Hubungan Sinusitis dengan Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Sinusitis atau biasa disebut penyakit sinus adalah penyakit yang diakibatkan karena adanya inflamasi atau peradangan di dinding sinus. Antara belakang tulang dahi dan pipi terdapat suatu bagian kecil yang berbentuk rongga kecil berisi udara, disitulah letak sinus.

Sinusitis merupakan penyakit yang mudah menyerang semua usia tak terkecuali dewasa maupun remaja dan anak-anak apalagi saat musim pancaroba dan musim hujan. Saat sinusitis menyerang, penderita mempunyai gejala-gejala yang sangat khas antara lain sebagai berikut  :

1. Demam tinggi
  2. Sakit kepala
  3. Keluar ingus berwarna kekuningan atau kehijauan
  4. Hidung tersumbat
  5. Nyeri di seluruh bagian wajah
  6. Nafas berbau tidak sedap (Halitosis)
  7. Kehilangan indera penciuman sementara
  8. Sakit tenggorokan

Sinusitis ini banyak menyerang disaat musim hujan dan musim pancaroba, selain itu banyak faktor-faktor penyebab terjadinya sinusitis antara lain sebagai berikut :

1. Pembengkakan dinding dalam hidung
  2. Merokok
  3. Flu
  4. Pilek
  5. Infeksi virus
  6. Infeksi jamur
  7. Infeksi gigi
  8. Cuaca
  9. Debu
  10. Influenza
  11. Perubahan cuaca

Hubungan Sinusitis dengan Sakit Kepala

Beberapa penderita sinusitis saat menyerang, selain tidak bisa mencium aroma atau kehilangan indera penciuman, juga mengeluhkan merasakan sakit kepala terus menerus dan sangat hebat. Lalu apa hubungan sinusitis dengan sakit kepala dan apakah faktor-faktor penyebabnya? Nah, marilah kita bahas satu per satu dibawah ini:

• Terjadi Pembengkakan di Dinding dalam Hidung

Pembengkakan di dinding dalam hidung ini dikarenakan oleh hidung tersumbat yang merupakan gejala sinusitis, dinding dalam hidung yang bengkak lama kelamaan menimbulkan rasa sakit dan nyerinya tak hanya di sekitar wajah namun juga menjalar hingga ke kepala.

• Dinding Sinus Mengalami Inflamasi

Dinding sinus yang mengalami inflamasi adalah gejala sinusitis dan ciri-ciri sakit kepala sinusitis yang disebabkan pilek dan hidung tersumbat ini dapat menyebabkan sakit kepala juga dikarenakan sakitnya menjalar hingga ke bagian-bagian kepala.

• Sinusitis Akut

Sinusitis akut atau dalam bahasa medis disebut komplikasi sinusitis, selain menyebabkan sakit kepala berkepanjangan juga dapat menyebabkan rusaknya indera penciuman, penglihatan berkurang dan datangnya penyakit meningitis. Penyakit meningitis ini disebabkan karena infeksi telah menyebar dan menyerang dinding otak. Komplikasi sinusitis terjadi karena saat mengalami sinusitis tidak diobati dan dibiarkan agar sembuh sendiri, ini sangatlah berbahaya untuk itu jika mengalami tak kunjung sembuh sebaiknya segera menemui dokter.

Cara Mengobati Sinusitis

Lalu bagaimana cara menyembuhkan sinusitis? Nah berikut ini adalah cara cara yang terbilang ampuh untuk meringankan dan menyembuhkan penyakit sinusitis dan meredakan sakit kepala karena sinusitis :

1. Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Anda dapat membeli obat pereda sakit di Apotek,tanyakan terlebih dahulu ke Apoteker obat pereda rasa sakit apa yang paling cocok, gunakan sesuai dosis yang dianjurkan agar tidak terjadi efek samping.

2. Hirup Aroma Terapi

Menghirup aroma terapi tak hanya menenangkan dan membuat rileks, namun juga bermanfaat untuk menyembuhkan sinusitis. Caranya pun mudah,cukup siapkan bahan bahan berikut ini :

• Essential oil ( pilih aroma kesukaan anda)
  • Air panas
  • Baskom
  • Handuk

Caranya:

• Tuang air panas kedalam baskom
  • Beri beberapa tetes essential oil lalu hirup uapnya selagi masih menguap, tak lupa tutup kepala anda menggunakan handuk agar uap tidak menyebar kemana-mana
  • Lakukan dan ulangi terus sampai hidung anda terasa lebih lega, apabila tak ada essential oil anda dapat menggantinya dengan kayu putih, takarannya pun sama tetap beberapa tetes saja

3. Semprot Hidung Menggunakan Steroid

Semprot hidung untuk penderita sinusitis, kandungan utamanya adalah steroid. Semprot hidung ini kadang kala tak dijual bebas. Untuk itu anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapat pengobatan semprot hidung steroid. Biasanya selain semprot hidung steroid, dokter juga meresepkan antibiotik agar sinusitis segera sembuh. Semprot hidung ini sangat efektif untuk penderita sinusitis.

4. Operasi

Operasi biasanya disarankan oleh dokter karena sinusitis tak kunjung sembuh, kambuhan dan pengobatan yang diberikan tak kunjung memberikan hasil apa-apa. Operasi ini bertujuan agar sinusitis tak kambuhan dan bisa sembuh total. Langkah-langkah operasinya antara lain adalah memperbaiki fungsi drainase memperbaiki fungsi sinus dan lain sebagainya.

5. Minum Obat Dekongestan

Dekongestan atau decongestant umum digunakan sebagai pengobatan berkaitan dengan influenza, pilek dan hidung tersumbat. Dekongestan bersifat melegakan hidung tersumbat yang sangat efektif untuk meredakan sinusitis, minumlah dekongestan sesuai dosis agar tidak terjadi efek samping.

6. Gunakan Inhaler

Inhaler memang tidak bisa menyembuhkan sinusitis, namun inhaler dapat meringankan gejalanya. Karena inhaler dapat melegakan hidung tersumbat. Inhaler dapat ditemukan dimana saja, anda bisa membelinya di apotek maupun minimarket terdekat.

7. Konsumsi Permen Menthol

Sama seperti inhaler, konsumsi permen menthol tidak dapat menyembuhkan namun dapat meringankan gejalanya. Konsumsi permen menthol selain melegakan hidung tersumbat juga dapat melegakan tenggorokan

Demikianlah artikel tentang hubungan sinusitis dengan sakit kepala. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat, perlu digaris bawahi bahwa artikel disini bersifat informasi saja. Apabila anda maupun keluarga menderita sinusitis yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut.

Kategori : Kesehatan