Sponsors Link

7 Jenis Jenis Migrain: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jenis jenis migrain adalah berbagai macam penyakit migrain atau jenis sakit kepala sebelah yang mungkin menyerang seseorang dalam kesehariannya. Seperti diketahui, migrain adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami sakit kepala berupa rasa nyeri yang terasa sering juga secara terus-menerus mengganggu aktivitasnya. Walau lebih dikenal sebagai sakit kepala sebelah, ternyata ada cukup banyak jenis jenis migrain yang belum diketahui dalam masyarakat. Tahukah anda apa saja jenis migrain tersebut? Jika belum, simaklah penjelasannya berikut ini.

ads

7 Jenis Jenis Migrain dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan bahwa masyarakat secara umum hanya mengetahui migrain sebagai sakit kepala sebelah saja. Padahal ada banyak jenis jenis migrain dengan penyebab yang berbeda beda pula. Berikut ini informasi mengenai ketujuh jenis migrain tersebut dan apa penyebabnya untuk dapat anda hindari.

1. Jenis Migrain Abdominal

Jenis migrain yang pertama yang perlu anda ketahui berkaitan dengan rasa sakit kepala yang dihubungkan dengan keadaan perut. Migrain diketahui dapat menyebabkan kondisi pencernaan menjadi tidak karuan. Seseorang dapat merasakan sakit perut yang dahsyat, diikuti juga dengan penyebab sering sakit kepala dan mual dan muntah. Biasanya jenis migrain yang satu ini disebabkan oleh rasa kekhawatiran yang tinggi. Contohnya jika siswa atau para pelajar akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, maka mereka akan mengalami kekhawatiran berlebihan yang berujung pada migrain yang berpengaurh pada kondisi perut.

2. Jenis Migrain Basilar

Selanjutnya, jenis migrain basilar adalah sakit kepala sebelah yang banyak menyerang wanita di usia yang masih belia. Penyebab dari penyakit migrain ini diketahui adalah pengaruh bahwa ada arteri yang mengerut dan membuat peredaran darah menjadi terganggu. Wajar saja kemudian dirasakan sakit kepala di beberapa bagian dan kesulitan penderita untuk dapat merespon perkataan orang lain. Oleh sebab itu, segeralah ketahui ciri ciri migrain anda sebelum keadaan menjadi semakin parah.

3. Jenis Migrain Exertion

Anda juga dapat merasakan jenis migrain lain yaitu migrain exertion, Jenis migrain yang satu ini diketahui dapat terjadi diakibatkan oleh terlalu beratnya aktivitas fisik yang harus anda lakukan. Alhasil anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Kekurangan cairan ini sangat mungkin terjadi di musim kemarau dengan kegiatan yang sangat padat. Jadi pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan anda sebagai cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan atau kiri (migrain) dengan tepat.

4. Jenis Migrain Hemiplegic

Satu jenis migrain yang paling ditakuti adalah jenis hemiplegic yang satu ini. Tahukah anda apa alasannya? Pasalnya, jika terjadi migrain kambuh maka akan terjadi kelumpuhan pada sebagian sisi tubuh yang terserang migrain itu kambuh. Oleh sebab itulah, anda sangat disarankan untuk menghindarkan diri dari berbagai penyebab migrain jenis ini yang mungkin mencelakakan diri anda saat masa pemulihan.

5. Jenis Migrain Noctural

Kemudian, migrain nocturnal pun dapat terjadi pada anda yang mengalami nyeri ketika sedang tidur. Sakit kepala saat sedang tidur ini memang tidak dapat disepelekan. Pasalnya migrain nocturnal disebabkan oleh kondisi fisik dan psikis yang sangat tidak sehat. Tahukah anda bahwa jenis migrain yang satu ini termasuk dalam jenis yang paling jarang ditemukan? Namun, anda tidak boleh mengganggapnya remeh. Karena anda pun perlu untuk segera menanggulanginya.

6. Jenis Migrain Ophtalmoplegic

Migrain yang satu ini berkaitan dengan daerah di sekitar mata anda. Tahukah anda bahwa hubungan sakit kepala dengan mata memang ada dan perlu anda waspadai. Jika anda merasakan sakit kepala sebelah dengan pusat rasa sakit di mata anda, maka artinya anda kemungkinan terkena jenis migrain yang satu ini. Anda akan merasakan banyaknya kesulitan tanpa penglihatan di usia muda namun jangan pernah menyerang.

