Sponsors Link

Gejala Vertigo Perifer Dan Penyebab Salah Satu Jenis Vertigo Tersebut

Sponsors Link

Vertigo merupakan salah satu kondisi permsalahan atau sakit kepala yang dapat terjadi berulang atau kronik dan gejalanya dapat muncul kapan saja. Kondisi vertigo sendiri secara pengertian menurut wikipedia adalah alah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular atau sistem yang berperan dalam keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh.

ads

Gejala yang sering dialami oleh penderita vertigo sendiri secara umum diantaranya seperti mual dan muntah, kepala yang terasa berputar, penderita yang tidak dapat menjaga keseimbangan tubuhnya, kesulitan berdiri maupun berjalan dan lain sebagainya. Kondisi gejala pada vertigo tersebut ternyata berbeda beda pada jenis vertigo yang berbeda pula serta dapat disebabkan oleh berbagai kondisi patologis yang terjadi pada tubuh penderita dan mempengaruhi munuclnya vertigo.

Seperti yang dijelaskan, jenis sakit kepala vertigo dapat terbagi menjadi dua yakni vertigo periferal dan vertigo central. Vertigo central sendiri adalah vertigo yang lebih disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem syaraf pusat dan otak. Sedangkan vertigo perifer adalah vertigo yang terjadi akibat adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang tentunya berbeda gejala dan penyebabnya dengan vertigo central. Berikut ini beberapa beberapa gejala vertigo perifer yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini. Gejala vertigo central dan vertigo perifer sebenarnya tidak dapat dibedakan secara langsung dan keduanya dapat mengalami beberapa kondisi di bawah ini.

  1. Tubuh lemas

Kondisi pertama yang dapat menjadi gejala vertigo perifer yang juga merupakan tanda tanda vertigo central atau vertigo pada umumnya adalah tubuh yang lemas. Kondisi tubuh penderita vertigo yang lemas tersebut disebabkan oleh karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan tubuh menjadi kelimpungan dan lemas serta membutuhkan banyak istirahat ketika vertigo terjadi baik pada jenis vertigo central yang merupakan vertigo dengan penyebab gangguan pada otak.

  1. Hilangnya keseimbangan

Ciri atau gejala vertigo perifer selanjutnya dapat dilihat dari kondisi penderitanya yang dapat mengalai kehilangan kemampuan untuk menyeimbangkan dirinya dalam beberapa waktu. Keadaan tersebut terjadi akibat kondisi tubuh penderita vertigo yang mengalami gangguan pada telinga dalam sebagai pusat keseimbangan tubuh manusia.

  1. Koordinasi gerak terganggu

Permasalahan penyakit vertigo pada kepala dapat menyebabkan munculnya beberapa ciri ciri diantaranya yang paling utama adalah hilangnya kemampuan koordinasi gerak. Konidsi kemampuan kordinasi gerak yang terganggu bisa jadi menyebabkannya tidak dapat tampil secara maksimal.

  1. Mual dan muntah

Ciri atau gejala vertigo perifer yang paling banyak terjadi pada manusia adalah mual dan muntah. Kondisi mual dan muntah yang terjadi pada penderita vertigo tentu tidak seperti mual dan muntah pada umumnya. Keadaan mual dan muntah tersebut menjadi salah satu gejala yang harus diatasi dengan baik melalui konsumsi obat vertigo generik maupuna obat patennys. Hampir semua penderita vertigo pasti mengatasi mual dan muntah.

Itulah beberapa gejala vertigo perifer yang sebenarnya tidak menunjukan adanya kondisi spesifik sebagai pembeda antara vertigo central dan vertigo perifer. Meskipun tidak spesifik, kondisi gejala vertigo jenis perifer tentu akan merasakan adanya perbedaan atau rasa yang tidak nyaman di daerah telingga bagian dalam. Untuk dapat menhindari berbagai mcam kondisi yang membahayakan terutama untuk anak kecil maka akan ada beberapa penyebab yang harus dihindari. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menimbulkan kondisi vertigo perifer yang perlu dipahami diantaranya seperti :

  1. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

BPPV merupakan jenis penyebab vertigo perifal yang paling umum terjadi. BPPV adalah kondisi dimana bagian telingga dalam mengalami gangguan serta dipicu oleh kepala atas yang bergerak secara tiba tiba. Kondisi BPPV tersebut dapat beresiko tinggi pada pasien dengan kondisi pasca operasi telinga, memiliki riwayat cedera kepala, adanya kondisi yang mengarah infeksi telinga. Perubahan posisi mendadak seperti perubahan kepala dari tegak menunduk tiba tiba, bangun tidur dengan tiba tiba, dan gerakan yang mendongkrak.

  1. Riwayat cedera kepala

Seseorang penderita yang pernah memiliki riwayat cedera kepala meurpakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan munculnya vertigo. Kondisi cidera pada kepala tentu berpeluang menyebabkan munculnya gangguan pada telinga bagian dalam yang akan memicu kondisi vertigo perifer. Seseorang yang mengalami cidera kepala harus memastikan apakah kondisi cidera atau trauma kepala tersebut dapat teratasi dan tidak menyebabkan gangguan pada bagian dalam telingga.

  1. Labirinitis

Labirinitis merupakan kelainan kesehatan akibat infeksi yang secara langsung menyerang bagian telinga dalam khususnya pada cairan berliku liku dengan cairan sehingga menyebabkan terjadinya vertigo perifer. Nyeri pada bagian telinga terutama di bagian dalamnya, mual, muntah, kesulitan untuk mendengar, hingga demam merupakan gejala umum yang terjadi pada penderita labirinitis.

  1. Peradangan syaraf telinga dalam

Adanya kondisi peradangan pada syaraf telinga dalam yang berhubungan langsung dengan otak atau yang disebut sebagai Vestibular neuritis. Kondisi peradangan tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang berlangsung secara tiba tiba tanpa adanya gejala apapun. Kondisi peradangan pada syaraf telinga bagian dalam memicu terjadinya gangguan telingga yang menyebabkan vertigo perifer.

  1. Penyakit meniere

Penyakit meniere merupakan jenis menyakit langka yang terjadi pada telinga bagian dalam. Penyakit ini akan menyabbkan terjadinya vertigo yang cukup parah. Penyakit Meniere menjadi salah satu jenis penyakit yang perlu dihindari karena menjadi penyebab munculnya peradangan pada telingga bagian dalam.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi gejala vertigo perifer yang secara umum tidak ada kondisi yang signifikan dapat menunjukan gejala dari penyakit vertigo perifer maupun vertigo central.

, , ,