumor otak juga bisa menyebabkan gangguan sistem syaraf yang merusak sistem motorik tubuh. Kondisi ini yang membuat penderita tidak bisa bergerak secara tiba-tiba baik itu pada salah satu anggota tubuh atau semua bagian tubuh. Gejalanya bisa ditandai ketika jatuh tiba-tiba saat berjalan, tersandung, gerakan kaki terbatas dan mudah jatuh. Penyebab utama dari kondisi ini adalah adanya kerusakan sistem syaraf akibat pertumbuhan tumor pada otak yang mengendalikan sistem gerakan tubuh.

Itulah berbagai gejala tumor otak stadium awal paling sering diabaikan. Kondisi semua gejala ini bisa juga karena penyakit lain karena itu sebaiknya segera mendapatkan pemeriksaan dokter ketika tahu ada gejala yang berhubungan dengan tumor otak.

, , , ,