Sponsors Link

7. Jenis Migrain Retina

Terakhir, jenis migrain ini pun masih berkaitan dengan mata anda. Anda mungkin akan mengalami kehilangan penglihatan sebagai tanda bahwa sakit kepala anda sedang kambuh. Sayangnya, sakit kepala ini pun mempengaruhi sarah penglihatan. Jadi jangan anggap remeh dan segera komunikasikan bahaya saraf kepala dan mata yang saling berkaitan ini.

Gejala Berbagai Jenis Migrain secara Umum

Setelah mengetahui berbagai jenis jenis migrain di atas dan penyebabnya, maka berikut ini informasi mengenai apa saja gejala dari jenis migrain tersebut. Informasi ini dapat anda gunakan untuk mendeteksi migrain yang mulai menyerang dan segera pun dapat diatasi bahaya migrain berkepanjangan ini. Gunakanlah informasi ini untuk membantu anda lebih mudah dalam cara mengatasi sakit kepala secara alami maupun medis.

  • Memiliki Tubuh yang Lemas Setiap Saat

Gejala pertama anda terserang migrain atau sakit kepala sebelah pastinya adalah tubuh yang terasa lemas. Bagaimana hal ini terjadi? Jawabannya adalah tentu karena anda telah melakukan berbagai gerakan pertunjukkan dan kemudian menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan lalu lemas. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh membutuhkan asupan gizi jika sudah terlihat lemas seperti itu.

  • Mengalami Kesulitan Gerak di Bagian Leher

Gejala lain yang mungkin anda alami sebagai akibat dari penyakit migrain adalah gerak di bagian leher. Anda dapat mengalami kesulitan untuk menggerakan leher anda. Khususnya ketika migrain memang terjadi di sisi tersebut. Artinya, jika anda mengalami migrain sebelah kanan maka anda juga akan mengalami kesulitan sakit kepala sebelah kanan sampai leher. Oleh sebab itu, jika anda sudah mengalami gejala gejala seperti ini segeralah melakukan pemeriksaan kesehatan anda.

  • Sakit Kepala di Beberapa Bagian Selama Beberapa Waktu

Kondisi ketiga yang menunjukkan anda menderita migrain atau dengan kata lain adalah gejala migrain adalah terjadinya sakit di beberapa bagian kepala selama beberapa waktu. Walau ada sakit kepala yang memang tidak terlalu sakit, namun ada juga sakit kepala sebelah yang membuat kepala menjadi terasa sakit dalam waktu lama. Pada kesempatan tersebut, maka seseorang mengalami sakit kepala terus-menerus dengan memasuki aliran darah di saraf pusat otak dan menyebabkan seseorang mengalami kesakitan di saraf pusat otak  sangat parah sakitnya.

Sponsors Link

  • Penglihatan Kabur dan Tidak Jelas

Gejala yang satu ini khususnya akan terjaid pada migrain jenis ophtamoplegic. Tahukah anda bahwa ophtalmoplegic migran adalah migrain yang terjadi di daerah dekat mata anda? Itulah mengapa biasanya gejala ini disertai dengan kaburnya penghilatan sehingga saraf mata akan mengenai saraf otak. Akhirnya si penderita akan mengalami buta dan gangguan penglihatan lainnya, jika tidak segera menangani sakit migrain tersebut.

  • Mual dan Muntah

Gejala terakhir diketahui bahwa migrain pun dapat menyebabkan mual dan muntah. Mual dan muntah terjadi pada seseorang disebabkan oleh bagaimana migrain juga ada yang berjenis abdominal. Jenis migrain yang satu ini mempengaruhi perut dan keadaan lambung. Itulah mengapa anda perlu mewaspadai gejala mual dan muntah yang mungkin disebabkan oleh kepala anda.

Cara Mengatasi Berbagai Jenis Migrain yang Menyerang

Setelah juga mengetahui apa saja gejala dari jenis jenis migrain di atas, maka berikut ini informasi mengenai bagaimana cara anda dapat mengatasinya dan menghindarinya memberikan efek sakit kepala yang tidak sehat untuk anda. Apa sajakah cara tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Mengonsumsi Obat Migrain yang Diresepkan Dokter
  • Melakukan Pemeriksaan dengan Alat Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) atau CT scan kepala
  • Menghindari Aktivitas dan Beban Pekerjaan yang Terlalu Berat
  • Menghindari Stress dan Depresi yang Menambah Beban Pikiran

Demikianlah tadi informasi mengenai beberapa cara yang dapat anda coba sebagai cara mengobati sakit kepala sebelah (migrain). Selain itu, sebelumnya juga sudah dijelaskan mengenai apa saja jenis jenis migrain dan penyebabnya serta gejalanya. Semoga informasi ini dapat anda manfaatkan untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dan kepala yang terhindar dari sakit kepala sebelah setiap saat. Selamat mencobanya!

, , ,