Glioblastoma : Penyebab – Gejala – Cara Pengobatannya

Kesehatan menjadi salah satu hal yang paling berharga bagi tubuh manusia agar dapat beraktivitas dengan normal. Berkaitan dengan kondisi kesehatan individu tersebut, ada beberapa bagian organ penting tubuh yang sangat diperhatikan kondisinya mengingat peran dan fungsi yang sangat vital, dan salah satu dari organ tersebut adalah kepala. Kepala menjadi bagian dari tubuh yang setiap bagian bagian kepala memiliki peranan dan fungsi vital sendiri sendiri. Pentingnya kepala, menjadikan tubuh manusia tidak akan berfungsi jika tidak ada bagian tersebut.

Kepala memiliki beberapa bagian yang penting fungsi dan perannya bagi tubuh seperti kumpulan indera yakni mata, kuping, hidung, dan lidah, serta bagian otak dan fungsinya yang merupakan pusat dari kendali sistem saraf manusia. Dengan peran yang vital tersebut, menjadikan kepala harus dapat dilindungi dari berbagai macam kondisi penyakit maupun kelainan yang dapat menyebabkan fungsi dan peran dari setiap bagian di kepala menjadi berkurang atau tidak berjalan optimal. Permasalahan pada kepala juga dapat menyebabkan aktivitas seseorang menjadi terganggu contohnya sakit kepala atau pusing.

Untuk dapat menghindari adanya permasalahan pada kepala baik yang sifatnya ringan maupun yang berat dan berbahaya. Dalam pembahasan kali ini, drsakitkepala.com akan membantu memberikan pemahaman terhadap salah satu jenis sakit kepala atau kelainan pada kepala yang perlu diperhatikan dengan baik karena bahayanya yakni kondisi kanker otak. Berikut ulasan mengenai salah satu jenis kanker yang dapat menyerang otak dalam pembahasan di bawah ini.

1. Mengenal Glioblastoma

Untuk lebih memahami terkait kondisi permasalahan kesehatan yang berbahaya bagi kepala tersebut maka dalam pembahasan awal ini akan menguraikan mengenai apa yang dimaksud dengan glioblastoma tersebut. Secara definisi, Glioblastoma merupakan salah satu jenis kanker yang dapat muncul di otak dan termasuk yang paling ganas dibandingkan jenis kanker lainnya. Disebut sebagai kanker otak yang paling ganas karena pertumbuhannya sangat agresif dan mampu menyebar dengan cepat karena adanya suplai darah tersendiri dari sel kanker glioblastoma. Kanker berbahaya tersebut biasanya muncul pada orang dewasa dan menyerang bagian otak terbesar atau cerebrum. Glioblastoma bukan merupakan jenis tumor otak pada anak anak.

1. Tanda tanda kanker glioblastoma

Kanker otak yang ganas tersebut lebih banyak menyerang pria dewasa dibandingkan dengan wanita meskipun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat terjadi. Seseorang yang terindikasi mengalami kanker glioblastoma dapat menujukan beberapa tanda atau gejala. Beberapa tanda atau gejala seseorang diduga menderita penyakit glioblastoma diantaranya seperti sakit kepala yang terjadi secara konstan dan terus menerus, kejang, muntah, kemampuan untuk berfikir yang berkurang, perubahan mood atau kepribadian yang cepat, pandangan kabur, tengkorak kepala tidak rata, serta kesulitan untuk berbicara. Gejala dan tanda yang dimiliki oleh kanker glioblastoma yang banyak menyerang pria dewasa tersebut harus diketahui sejak dini.

1. Penyebab glioblastoma

Glioblastoma selain menjadi kanker otak yang ganas dan berbahaya juga merupakan salah satu kanker yang sangat sulit untuk disembuhkan. Untuk dapat menghindari terjadinya kanker glioblastoma dalam tubuh tersebut maka harus mampu memahami penyebabnya. Penyebab munculnya kanker glioblastoma memang belum dapat dipastikan dengan jelas namun yang paling utama adalah karena riwayat paparan sinar radioaktif, riwayat keluarga atau genetik, gaya hidup yang tidak sehat, dan faktor dari kesehatan di usia usia lanjut.

1. Diagnosis Glioblastoma

Untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker otak yang tumbuh, maka setelah ada beberapa gejala yang muncul maka proses diagnosis medis akan dilakukan. Beberapa pemeriksaan yang menjadi bagian dari proses diagnosis kanker glioblastoma diantaranya seperti pemeriksaan fisik, menanyai keluarga dan pasien secara langsung, pemeriksaan neurologis, dan beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat mengetahui kondisi kepala serta otak seperti MRI, CT-Scan, dan pemeriksaan lainnya.

1. Pengobatan Glioblastoma

Mengingat ganasnya pertumbuhan sel kanker glioblastoma, pengobatan pada penyakit ini berpegang prinsip untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan memperbaiki kualitas hidup pasien. Beberapa langkah yang akan dilakukan dalam pengobatan glioblastoma diantaranya seperti :

• Pembedahan, pelaksanaan pembedahan merupakan cara terapi yang pertama akan dipilih oleh dokter dalam mengatasi kondisi kanker glioblastoma. Dokter akan merencanakan pengambilan sel kanker sebanyak mungkin dari otak dengan tetap memperhatikan area yang vital agar tidak menganggu kinerja dan fungsi dari bagian bagian otak tertentu.
  • Radiasi, usaha untuk memperlambat pertumbuhan kanker lainnya yang juga akan diambil oleh tim dokter dalam mengatasi penyakit glioblastoma. Radiasi dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker yang tidak dapat diambil pada saat proses pembedahan.
  • Kemoterapi, pengobatan yang umum dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker adalah dengan kemoterapi. Kemoterapi menggunakan obat kemo akan menyebabkan matinya sel kanker glioblastoma yang tumbuh secara cepat serta ganas. Kemoterapi dapat menyebabkan efek samping jangka pendek yang perlu untuk diperhatikan oleh setiap pasien yang menjalani kemoterapi.
  • Terapi elektrik, jenis terapi untuk membantu dalam mengatasi tumbuhnya sel kanker lebih dapat menargetkan pada sel kanker saja namun tidak menimbulkan efek buruk pada sel sehat.Optune merupakan alat terapi elektrik untuk penderita kanker yang diberikan setelah pembedahan dan radiasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai definisi, gejala atau tanda tanda, penyebab, cara mendiagnosis, dan proses pengobatan pada pasien gllioblastoma sebagai salah satu kanker ganas yang dapat tumbuh di otak. Mengingat bahayanya kanker otak glioblastoma tersebut maka harus ada upaya yang dapat dilakukan untuk mencegahnya terjadi mulai dari menghindari segala bentuk penyebab kanker, menjalani hidup dengan sehat, berolahraga, serta memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat dan bermanfaat bagi tubuh.