Sponsors Link

Ciri dan Gejala Vertigo Sentral yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kepala merupakan salah satu organ penting tubuh yang didalamnya terdiri dari beberapa bagian bagian kepala yang penting dan perannya sangat menunjang segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia. Beberapa bagian penting yang dimaksud tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, kuping sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman, lidah sebagai indera pengecap dan awal dari sistem pernafasan, mulut tempat masuknya makanan ke dalam sistem pencernaan, dan tentunya otak sebagai pusat kendari sistem syaraf.

ads

Adanya berbagai organ penting tersebut perlu disadari oleh setiap orang agar dapat menjaga kepala sehingga tidak mengalami berbagai macam permasalahan kesehatan dikepala mulai dari yang sifatnya ringan seperti pusing atau sakit kepala hingga yang dapat memberikan dampak lebih besar. Kondisi sakit kepala atau pusing saja sudah dapat memberikan gangguan yang cukup bagi sesorang untuk berfikir fokus, berkomunikasi, hingga terganggunya aktivitas karena harus memberikan istirahat yang lebih agar tubuh dapat kembali sedemikian rupa, apalagi jika permasalahan yang terjadi lebih berat lagi.

Salah satu jenis sakit kepala yang banyak penderitanya adalah vertigo. Vertigo menjadi salah satu bentuk permasalahan pada kepala yang dapat memberikan dampak lebih besar dibandingkan dengan sakit kepala atau pusing biasa. Vertigo harus diatasi dengan cepat dan tepat, untuk itu perlu diketahui gejalanya terlebih dahulu. Dalam penjelasan kali ini, drsakitkepala.com akan membahas mengenai salah satu gejala dari jenis vertigo yakni gejala vertigo sentral yang diulas dalam uraian di bawah ini.

Vertigo merupakan salah satu kondisi permsalahan atau sakit di daerah kepala yang dapat terjadi berulang atau jenis penyakit kronik dan gejala atau yang lebih dikenal sebagai serangan vertigo dapat muncul kapan saja. Kondisi vertigo sendiri secara pengertian menurut wikipedia adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular atau sistem yang berperan dalam keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh. Beberapa gejala seseorang mengalami vertigo terutama yang central diantaranya seperti di bawah ini.

1. Sensasi kepala berputar

Hampir semua jenis vertigo pasti akan memunculkan gejala yang sangat umum dan paling mudah dikenali sebagai gejala penyakit tersebut termasuk untuk gejala vertigo sentral yakni munculnya sensasi kepala berputar. Kondisi kepala yang berputar atau sering disebut sebagai kepala kliyengan tersebut dapat muncul kapan saja sehingga akan sangat menyebabkan gangguna pada penderitanya.

2. Tubuh menjadi lemas

Dari kondisi kepala keliyengan yang dijelaskan diatas sebagai gejala dari kondisi vertigo jenis sentral maka akan menimbulkan berbagai macam gejala lainnya yang merupakan tanda tanda vertigo diantaranya tubuh yang lemas. Kondisi tubuh penderita vertigo sentral yang lemas tersebut disebabkan oleh karena adanya gangguan pada bagian batang otak sebagai daerah paling terdampak dari kondisi vertigo sentral.

3. Hilangnya keseimbangan

Ciri atau gejala vertigo sentral selanjutnya adalah kondisi dimana seseorang akan kehilangan keseimbangan terhadap tubuhnya. Kondisi hilangnya keseimbangan tersebut dapat dipicu oleh keadaan kepala yang keliyengan. Berbeda dengan kondisi gejala vertigo perifer yang disebabkan oleh permasalahan pada bagian telinga, vertigo sentral akan menjadikan seseorang tidak hanya kehilangan keseimbangan saja namun juga dapat mengalami kondisi kesulitan mengerakkan alat gerak tubuhnya karena permasalahan terjadi pada batang otak. Hilangnya keseimbangan pada vertigo sentral tersebut karena adanya permasalahan pada otak yang bertindak sebagai pusat kendali keseimbangan tubuh.

4. Koordinasi gerak terganggu

Permasalahan penyakit vertigo pada kepala dapat menyebabkan munculnya beberapa ciri ciri yang memang menjadi kondisi paling utama sebagai diagnosis awal penyakit tersebut namun juga akan menimbulkan beberapa gejala penyerta lainnya. gejala penyerta lainnya yang dimaksud tersebut adalah hilangnya koordinasi gerak atau koordinasi gerak tubuh yang terganggu.

5. Mual dan muntah

Mual dan muntah menjadi kondisi yang juga akan menjadi gejala penyerta dari keadaan vertigo yang biasanya diawali dengan kondisi kepala keliyengan atau sensasi kepala berputar seperti dijelaskan diatas. Kepala yang keliyengan tersebut juga akan menyebabkan kondisi keadaan lainnya muncul yakni rasa mual dan berlanjut dengan kondisi muntah yang sangat menganggu atau bahkan berlangsung cukup lama.

Itulah beberapa gejala vertigo sentral yang sebenarnya tidak terlalu berbeda secara umum dengan kondisi gejala vertigo perifer hanya saja memiliki penyebab yang berbeda. Vertigo sentral disebabkan oleh kondisi permasalahan pada sistem saraf pusat yang dipicu oleh beberapa penyakit seperti perdarahan atau iskemik pada serebelum, nukleus vestibularisdan penghubungnya dengan batang otak, infeksi, trauma, tumor, stroke, dan lain sebagainya. Vertigo sentral lebih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis vertigo perifer yang memiliki banyak penderita. 

Vertigo menjadi salah satu momok penyakit yang dapat memberikan gangguan pada penderitanya karena akan terjadi secara krnonis atau berulang ulang dan dapat kambuh kapanpun. Untuk itu, perlu adanya upaya untuk mencegah terjadi penyakit vertigo baik sentral maupun perifer. Pencegahan penyakit vertigo terutama perlu dilakukan pada mereka yang memiliki faktor resiko tinggi sebagai penderita diantaranya berusia diatas 50 tahun terutama pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan cidera pada kepala.

Selain kondisi resiko tinggi penderita vertigo tersebut beberapa keadaan lain juga lebih dapat menyebabkan seseorang menjadi penderita penyakit vertigo yakni gaya hidup yang tidak sehat, perokok aktif, lahir dari keluarga atau keturunan yang juga menjadi penderita penyakit vertigo, pernah atau sedang mengalami stres berat dan akut, serta sering mengkonsumsi alkohol.

, , ,