Sponsors Link

Apa Penyebab Jantung Berdebar, Kepala Pusing, Badan Lemas?

Sponsors Link

Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh ini. Dimana ia berfungsi untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Bisa dibayangkan bagaimana jika jantung Anda tidak berfungsi? Maka seluruh tubuh Anda hingga bagian terpenting dan sangat krusial yaitu otak, tidak mendapatkan pasokan oksigen yang mana sangat diperlukan. Jika hal tersebut terjadi maka tentu saja akan muncul berbagai masalah dalam tubuh Anda, mulai dari penyempitan pembuluh darah atau tersumbatnya aliran darah hingga kepada penyakit stroke, jantung bahkan kematian.

ads

Dan pernahkah Anda merasakan jantung berdebar kepala pusing badan lemas? Normalnya jantung kita ini berdetak antara 50 sampai dengan 70 kali permenitnya. Dan jika jantung Anda berdetak lebih cepat atau bahkan di atas rata  rata, maka Anda lebih memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung. Dan jika yang Anda rasakan adalah jantung berdebar kepala pusing dan badan lemas, maka kemungkinan ada beberapa faktor penyebab dari gejala yang Anda rasakan tersebut :

      1. Anemia

Pada saat Anda menderita anemia atau kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah, maka hal tersebut menimbulkan gejala yaitu berupa, badan lemas, sakit kepala dan jantung berdebar meskipun lebih lemah. Untuk mengetahui apakah Anda terkena anemia atau tidak, maka Anda dapat melakukan tes darah dengan melihat pada kadar hemoglobin Anda nanti. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan mengandung zat besi seperti yang terdapat pada sayur sayuran warna hijau, bayam merah, hati, daging merah, susu.

      2. Panic attack

Serangan panik atau panic attack, merupakan suatu gangguan psikologis yang mana pada penderitanya akan mengalami suatu kondisi panik yang berlebihan. Yang mana hal tersebut dapat menimbulkan gejala jantung berdebar, pusing dan juga badan terasa lemas atau merupakan suatu kondisi yang dapat menjadi timbulnya penyebab sakit kepala di bagian – bagian kepala tertentu. Bagi Anda yang memiliki serangan panik ini, cobalah untuk mengikuti senam relaksasi seperti yoga atau sejenisnya.

      3. Stres

Pada stres tingkat tinggi maka bagi penderitanya akan mengalami sakit kepala terus menerus, jantung menjadi berdetak lebih cepat dan sesudahnya badan menjadi lemas karena kehabisan energi untuk memikirkan secara keras sesuatu saat Anda stres. Cobalah untuk lebih rileks lagi, rutinlah berolahraga dan lakukanlah hobi Anda atau apapun yang Anda sukai. Dengan begitu diharap stres yang Anda alami dapat berkurang.

      4. Mengkonsumsi kafein berlebih

Minuman berkafein yang dikonsumsi terlalu sering seperti yang terdapat pada kopi atau sejenisnya, dapat menimbulkan efek jantung berdebar dan juga sakit kepala berdenyut pada yang meminumnya, selain itu juga badan menjadi lemas.Oleh karena itu, cobalah untuk mengkonsumsi kafein sewajarnya dan hindari konsumsi terlalu berlebih. Karena kafein tersebut adalah suatu zat yang merangsang saraf pusat otak untuk bekerja lebih keras.

      5. Hipertiroid

Hipertiroid atau kelebihan hormon tiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid dalam tubuh memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang berlebih. Dan dampaknya, jika hormon tiroid terlalu banyak dalam tubuh Anda, maka akan menyebabkan kondisi seperti, sulit untuk tidur, jantung berdebar atau berdetaknya lebih cepat dari biasanya, tangan gemetar dan badan lemas hingga sakit kepala.

      6. Hipoglikemi atau gula darah rendah

Kondisi hipoglikemi atau suatu kondisi dimana kadar gula dalam darah di bawah normalnya. Dan hal ini dapat menimbulkan efek jantung berdebar, pusing, hingga badan lemas dan badan gemetar. Dan jika dibiarkan saja dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan kejang hingga hilang kesadaran. Oleh karena itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan gula harian Anda.

      7. Masalah pada jantung

Dan kondisi jantung berdebar, pusing serta lemas juga dapat mengindikasikan pada suatu masalah yang lebih serius lagi, yaitu adanya masalah pada jantung Anda. Apalagi jika jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya atau jauh di atas normalnya, maka hal tersebut adalah salah satu resiko dapat terkena masalah pada jantung. Karena sakit jantung yang serius pada awalnya dari detak jantung yang tidak teratur atau melebihi normalnya. Karena jantung sendiri dikenal dengan sebutan silent killer, hal tersebut karena seringnya para penderitanya tidak menyadari bahwa ia terkena jantung. Dan penyebab dari timbulnya masalah pada jantung ini adalah terutama pada gaya hidup yang tidak sehat.

Bagi Anda yang menyukai makanan berkalori tinggi seperti pada junk food atau makanan mengandung kolesterol tinggi, cobalah mulai dari sekarang ini untuk menggantinya dengan makanan yang lebih sehat, karena hal tersebut memicu timbulnya penyakit jantung. Selain itu, cobalah untuk rutin dalam berolahraga dan menjauhi minum – minuman beralkohol, serta aktif selalu.

Demikian pembahasan mengenai penyebab jantung berdebar kepala pusing badan lemas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan dan juga gaya hidup sehat!

, ,